Kumpulan Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Arab dan Latinnya

Doa Sebelum Belajar Lengkap dengan Arab dan Latinnya – Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling mulia di muka bumi ini. Berbeda dengan makhluk ciptaan Allah yang lainnya, karena manusia diberi akal dan juga pikiran. Meski diciptakan sebagai makhluk yang paling mulia namun sesungguhnya manusia itu, bukanlah apa-apa dihadapan Allah SWT. Karena itu dalam Islam, manusia dianjurkan untuk selalu berdoa.

Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar

Selain itu sebaiknya sebelum dan sesudah melakukan setiap aktivitas harus diawali dan diakhiri dengan berdoa. Demikian juga halnya dengan berdoa sebelum memulai belajar. Dengan berdoa maka segala aktivitas yang dilakukan akan selalu bernilai sebagai ibadah. Hal ini merupakan salah satu ibadah yang selalu dianjurkan dalam Islam. Lalu apa sebenarnya pengertian dari berdoa? Yuk disimak ulasannya.

Pengertia Doa Sebelum Belajar

Sebenarnya apa sih yang disebut dengan doa sebelum belajar ? Pengertian doa sendiri, sejatinya adalah suatu cara untuk berhubungan langsung dengan Allah SWT Tuhan yang Maha kaya pemilik kehidupan di seluruh alam semesta. Doa itu sebenarnya bisa juga merupakan ungkapan rasa syukur dan permohonan perlindungan seorang hamba kepada yang Maha kuasa yaitu Allah SWT.

Dengan berdoa maka insya Allah akan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Karena sebagai manusia pasti akan selalu membutuhkan pertolongan-Nya. Karena itu sebelum dan sesudah belajar sebaiknya harus berdoa agar mendapat kemudahan dan terhindar dari berbagai hal yang dapat menghalangi kelancaran dalam belajar dan menuntut ilmu.

Dengan demikian pengertian doa sebelum belajar adalah berserah diri dan membuang segala kesombongan untuk beriktiar dan bermohon kepada Allah SWT. Tujuannya agar pada saat belajar dimudahkan untuk memahaminya. Karena pada saat belajar dan menuntut ilmu terkadang banyak hal yang dapat menghalangi dan merintanginya. 

Pentingnya Berdoa Sebelum Belajar

Belajar merupakan sebuah proses yang sangat penting, sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk merubah kehidupan, Belajar juga merupakan sebuah proses untuk mencapai kesuksesan. Karena itu sebelum memulainya sebaiknya harus berdoa agar selama proses pembelajaran selalu mendapat keberkahan dan kemudahan dari Allah SWT. 

Dengan demikian pentingnya doa sebelum belajar merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Karena itu sebaiknya orang tua harus selalu mengajarkan anak-anaknya untuk berdoa sebelum memulai setiap aktivitas dalam kehidupannya. Hal ini harus diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak agar menjadi sebuah kebiasaan baik yang melekat dalam diri anak sejak kecil hingga dewasa.

Ketika berdoa sudah menjadi sebuah kebiasaan dalam diri seseorang maka semua aktivitas akan menjadi lebih mudah dilakukan. Khususnya dalam menjalani aktivitas belajar yang dilakukan baik di rumah maupun di sekolah atau tempat belajar yang lainnya. Karena banyak hal yang menjadi salah satu faktor penyebab yang dapata menghalangi seseorang untuk belajar.

Dengan demikian pentingnya membaca doa sebelum belajar merupakan hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena akan membentuk seorang anak agar dapat mempunyai akhlak serta kepribadian yang baik dan mulia. Hal ini harus dimulai diajarkan kepada anak oleh orang tua semenjak dini.

Begini Doa Sebelum Belajar Dalam Versi Arab Dan Juga Latin

Sebelum dan sesudah melakukan semua aktivitas sebaiknya harus diawali dan diakhiri dengan membaca doa. Agar semua kegiatan yang dilakukan selalu mendapatkan keberkahan dan bernilai ibadah. Demikian juga sebelum memulai pelajaran, harus diawali dengan mengucapkan doa agar Allah SWT selalu memudahkan segalanya. Lalu bagaiman doanya? Berikut lafadz doanya.

Lafadz Doa Sebelum Belajar Dalam Versi  Latin

Doa Sebelum Belajar versi Arab

Doa sebelum belajar dapat diajarkan kepada anak sejak dini dengan cara menghfalkannya. Baik menggunakan lafadz dalam versi Arab maupun latin agar lebih mudah. Berikut lafadz doanya :  Rodhitu Billahi Robba, Wabil Islami Dina, Wabi Muhammadin Nabiya Warosula, Robbi Zidnii Ilmaa Warzuqnii Fahmaa

Lafadz dari doa sebelum memulai belajar artinya adalah sebagai berikut : “Kami ridho Allah SWT sebagai tuhahanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rosul, Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu, dan berikanlah aku pengertian yang baik”.

Hikmah Membaca Doa Sebelum Belajar

Dalam menjalani aktivitas belajar, selain memerlukan semangat dan perjuangan, juga diperlukan hal lain sebagai pendukung yang menyertainya. Seperti niat, kemauan, waktu dan juga biaya. Semua faktor tersebut sayangnya tidak semua orang beruntung bisa mendapatkannya.. Berikut hikmah berdoa sebelum belajar yang perlu untuk diketahui.

1. Proses Belajar Akan Menjadi Berkah

Dalam Islam baik laki-laki maupun perempuan iyu, hukumnya wajib untuk belajar dan menuntut ilmu. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi yang berbunyi : “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap laki-laki maupun perempuan.” 

Karena itu dengan membaca doa sebelum belajar maka proses belajar akan menjadi lebih mudah. Demikian juga dengan ilmu yang dipelajari akan menjadi berkah dan bermanfaat. Selain itu Allah juga akan memberikan banyak keberkahan bagi siapa saja yang selalu berdoa sebelum mulai belajar.

2. Proses Belajar Akan Mendapat banyak Kemudahan

Seperti yang selama ini diketahui banyak orang, selama menjalani proses belajar terkadang harus mengalami berbagai hambatan. Selama menjalani proses belajar ini ketika keadaan mengharuskan mengalami berbagai kesulitan maka berdoa adalah salah satu solusinya. Seperti janji Allah SWT yang diriwayatkan dalam sebuah hadis riwayat Al Mukmin yaitu 

“Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Karena itu sebelum memulai belajar sebaiknya harus membaca doa sebelum belajar. Selain akan diberi kemudahan, dengan berdoa ilmu yang diterima juga mendapatkan keberkahan dan kemudahan.

3. Proses Belajar Akan Menjadi Sebuah Ibadah Dan Mendapatkan Pahala

Setiap aktivitas yang dilakukan, ketika memulainya dengan mengucapkan doa maka akan menjadi ladah ibadah yang mendapat banyak pahala. Karena doa merupakan hal terpenting dari sebuah ibadah. Ibarat anatomi tubuh manusia maka doa adalah otaknya ibadah. Karena itu selalu panjatkan doa terbaik dalam menjalani setiap aktivitas kehidupan. Terutama sebelum mulai belajar.

Dengan berdoa maka Allah SWT bukan hanya akan mengabulkan segala permohonan yang dipanjatkan, namun Allah SWT juga akan memberikan pahala. Karena itu berdoalah dengan ikhlas sebelum memulai segala aktivitas. Terutama sebelum belajar bacalah doa sebelum belajar Insya Allah segalanya akan dimudahkan oleh Allah SWT.

4. Proses Belajar Membentuk Pribadi Yang Ikhlas Dan Percaya Diri

Dengan selalu berdoa sebelum mulai belajar maka dapat menumbuhkan dan  meningkatkan rasa percaya diri. Karena dengan menengadahkan kedua telapak tangan untuk berdoa sebelum mulai belajar artinya sudah memasrahkan segalanya kepada Allah SWT semata. Sedangkan masalah hasil dari proses belajar seperti apa sudah menjadi keputusan Allah.

Karena sebagai manusia tugasnya hanya sebatas untuk beriktiar saja. Sedangkan ketentuan hasil akhir dari proses pembelajaran yang telah dilakukan merupakan hak Allah SWT yang akan memutuskannya. Meskipun seseorang sudah membaca doa sebelum belajar.  Karena semua hasil akhir dari proses pembelajaran menjadi hak prerogatif Allah untuk memutuskannya.

5. Proses Belajar Dapat Melatih Kesabaran Diri

Hikmah berdoa sebelum belajar yang lainnya adalah dapat melatih kesabaran dalam diri. Pada saat seseorang akan memulai proses belajar maka hal ini dapat melatih rasa kesabaran yang ada dalam diri. Mengapa demikian? Karena berdoa pada saat belajar merupakan sebuah kesabaran untuk mencapai sebuah keberhasilan.

Dalam hal ini karena keberhasilan tidak dapat diperoleh dengan cara semudah membalikkan telapak tangan. Namun butuh perjuangan dan juga kesabaran. Selain itu  juga harus tetap dibarengi dengan ikhtiar dan juga usaha yang maksimal. Karena keberhasilan hanya dapat diperoleh dengan kerja keras, usaha yang maksimal dan jangan lupa selalu membaca doa sebelum belajar.

6. Dapat Memberikan Gambaran Dan Tujuan Belajar Yang Jelas

Hikmah berdoa sebelum belajar yang selanjutnya adalah dapat memberikan sebuah gambaran dan tujuan proses belajar yang jelas. Karena seseorang yang selalu berdoa sebelum mulai belajar dan mencari ilmu akan selalu memahami dan mengerti apa pentingnya belajar dan menuntut ilmu. Dengan demikian hati dan perasaannya akan selalu mantap berkat lantunan doa yang dipanjatkan.

Karena itu bagi seseorang yang selalu membaca doa sebelum belajar denga baik akan menumbuhkan semangat untuk mencapai tujuan yang jelas.  Dengan berdoa maka akan memantapkan seseorang untuk mencapai apa yang dicita citakan. Dengan cara selalu belajar dan mencari ilmu maka semua proses belajar dan menuntut ilmu akan lebih jelas dan terarah.

7. Mendapatkan Ilmu Yang Bermanfaat 

Hikmah berdoa sebelum memulai belajar yang berikutnya adalah akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat. Bukan hanya itu hikmah lain yang tidak kalah pentingnya adalah karena ilmu yang diperoleh tersebut akan bermanfaat hingga dalam kehidupan di akherat.

Karena itu sebaiknya jangan pernah melupakan doa dalam semua aktivitas kehidupan yang dilakukan. Terutama membaca doa sebelum belajar agar dalam proses belajar dan menuntut ilmu lebih mudah dilakukan. Selain itu agar ilmunya dapat bermanfaat.

Beberapa Anjuran Yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Belajar

Membaca doa sebelum melakukan semua aktivitas sangat dianjurkan dalam Islam. Hal ini agar memudahkan menerima ilmu yang diberikan selama proses belajar.  Selain itu berdoa merupakan salah satu ikhtiar yang perlu dilakukan oleh seorang hamba agar mendapatkan keridhoan dari Allah SWT agar diberi kemudahan dan juga pemahaman ilmu yang sempurna.

Dalam proses belajar ini selain dianjurkan untuk membaca doa sebelum belajar, seseorang juga perlu memahami tentang adab yang sebaiknya dilakukan pada saat berdoa. Adapun beberapa adzab yang perlu dilakukan sebelum mulai belajar adalah sebagai berikut. Berikut ulasannya yuk disimak.

1. Belajar Harus Dilakukan Dengan Niat Lillahi Ta’ala

Salah satu ibadah yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT adalah dengan belajar atau menuntut ilmu. Dalam proses belajar dan menuntut ilmu ada hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar yaitu berdoa dengan niat Lillahi Ta’ala semata-mata hanya karena Allah SWT.

Karena itu sebelum belajar dan menuntut ilmu hal pertama yang harus diperhatikan yaitu niat karena Allah SWT. Percayalah ketika tidak diniatkan karena Allah SWT maka tidak akan memperoleh kebaikan apapun yang bermanfaat. Karena itu sebelum mulai bejar sebaiknya membaca doa sebelum belajar dan meluruskan niat hanya karena Allah SWT agar semua proses belajar yang dilakukan bernilai ibadah.

2. Belajar Harus Dimulai Dengan Berdoa

Ada beberapa anjuran yang perlu diperhatikan sebelum mulai belajar. Salah satunya sebelum memulai belajar harus dimulai dengan berdoa. Hal ini merupakan salah satu adab yang harus diperhatikan dan diajarkan kepada anak agar lebih mudah memahami dan menerapkannya sebagai salah satu kebiasaan baik bagi anak. 

Kebiasaan baik ini bila terus menerus diajarkan kepada anak maka dapat membentuk generasi penerus yang berakhlak baik, beriman dan bertakwa. Karena itu anjuran untuk memulai belajar dengan membaca doa sebelum belajar  ini sangat penting. Karena belajar bukan hanya sebagai kewajiban namun menjadi perintah dari Allah SWT kepada semua hambanya baik laki-laki maupun perempuan.

3. Meluruskan Niat Untuk Belajar Dengan Sungguh-Sungguh

Hal lain yang dianjurkan sebelum memulai belajar adalah harus meluruskan niat untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Agar selama menjalani proses belajar dapat fokus menyimak pelajaran dengan maksimal. Karena hatinya sudah berniat dengan sungguh-sungguh untuk belajar dan menuntut ilmu. Karena itu sebelum memulainya jangan lupa untuk memanjatkan doa.

Selain akan mendapat kemudahan, dengan membaca doa sebelum belajar maka Allah SWT juga akan memberikan bimbingan secara spiritual. Sehingga ilmu yang diperoleh juga dapat bermanfaat. Bagi bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat. Dengan ilmu yang bermanfaat ini maka pahalanya akan terus mengalir meskipun seseorang yang memiliki ilmu tersebut telah meninggal dunia.

4. Konsisten Memperhatikan Pelajaran

Hal selanjutnya yang dianjurkan sebelum memulai untuk belajar selain harus membaca doa, belajar juga harus selalu konsisten dalam memperhatikan pelajaran. Hal ini bertujuan agar selama menjalani proses belajar ilmu yang diajarkan dapat diserap dengan baik. Sehingga akan lebih mudah untuk memahami dan juga mengamalkannya.

Dengan memperhatikan pelajaran secara konsisten akan dapat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar dan menuntut ilmu. Konsistensi dalam memperhatikan pelajaran ini sebaiknya harus benar-benar diajarkan para orang tua kepada anak-anaknya. Demikian juga dalam membiasakan untuk membaca doa sebelum belajar. 

5. Penglihatan Dan Pendengaran Harus Selalu Fokus Pada Pelajaran 

Memfokuskan penglihatan dan pendengaran pada pelajaran merupakan hal yang sangat dianjurkan selama dalam proses belajar dan menuntut ilmu. Dengan demikian maka hasil pembelajaran akan menjadi lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti dengat baik.

Selain itu membaca doa sebelum belajar juga tetap tidak boleh terlupakan. Karena dengan berdoa maka segala pelajaran yang tergolong susah juga akan mudah menjawabnya. Hal ini termasuk salah satu hal yang sangat dianjurkan sebelum seseorang mulai belajar maupun menuntut ilmu, Baik di sekolah maupun tempat belajar yang lainnya. Contohnya seperti lembaga kursus dan lain-lain.

Begini Adab Berdoa Sebelum Memulai Belajar

Membiasan seorang anak untuk membaca doa sebelum belajar merupakan adab terbaik yang perlu diajarkan oleh orang tua. Adab berdoa ini perlu diajarkan kepada anak baik di sekolah maupun di rumah. Anak-anak harus selalu diajarkan melakukan kebiasaan baik. Salah satunya anak-anak harus diwajibkan untuk membaca doa sebelum beraktivitas. Adapun adab berdoa yang wajib untuk diketahui adalah

  • Dalam Keadaan Bersih Dan Suci
  • Menghadap kiblat
  • Mengangkat Kedua Telapak Tangan 
  • Membaca Sholawat Sebelum Dan Sesudah Berdoa
  • Khusyuk dalam berdoa dan membaca doa sebelum belajar.
  • Berdoa dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati
  • Berdoa dengan penuh pengharapan

Demikian beberapa informasi mengenai doa sebelum belajar, semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer