Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama

Doa untuk Pengantin Baru : Setelah Akad Nikah dan Malam Pertama - Manfaat Doa untuk Pengantin Baru Agar Pernikahan Bahagia Dan Sakinah, mawaddah wa rahmah (SAMAWA) - Menikah adalah sebuah bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Allah, karena sejatinya manusia telah Allah ciptakan secara berpasangan. Hukum menikah dalam Islam yaitu termasuk pada golongan ibadah sunnah. Yang sangat dianjurkan sekali untuk dilaksanakan karena Lillah. 

Doa untuk Pengantin Baru


Doa Setelah Akad Nikah

Doa untuk Pengantin Baru

Pernikahan yang bahagia adalah pernikahan yang diberkahi oleh Allah, sehingga wajib untuk selalu memanjatkan do'a agar tercipta kebahagiaan pernikahan yang berkah. Sebagaimana telah kita ketahui dalam firman Allah pada surat Al-Najm:45 yang berbunyi seperti berikut:

“Wa annahu khalaqazzauzainidz dzakara wal unsa”

Yang artinya: “Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan antara pria dan wanita"

Doa Sehabis Membaca Doa Akad untuk Pengantin Baru

doa pengantin baru


Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru

Doa Malam Pertama untuk Pengantin Baru


Doa untuk pengantin mempunyai peran penting agar penikahan menjadi berkah dan bahagia. Baginda Rasul, Nabi Muhammad SAW pun bersabda untuk umatnya yang berbunyi: “ Bahwa ada 4 perkara sunnah para Rasul, diantaranya rasa malu, bersiwak, memakai wewangian, dan menikah" 

Pengertian Dan Doa-Doa Untuk Pengantin Agar Sakinah dan Bahagia

Doa merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan agar terhindar dari segala macam malapetaka. Sama seperti doa pengantin yang diucapkan, bertujuan agar mendapatkam kebahagiaan dan keberkahan atas pernikahannya. Baik untuk pernikahan Anda sendiri maupun untuk mendoakan pernikahan orang lain. Berikut adalah doa yang biasa diucapkan oleh maupun untuk mendoakan pengantin lain:

“Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir”

Yang artinya:

“Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim)”

Doa diatas mengandung beberapa makna untuk kelangsungan pernikahan sekaligus menjadi harapan. Layaknya doa yang selalu kita panjatkan sehari-hari, bertujuan agar kita mendapatkan keberkahan dan keridhoan dari Allah SWT sang Maha Pemberi Kasih dan Rezeki. Berikut adalah makna yang terkandung dalam doa untuk pernikahan diatas:

Harapan Keberkahan Untuk Pengantin

Keberkahan dalam pernikahan meliputi banyak hal. Misalnya saja keberkahan agar kesehatan,  rezeki menjadi lebih mengalir dan berlimpah. Atau bisa juga agar menjadikan pengantin menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Karena telah Allah pertemukan jodoh yang menjadikannya lebih bertaqwa. Dengan mengucapkan doa tersebut, semoga harapan pernikahan akan dipermudah segala urusannya. 

Harapan Supaya Tercipta Keharmonisan

Harmonisnya keluarga dalam ajaran Islam adalah keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah. Atau dengan kata lain peenikahan tersebut terjalin ketulusan, ketenangan dan kasih sayang yang tak terkira. Sehingga tercipta keluarga yang diliputi penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan. Oleh karena itu doa untuk pengantin wajib untuk dipanjatkan. 

Keluarga yang harmonis akan langgeng, berbeda dengan keluarga yang tak harmonis. Meski dilimpahi kelancaran rezeki berlimpah, jika tak bahagia maka tidak dapat dipastikan pernikahannya akan bertahan lebih lama. Oleh sebab itu landasan sakinah mawaddah dan warohmah menjadi landasan paling penting agar tercipta keharmonisan rumah tangga

Harapan Agar Dikaruniai Keturunan Yang Baik

Doa untuk pengantin juga menyiratkan harapan agar mendapatkan keturunan yang baik. “wabarakallahulaka ‘alaika" merupakan kalimat doa yang tersirat agar mendapatkan keturunan yang baik. Karena artinya adalah “semoga Allah memberikan keturunan anak-anak yang baik bagimu".

Lalu dimanakah letak keharmonisan dalam memperoleh keturunan yang baik?. Keberkahan dalam memperoleh keturunan adalah mempunyai anak-anak yang baik dala pemikiran, akal sehat dan ibadahnya. Artinya keberkahan kebaikan dapat mengalir terhadap orang tua karena anak-anaknya terampil, cerdas, selalu sehat dan taat terhadap Allah SWT. 

Karena anak merupakan karunia penting yang akan berharga untuk kehidupan di akhirat nanti. Karena doa dari anak yang shalih dan shaliha tak pernah terputus untuk orangtuanya. Untuk itu, memiliki anak yang shalih dan shaliha adalah dambaan semua orang tua. Agar kehidupan di akhirat nanti menjadi lebih bahagia, doa untuk pengantin yang mempunyai sisipan doa agar dapat keturunan yang baik selalu dipanjatkan. 

Doa tersebut tak hanya dipanjatkan hanya untuk anak-anaknya, melainkan untuk seluruh keturunannya kelak. Agar mendapatkan keturunan yang didambakan, maka doa pun akan selalu dipanjatkan. Karena tidak ada hal baik yang lebih baik dari pada berdoa dan mendoakan.

Anjuran Dan Doa Untuk Pengantin 

Dalam ajaran Islam semua kegiatan yang akan dilakukan selalu berpegang teguh terhadap Al-Qur'an dan hadist. Tak terkecuali dalam menjalani sebuah acara sakral seperti pernikahan, doa untuk pengantin wajib diucapkan. Ada beberapa sunnah dan anjuran yang diajarkan oleh Baginda Rosul Nabi Muhammad SAW agar tercipta keluarga yang sakinah. Berikut adalah anjuran sunnah yang dapat dilakukan:

1. Mendoakan Mempelai

Sunnah pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mendoakan pengantin baru ketika selesai mengucapkan ijab qobul. Sunnah ini telah menjadi kegiatan yang menjadi kebiasan untuk selalu dilakukan. Apabila terlewatkan maka akan terasa ada kekurangan dan kejanggalan pada acara pernikahan tersebut. 

2. Mempelai Melaksanakan Sholat Sunnah 

Sholat sunnah merupakan sebuah tauladan yang Rasulallahu ajarkan kepada sahabat dan umatnya. Sama seperti shalat sunnah dua rakaat yang harus dilaksanakan oleh kedua mempelai. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Abu Said Maula yang ketika ia baru saja menikah. Sahabat Rasulallahu membweikan saran agar shalat 2 rakaat dan memanjatkan doa untuk pengantin ketika istri datang menghampirinya.

3. Memegang Ubun-ubun Sang Istri

Anjuran sunnah memegang ubun-ubun istri adalah kegiatan yang baiknya dilakukan oleh suami kepada istrinya. Seperti sabda Rasulallahu: “Apabila kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta doakanlah istrimu. 

Serta ucapkanlah doa untuk pengantin wanitamu dengan doa sebagai berikut sambil memegang ubun-ubunnya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya juga kejelekan tabiat yang telah ia bawa“. (HR. Bukhari).”

4. Interaksi Dengan Penuh Kehangatan Dan Kemesraan

Interaksi dengan penuh kemesraan selalu Rasulallahu lakukan terhadap Ummul Mukminin Aisya Ra. Seperti yang diriwayatkan oleh Rasulallohu kepada Aisyah pada sebuah kesempatan ketika Rasulallahu mendapatkan hidangan segelas susu. Setelah beliau meneguk air susu tersebut, beliau menawari Aisya untuk mencicipinya. 

5. Berdoa Sebelum Jima 

Sebagaimana kebiasaan seorang muslim ketika hendak melakukan sebuah kegiatan selalu diawali dengan doa. Begitu pula ketika hendak melakukan hubungan intim dimalam pertama. Baiknya awali dengan doa untuk pengantin agar terhindar dari godaan syaitan, dan mendapatkan keberkahan untuk keturunannya. Doa tersebut adalah sebagai berikut: “Bismillaah. Allaahumma jannibnasy-syaithoona wa jannibisy-syaithoona maa rozaqtanaa.”

Yang artinya: Dengan nama Allah. Ya Allah, jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami (HR. Al-Bukhari 6/141 dan Muslim 2/1028 dari sahabat Abdullah bin Abbas ra.)

Hadist diatas menyebutkan bahwa apabila Allah memberikan karunia anak, maka syaitan tidak akan dapat mencelakakan anak tersebut. Dengan kata lain, syaitan tidak akan mampu merasuki anak tersebut, seperti yang telah dinukilkan dari Al minhaj. Karena doa untuk pengantin salah satunya adalah menharapkan perlindungan dari Allah untuk keturunannya. 

6. Sunnah Menabuh Rebana Pada Acara Pernikahan

Bukan tanpa alasan,engapa rebana ditabuh pada acara pernikahan. Melainkan ada manfaat yang tersirat dalam penabuhan rebana untuk pengantin. Manfaat tersebut diantaranya untuk memberikan sebuah pengumuman acara pernikahan dan juga agar dapat memberikan hiburan untuk pengantin. 

Ada beberapa hadist yang menyatakan bahwa menabuh rebana merupakan sunnah yang dapat dilakukan pada acara pernikahan. Diantaranya adalah ada hadist dari Muhammad bin Hathib. Yang Menyebutkan bahwa perbedaan dari sebuah perkara halal dan haram dalam sebuah pesta pernikahan terdapat padarebana dan nyanyiannya. Menabuh rebana selain untuk hiburan tapi tersirat syair doa untuk pengantin yang dipanjatkan. 

Anjuran Dan Doa Untuk Pengantin Dari Tamu Undangan

Sebagai tamu undangan sekalipun tetap untuk memperhatikan beberapa anjuran ketika menghadiri acara walimah pernikahan. Oleh sebab itu patuhilah anjuran tersebut agar mendapatkan keberkahan dari acara pernikahan tersebut. Dan berikut adalah beberapa anjurang yang harus dilakukan oleh tamu undangan:

1. Memenuhi Undangan Pernikahan

Anjuran memenuhi undangan merupakan hal yang menjadi wajib ketika diundang dalam sebuah acara walimah nikah. Kewajiban untuk hadirpun berlaku bagi mereka yang pada saat itu sedang melaksanakan ibadah puasa. Sebagai tanda bahwa memenuhin sebuah undangan adalah wajib, terdapat dalam beberapa hadist yang disabdakan oleh Rasulallahu. Salah satu isi doa untuk pengantin dapat berupa banyaknya tamu yang akan hadir. 

2. Doakan Yang Punya Hajat Setelah Selesai Makan

Mendoakan yang sedang mempunyai hajat merupakan salah satu anjuran bagi yang diundang dam walimah nikah. Selain menjadi sebuah anjuran Untuk memberikan sebuah doa, tetapi juga merupakan sebuah bentuk rasa syukur. Dan juga sebagai terimakasih terhadap orang ya telah mengundang. 

3. Mendoakan Kedua Mempelai

Ada beberapa jenis doa untuk dipamjatkan oleh tamu undangan untuk diberikan kepada kedua pengantin. Doa untuk pengantin disini dipanjatkan supaya pengantin mendapatkan keberkahan pada waktu sempit dan bahagia. Dan berharap semoga pengantin memang dipersatukan oleh Allah dalam sebuah kebaikan. 

4. Rekomendasi Ucapan Dan Doa Untuk Pengantin

Tak hanya memberikan sebuah kalimat selamat atas pernikahan, tetapi menyiratkan sebuah doa untuk kebahagiaan dan kebeekahan untukpernikahannya. Ada banyak sekali pilihan ucapan selamat menempuh hidup baru untuk pengantin. Berikut adalah beberapa contoh kalimat ucapan selamat sebagai doa untuk pengantin:

5. Ucapan Selamat Hari Penikahan Islami

Allah ciptakan manusia berpasang-pasangan. Mulai zamannya Nabi Adam Hingga akhir dunia dan ditiupnya sangkakala. Itulah takdir, semoga dengan jalan ini kalian akan menjadi manusia yang lebih taat kepada Allah SWT. dibukakan segala pintu keberkahan dan kebaikan untukmu dan keluargamu. Doa untuk pengantin ini akan membawamu mengarungi samudera kebahagian.

Pernikahan merupakan langkah baru dalam membuat dunia baru. Dunia dimana kamu akan berbagi dan berdampingan dengan pasangan setiap harinya. Semoga pernikahan ini memberikan keberkahan hingga akhir hayat. Dan semoga disetiap kesulitan Allah selalu berikan petunjuk jalan. 

Sahabat, semoga ikatan cinta kalian memberikan keberkahan dan kebahagiaan berlapis dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Semoga kalian dianugerahi keturunan yang shalih dan shaliha. Sehingga membuat kebahagiaan yang kalian rasakan akan menjadi terasa lebih sempurna. Semoga doa untuk pengantin yang terucap Allah kabulkan untuk keberkahan hidupmu. 

6. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Puitis

Pernikahan bukanlah hal yang mudah, selamat atas pernikahanmu. Selamat telah menemukan tulang rusukmu yang hilang. Selamat atas kebahagiaanmu, semoga kebahagiaan ini menjadi keberkahan. Sehingga tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah yang selalu diberkahi oleh Allah SWT. 

Tawamu, tangismu, doamu kini telah menjadi nyata. Permintaanmu agar segera mendapatkan pasangan halal telah Allah kabulkan. Semoga tak akan ada lagi kesepian dan tangis yang akan menghantuimu. Hanya akan ada kemesraan, kehangatan dan kebahagiaan bersama pasangan hidupmu. Selamat menempuh hidup baru. Aku panjatkan doa untuk pengantin baru ini agar selalu dalam kedamaian dan kebahagiaan. 

7. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Lucu

Ciee...  sekarang sudah bebas dari hukuman kejomblowan yang selama ini menjadi titel abadimu. Selamat atas pernikahanmu, sayang. Semoga pasanganmu tidak akan menjadi patung yang selalu dibuat kaget oleh tingkahmu, ketika merasa lapar diwaktu tengah malam. Jaga diri dan tetap jaga keharmonisan dengan pasanganmu yaa. 

8. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Unik

Tidak ada lagi kalimat doa untuk pengantin yang ingin aku ucapkan kepadamu, kawan. Selain mengatakan bahwa kamu jahat, telah mendahuluiku menikah dengan pujaan hatinya. Kamu, membuat hatiku merasa sangat bahagia tak terkira. Karena kini akhirnya akan ada yang menggantikanku untuk menemanimu sekedar makan mie rebus dimalam hari. Selamat menempuh hidup baru. 

9. Ucapan Selamat Hari Pernikahan Dalam Bahasa Inggris

Congrate on the marriage, may you forever find enjoy in each other eyes. Hoping you have a beautiful endless love story. Today you start this new journey in new life. Here’s to making dream came of life and here's to one of my all time favorite couple. Happy wedding, wish the joy you feel today last alifetime. 

Keutamaan Doa untuk Pengantin

Ketika doa untuk pengantin telah terucap, artinya semua harapan tersirat didalamnya. Berharap kedua mempelai akan rukun, bahagia dan mesra mungkin menjadi harapan pertama. Namun ada pula yang mendoakan agar segera diberikan keturunan, yang menjadi doa utamanya. 

Terlebih orang-orang tersayang disekitar, pastinya mereka menginginkan atas kelancaran kehidupan pernikahan, kelancaran rezeki dan dijauhkan dari segala macam kesialan dari segala masalah yang datang. Berharap semoga pengantin dapat melalui segala jenis kerikil, batu bahkan gunung masalah yang akan dihadapinya kelak. 

Tak hanya membuat atau memohon sebuah harapan, doa untuk pengantin pun merupakan satu bentuk ibadah. Ibadah yang kita panjatkan karena Allah, sehingga doa baik yang terucap akan kembali dan datang kepada yang mendoakan. Berikut adalah keutamaan doa yang dipanjatkan untuk pengantin:

Doa yang diucapkan oleh tamu undangan kepada pengantin adalah ibadah. Nilai ibadah yang terkandung tak ternilai jumlahnya. Karena mendoakan pengantin artinya turut mengharapkan keduanya salaing menjaga, saling rukun, saling berpegang teguh pada ikatan pernikahan dan akan selalu saling menyayangi satu sama lain. 

Mengucapkan doa untuk pengantin artinya turut serta membekali pengantin dengan beragam harapan. Dan mengantarkan mereka berlabuh mengarungi samudera kehidupan baru didepan mata. Yang akan dilengkapi dengan segala jenis rasa bahagia, bahkan mungkin beragam masalah yang akan datang menghampirinya. Karena menikah tak hanya sehari saja, melainkan janji suci untuk selamanya.

Tak hanya tamu undangan saja yang mengucapkan doa, melainkan pasangan pengantin pun wajib berdoa agar pernikahannya berkah. Selain bertujuan agar dapat meningkatkan ketakwaan, juga berharap Allah akan meridhoi segala bentuk permohonan yang diucapkan oleh kedua pasangan pengantin. 

Tips Merawat Keharmonisan Pernikahan

Dalam ajaran Islam, kerharmonisan pernikahan akan menghasilkan keturunan yang shalih dan shaliha. Semua pasangan yang menikah tentunya mengharapkan keharmonisan selalu terjaga dalam rumah tangganya. Doa untuk pengantin telah menyiratkan keinginan agar mendapatkan keluarga yang harmonis. Dalam Al Quran disebutkan bahwa kebahagian dan keharmonisan dalam pernikahan adalah nikmat yang agung. 

Nah, Setelah mengetahui apa arti, manfaat, keutamaan, dan makna dari doa untuk pengantin yang dipanjatkan. Saatnya Anda mengetahui beberapa tips agar keharmonisan pernikahan tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips merawat keharmonisan pernikahan agar selalu dalam kedamaian dan kebahagiaan:

1. Selalu Melihat Pasangan Setara

Tips pertama dalam menjaga keharmonisan pengantin adalah dengan selalu melihat pasangan setara. Karena mengarungi perjalanan pernikahan adalah seumur hidup lamanya. Untuk itu penting sekali merasakan segala rasa kehidupan rumah tangga bersama. Seperti doa untuk pengantin yang diucapkan oleh orang tua, para tamu undangan dan keluarga tersayang. Berharap pasangan baru menikah dapat menjaga keharmonisan pernikahannya. 

Tidak perlu adanya pembatas bahwa suamilah yang memiliki derajat paling tinggi dalam rumah tangga. Melainkan harus saling menghargai, karena Allah menciptakan kelebihan dan kekurangan pada kedua pasangan. Dengan tujuan pasangan tersebut dapat membekali diri agar dapat bertanggung jawab untuk keluarganya. 

Karena dalam Al Quran Allah menyebutkan kesetaraan derajat yang diemban oleh suami dan istri. Dalam firmanNya Allah tidak membedakan sebutan untuk istri dan suami, melainkan mendapatkan sebutan “zauj” untuk keduanya. Meski nyatanya arti zauj adalah untuk lelaki dan zaujiah adalah untuk perempuan. Untuk itu, dalam ikatan pernikahan tidak ada pembatas antara keduanya. Seperti harapan doa untuk pengantin yang berharap pasangan akan rukun.

2. Selalu Menambah Semangat Beribadah Kepada Allah

Tips merawat pernikahan agar tetap harmonis yang kedua adalah dapat selalu menambah semanagat untuk beribadah kepada Allah. Hal ini menjadi penting dalam sebuah pernikahan, karena kasih sayang dalam pernikahan merupakan nikmat agung yang Allah berikan kepada suami dan istri. 

Hanya Allah yang memiliki sifat Muqollibal Qulub (Dzat Yang Maha Membolak-balik hati). Ketika sebelum saling terikat, suami-istri tidak dapat merasakan cinta yang sangat dalam. Karenanya Allah pertemukan dengan suami/istrinya agar dapat saling mencintai. Doa untuk pengantin baru adalah agar saling terjaga dari dosa terhadap suami atau istri. 

Karena apabila Allah menjadi murka terhadap dosa yang telah diperbuat, Allah akan memisahkan keduanya. Sehingga hancur sudah ikatan cinta antara keduanya. Oleh karena itu, jaga selalu ikatan cinta suami,istri agar selalu tetap berada dikoridor keimanan. Sehingga kedua pasangan pengantin dapat menikmati indahnya beribadah dalam sebuah pernikahan. 

3. Berdoa Agar Pasangan Menjadi Penyejuk Hati

Tips ketiga dalam merawat keharmonisan rumah tangga adalah dengan selalu berdoa agar pasangan menjadi penyejuk hati. Bahkan mereka yang bertakwa selalu berdoa agar mendapatkan pasangan dan keturunan sebagai penyejuk hati. Doa untuk pengantin gar selalu bertakwa merupakan salah satu doa yang menyiratkan agar pasangan pengantin tersebut dapat berbuat kepada pasangannya baik itu dengan perkataan maupun perbuatan.

4. Berdoa Agar Mendapatkan Kebahagiaan Di Dunia Dan akhirat

Tips yang keempat adalah selalu berdoa agar dapat bahagia di dunia maupun diakhirat bersama pasangannya. Oleh sebab itu, hendaknya suami selalu mengajak istri dan anaknya agar dapat berdoa bersama untuk mendapatkan kebahagiaan hakiki di dunia dan di akhirat kelak. Karena kebahagiaan hakiki adalah dengan dapat merasakan kebahagiaan hingga syurganya Allah.

Mempunyai rumahtangga yang harmonis adalah doa untuk pengantin dan dambaan semua orang. Untuk menciptakan hal tersebut adalah dengan selalu berusaha menjadi yang terbaik. Bila perlu lakukan beberapa tips diatas. Karena keharmonisan rumah tangga tak hanya dirasakan oleh suami dn istri saja. Melainkan akan menciptakan anak yang dapat hidup dengan nyaman. 

Anak yang hidupnya nyaman dan penuh keharmonisan akan menjadi anak yang shalih dan shaliha. Menjadi dambaan semua orang tua yang berdoa agar mendapatkan keturunan yang shalih dan shaliha. Untuk itu penting sekali menjada keharmonisan rumah tangga akan tidak menciptakan pribadi anak yang kurang baik. 

Baca Juga : Makna dari Kata Bismillah lengkap dengan Penjelasannya secara Detail

Penutup

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai doa untuk pengantin yang Anda simak dalam artikel ini. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi lebih memahami lagi pentingnya doa untuk dipanjatkan dan pentingnya menciptakan dan mempertahankan keharmonisan rumah tangga. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer