Keistimewaan dan Makna Bismillah beserta Contoh Tulisannya

Bismillah - Keistimewaan, Anjuran, Tulisan, dan Makna Bismillah beserta Contohnya. Bagi orang yang beragama Islam tentu tidak asing lagi dengan kata basmalah. Kalimat yang selalu diucapkan sebelum melakukan suatu aktivitas. Memiliki lafal lengkap yaitu ‘bismillahi rrahmani rrahim,’ sehingga tak jarang disebut dengan bacaan ‘bismillah.’ Terlepas dari apapun itu, kalimat tersebut berasal dari bahasa Arab dengan tulisan seperti berikut ini.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kata ‘bismillah’ merupakan sebuah doa untuk mengawai sesuatu yang baik. Dalam A-Qur’an yang menjadi pedoman hidup umat Islam, terdapat 114 kata bismillah. Pada awal surah ada 113, tapia da satu surah dimana kata bismillah tidak terdapat di awal, yaitu pada surah At-Taubah. Selain itu, dalam surah An-Nahl terdapat 2 kata tersebut yaitu pada awal dan ayat 30.

Bismillah

Keistimewaan, Anjuran, Tulisan dan Makna Bismillah beserta Contohnya

Allah swt. tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa tujuan. Sama halnya dengan kalimat bismillah, diciptakan karena memiliki banyak manfaat untuk umat Islam. Meskipun demikian, tak banyak yang mengetahui secara mendalam makna bismillah beserta contohnya. Nah, berikut ini terdapat beberapa pembahasan terkait hal tersebut yang wajib Anda ketahui.

A. Pembahasan Per Kata Makna Bismillah beserta Contohnya

Bismillah adalah kalimat thayyibah yang mengandung arti bahwa kalimat tersebut termasuk perkataan yang baik dan mengandung amal ma’ruf (perbuatan baik). Selain itu, juga dapat mencegah dari perbuatan yang dilarang oleh Allah swt (perbuatan munkar). Untuk membahas secara lengkap hal tersebut, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pembahasan terkait bismillah yang terdiri atas 5 kata diantaranya sebagai berikut.

Kata ‘Bi’

Dalam bahasa Arab kata ‘Bi’ disebut dengan harfun jar dimana suatu huruf yang mengkasrahkan huruf setelahnya. Istilah tersebut dalam tata bahasa menjelaskan kondisi yang membuat harakat huruf akhir setelahnya menjadi kasrah (bergaris bawah). Dengan demikian, cara membacanya menjadi ‘bismi.’ Adapun arti dari kata ‘Bi’ adalah ‘dengan.’ Kata tersebut menjadi awal dari pembahasan makna bismillah beserta contohnya.

Harfun jar atau jar majrur yang terletak di awal kalimat memiliki kaitan erat dengan kata kerja yang tersembunyi setelahnya. Hal tersebut disebabkan karena keduanya merupakan ma’mul (sesuatu yang dikerjakan) sehingga untuk melengkapinya harus terdapat pekerjaan yang dilakukan (amil). Adapun fungsi peletakan kata kerja adalah untuk mengarapkan berkah dari Allah swt, dan membatasi sebuah makna. 

Kata ‘Ism/Ismun’

Dalam bahasa Indonesia kata ‘Ism/Ismun memiliki arti ‘Nama.’ Kata ‘Ism’ merupakan kata benda yang tidak terikat dengan waktu. Sebelumnya diketahui bahwa kata ‘Bi’ menyebabkan kalimat setelahnya berharakat kasrah, berarti kata yang dimaksud adalah ‘Ism.’ Jika keduanya disambung akan menghasilkan ‘bismi.’ Adapun artinya menjadi ‘Dengan Nama.’ ‘Ism/Ismun menjadi salah satu kata pembentuk makna bismillah beserta contohnya.

Kata ‘Allah’

Kata ‘Allah’ tentu bukan hal yang perlu dipertanyakan lagi bagi umat Islam. Sang pencipta alam beserta seluruh isinya. Satu-satunya Tuhan yang disembah dan pemilik segalanya, Keberadaannya yang tidak dapat dibuktikan dengan logika, namun bisa dirasakan dalam hati setiap manusia. Tak ada satupun makhluk di dunia ini yang menyerupai Allah swt. Sesungguhnya dunia ini hanyalah sementara, dan kelak kepada-Nya kita akan kembali.

Kata ‘Ar-Rahman’

Ar-Rahman adalah salah satu bagian dari makna bismillah beserta contohnya yang merupakan nama baik Allah swt. Kata tersebut memiliki arti “Maha Pengasih’ yang menunjukkan kasih sayang Allah begitu luas kepada seluruh ciptaannya. Kasih sayang  tersebut dapat berupa rasa aman, harta, kebahagiaan, dan lain sebagainya dan disampaikan melalui perantara malaikat-malaikat.

Kata ‘Ar-Rahim’

Sama dengan Ar-Rahman, Ar-Rahim juga merupakan salah satu nama baik Allah swt. yang memiliki arti ‘Maha Penyayang’. Maksud dari kata tersebut adalah Allah menyayangi seluruh hambanya yang Ia kehendaki. Perbedaan keduanya terletak pada objeknya. Ar-Arrahman dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia tanpa pandang bulu, baik yang beriman maupun yang kafir. Adapun Ar-Rahim hanya untuk umat manusia yang beriman kepada Allah swt.

B. Makna Kata Bismillah Secara Umum

Berdasarkan penjabaran per kata makna bismillah beserta contohnya diatas, kita dapat mengetahui makna kata bismillah secara keseluruhan. Secara umum, bismillahi rrahmani rrahim memiliki arti ‘dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.’ Kalimat tersebut sebagai pembelajaran untuk berserah diri dan menyerahkan segala urusan kita kepada Allah swt.

C. Contoh Waktu Pembacaan Bismillah

Diketahui bahwa ‘bismillah’ biasanya diucapkan di awal surah. Akan tetapi kalimat tersebut juga memiliki kaitan yang erat dengan doa. Umumnya kalimat bismillah juga diucapkan sebelum melafalkan doa saat akan melakukan suatu aktivitas/pekerjaan. Sebagai bentuk kepercayaan dan ketaatans seorang hamba kepada Sang Pencipta. Nah, berikut ini terdapat beberapa contoh waktu pembacaan bismillah sebelum berdoa diantaranya,

Makna bismillah beserta Contohnya Sebelum Makan dan Minum

Setiap umat muslim yang akan menikmati sebuah hidangan dianjurkan terlebih dahulu untuk membaca doa. Akan tetapi, sebelum membaca doa ucapan ‘bismillahi rrahmani rrahim’ lebih dahulu diucapkan. Makna bismillah beserta contohnya tersebut bertujuan untuk mencegah setan untuk turut serta menikmati makanan/minuman yang hendak kita dikonsumsi. Jadi jangan lupa untuk mengucapkan kalimat tersebut saat akan makan maupun minum.

1. Sebelum Tidur

Seorang sahabat Rasulullah SAW bernama Hudzaifah pernah berkata, “Kebiasaan Nabi ketika hendak tidur, beliau selalu membaca “Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”. Kalimat tersebut mengandung arti bahwa dengan menyebut nama Allah swt aku hidup, dan dan atas izin Allah pula lah aku mati.” Sebuah kalimat yang menunjukkan betapa hidup dan mati seseorang sesungguhnya berada di tangan Allah swt dan tak ada yang bisa mengubahnya.

2. Ketika Keluar Rumah

Anas bin Malik dikenal sebagai sahabat Nabi yang berumur paling panjang. Beliau pernah berkata, “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Ketika seseorang hendak keluaar rumah dan membaca bismillahi tawakkaltu ‘alallahi la haula wa laa quwwata illa billah , Maka seseorang tersebut telah mendapat petunjuk dan Allah swt. akan menjaganya.  Hal tersebut menjadi salah satu makna bismillah beserta contohnya yang wajib diketahui.

3. Ketika Hendak Membuka Pakaian dan Masuk WC

Rasulullah SAW pernah menjelaskan, penghalang antara mata jin dan aurat bani Adam adalah apabila kalian hendak masuk kamar kecil dan mengucapkan bismillah. Hal tersebut telah menjelaskan secara jelas bagaimana kekuatan dari ucapan bismillah yang mampu melindungi seseorang dari gangguan jin atau setan yang ada didalam kamar mandi. Jadi jika Anda hendak membuka pakaian dan memasuki WC, jangan lupa untuk mengucapkannya.

4. Ketika Hendak Masuk Rumah

Rasulullah SAW juga pernah menjelaskan tentang makna bismillah beserta contohnya saat hendak masuk rumah. “Jika seseorang sebelum memasuki rumah dan teringat akan Allah swt lalu mengucapkan bismillah, maka tidak ada tempat untuk setan didalamnya. Akan tetapi, jika seseorang tidak membacanya, maka setan akan senantiasa masuk bersamanya dan bermalam disana.

5. Sebelum Berwudhu

Berdasarkan hadist dalam musnad Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Seseorang yang berwudhu dan tidak menyebut nama Allah swt. dan mengucapkan bismillah, maka wudhu tersebut tidak sah.” Sementara berwudhu menjadi salah satu syarat sah saat melaksanakan shalat. Jadi sebelum melaksanakan sholat, sebaiknya sempurnakan wudhu dengan membaca bismillah agar semua anggota tubuh menjadi suci.

6. Hendak Menutup Makanan atau Menyimpan Barang-Barang Berharga

Salah satu makna bismillah beserta contohnya selanjutnya terkait barang berharga. Barang berharga menjadi salah satu tempat incaran jin. Jin seringkali mengganggu seseorang untuk mengotori atau mengambil barang tersebut. Rasulullah SAW pernah menjelaskan untuk menutup penyimpanan air, mematikan lampu karena jin tidak dapat membuka geribah yang terikat dan tidak dapat membuka pintu dan ucapkanlah bismillah.

7. Saat Hendak Menyembelih Hewan

Menyembelih hewan atas nama Allah swt. akan mendatangkan sebuah berkah. Selain itu, daging hewan yang disembelih pun akan menjadi halal. Kegiatan menyembelih paling banyak dilakukan saat hari raya kurban (Idul Adha). Tata cara pelaksanaan kegiatan tersebut tentu harus sesuai dengan syariat Islam, termasuk membaca bismillah terlebih dahulu. Jika tidak, maka daging tersebut dapat menjadi haram untuk dimakan.

D. Keistimewaan Membaca Bismillah

Setelah mengetahui beberapa makna bismillah beserta contohnya diatas, kita juga akan mengetahui keistimewaan apa saja yang diperoleh ketika selalu mengucapkan bismillah. Sebuah kalimat yang memiliki segudang manfaat dan keistimewaan khusus yang telah diberikan oleh Allah swt. untuk membantu dan meningkatkan keimanan hamba-Nya. Nah, adapun beberapa keistimewaan tersebut dapat dilihat secara rinci pada uraian berikut.

1. Merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW

Beberapa contoh penggunaan kata bismillah sebelum berdoa adalah ajaran dari Nabi Muhammad SAW yang ditemukan dalam hadist. Menurut para sahabat, Rasulullah SAW senantiasa mempraktekkan hal tersebut saat hendak melakukan suatu aktivitas. Demikian menjadi bukti betapa Beliau sangat bergantung kepada Allah swt. untuk tetap dalam perlindungan-Nya dalam keadaan apapun.

2. Sebagai Pembuka Rezeki

Saat hendak melakukan sesuatu, hendaklah membaca bismillah. Makna bismillah beserta contohnya dapat berfungsi sebagai pembuka rezeki karena Allah swt. senantiasa mencukupkan rezeki bagi hambanya. Percayalah Anda tidak akan kekurangan rezeki saat menggantungkan diri kepada Allah swt dengan selalu membaca bismillah. Atas izin Allah swt. akan merestui dan meridhoi apapun yang Anda kerjakan.

3. Terhindar dari Gangguan Setan

Setan dikenal sebagai musuh umat manusia. Setan selalu mengganggu dan menggoda umat manusia agar melakukan perbuatan dosa. Selain itu, ia juga selalu berusaha untuk mengajak manusia ke jalan yang sesat. Akan tetapi dengan membaca bismillah, maka setan tidak berani mengganggu lagi. Apapun yang Anda lakukan nantinya akan menjadi lancar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan ketenangan batin karena terhindar dari perbuatan dosa.

4. Merupakan Bentuk Amal Ibadah

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa salah satu makna bismillah beserta contohnya yaitu sebagai doa. Apabila Anda mengucapkannya maka akan mendapatkan pahala dan bernilai ibadah di sisi Allah swt. Semua yang Anda lakukan setelah mengucapkan kalimat tersebut akan menjadi hal yang mudah dan salah satu bentuk kebaikan. Selain itu, Allah swt. juga akan mengubah ragu menjadi sebuah keyakinan yang ada dalam diri Anda.

5. Dapat Menyembuhkan Penyakit

Ucapan bismillah dengan tulus dari hati dan niat yang baik dapat digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Telah diketahui bersama bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini atas izin Allah swt. Anda harus yakin dan percaya bahwa penyakit apapun akan sembuh jika Allah swt merindoi. Ucapkan bismillah sambil berdoa untuk memohon kesembuhan. Tidak ada yang mustahil didunia ini, jika Ia sudah berkehendak.

7. Mencerdaskan Akal

Salah satu makna bismillah beserta contohnya yaitu mencerdaskan akal. Bismillah bila diucapkan dengan sungguh-sungguh akan membantu untuk menghafal materi pembelajaran atau lebih cepat menangkap pelajaran yang telah diberikan. Jika dilakukan terus-menerus akan membuat kerja otak lebih maksimal dan membuat Anda menjadi lebih cerdas. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap belajar yang giat dan tekun.

8. Mencegah Dari Musibah

Rasulullah SAW pernah berkata kepaada Ali bin Abi Thalib untuk memberitahukan kalimat yang diucapkan saat terkena petaka. Beliau mengatakan, “Suatu saat ketika engkau menghadapi sebuah petaka, maka ucapkanlah sebuah doa yang mengandung kata bismillaah.” Dengan ucapan tersebut, Allah swt. akan menghilangkan petaka apapun yang Ia kehendaki.

E. Anjuran Membaca Bismillah

Selain tertulis dalam Al-Quran sebanyak 114 kali, anjuran untuk membaca dan memahami makna bismillah beserta contohnya juga terdapat dalam beberapa hadist. Hal tersebut tentu menunjukkan betapa banyak manfaat yang diperoleh ketika seseorang selalu mengamalkannya. Selain itu juga terdapat beberapa anjuran untuk membaca bismillah yang bisa Anda ketahui melalui uraian berikut ini.

1. Dari Abu Hurairah RA

Menurut Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “setiap perkataan ataupun perkara penting yang tidak dibuka dengan dengan zikir Allah swt, maka berkahnya akan terputus.” Dari hal tersebut dapat dipahami bahwa ucapan bismillah akan mendatangkan keberkahan setiap kali diucapkan dengan tulus dan ikhlas. Namun, ketika seseorang lupa atau tidak mengucapkan, maka berkah tersebut akan terputus.

2. Menjauhkan dari Perbuatan Dosa

Membiasakan diri untuk berdzikir dengan mengucapkan dan mengetahui makna bismillah beserta contohnya baik dalam keadaan susah maupun senang. Melakukan hal tersebut akan memperkuat batin, rohani, dan meningkatkan kejernihan berpikir sehingga selalu menuntun manusia dalam melakukan apapun. Menjauhi sifat-sifat yang dapat menimbulkan dosa, misalnya dendam, dengki, maupun iri yang sangat rentan dimiliki oleh seseorang.

3. Pondasi untuk Mengingat Allah swt

Anjuran untuk membiasakan diri untuk berdzikir dan mengucapkan bismillah dapat menjadi sebuah pondasi awal seseorang untuk mengingat Allah swt. Dengan perlahan akan menumbuhkan rasa percaya, cinta, hingga rasa bangga kepada Sang Maha Kuasa. Dia yang mengetahui segala hal yang terjadi didunia baik dari hal tak kasat mata hingga sesuatu hal yang begitu besar. Dia hanyalah satu dan satu-satunya tempat bergantung dan berlindung.

5. Sarana Memperbaiki Diri

Sebagai manusia biasa, kita sudah sepatutnya memahami bahwa apapun perbuatan yang kita lakukan akan mendapatkan balasan. Jika melakukan hal baik, akan mendatangkan kebaikan, dan jika melakukan perbuatan buruk maka akan mendapatkan hal yang buruk pula. Berdasarkan hal tersebut, maka sebuah anjuran untuk mengetahui makna bismillah beserta contohnya lalu mengamalkannya sebagai sarana untuk memperbaiki diri.

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur Lengkap Dengan Makna dan Manfaatnya

Nah, itulah beberapa hal tentang bismillah. Mulai dari pembahasan makna bismillah beserta contohnya, keistimewaan, hingga anjuran untuk melakukan hal tersebut. Sebagai manusia biasa, tak ada yang bisa kita lakukan selain beriman kepada Allah swt. dan seluruh ciptaan-Nya. Teruslah belajar dan melakukan hal-hal seusai perintah-Nya agar tetap berada dijalan yang benar dan terhindar dari segala sesuatu yang dapat menjerumuskan kedalam neraka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer