100 Gambar Ikan : Cara Mewarnai Sketsa Gambar Ikan untuk Anak-Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA

Kumpulan Gambar Ikan : Cara Mewarnai Sketsa Gambar Ikan untuk Anak-Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA - Pahami Menggambar dan Mewarnai Sketsa Gambar Ikan Berikut! Menggambar ikan memang bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang seru dan menyenangkan bagi anak. Mereka bisa saja menghasilkan gambar yang sesuai dan diinginkan dengan apa yang menjadi imajinasinya secara bebas. 

Gambar Ikan

Cara Mewarnai Sketsa Gambar Ikan

Hanya saja, anak anak di usia yang masih baru belajar haruslah disediakan gambar sebagai saran mewarnai dan menghasilkan gambar yang bagus. Gambar yang tersedia untuk diwarnai haruslah sederhana supaya memudahkan anak anak. Sehingga nantinya hasil yang diwarnai pun juga tampak begitu indah. 

Ada begitu banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan bagi anak untuk bisa menggambar bunga. Bagi anak, aktivitas menggambar bunga ini tentunya bisa menjadi salah satu objek yang begitu penting. Sketsa gambar ikan menjadi hal penting yang harus tersedia sebagai permulaan bagi anak. 

Apabila Anda akan mengajarkan anak untuk mewarnai, tentu saja Anda harus tahu mengenai teknik tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa pewarnaan memiliki beberapa teknik untuk melengkapi sketsa gambar. Di bawah ini akan dibahas mengenai banyak hal seputar menggambar dan mewarnai sketsa gambar.

Memahami Istilah Sketsa Gambar Ikan

Sesuai penjelasan di atas telah disebutkan bahwa dalam mewarnai, anak harus diberikan adanya sketsa gambar ikan. Yang dimaksud sketsa di sini adalah rancangan awal atau semacam desain gambar yang akan dijadikan bahan untuk mewarnai. Salah satunya adalah sketsa gambaran binatang seperti ikan. 

Dengan adanya sketsa, tentu saja aktivitas menggambar jadi lebih mudah dan anak pun tak perlu lagi repot repot menggambar dari awal. Membicarakan mengenai sketsa, sketsa ikan jadi banyak pilihan rancangan yang begitu ingin diwarnai oleh usia anak anak. Mengingat tampilan dari binatang air ini sangatlah lucu, terutama ikan ikan hias. 

Walau seperti kita tahu, ada juga jenis ikan ikan yang bisa dikonsumsi. Mewarnai gambar ikan ini bisa dijadikan sebagai media latihan dan juga pembelajaran bagi anak dalam mengenali lingkungan alamnya. Termasuk binatang binatang yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah berbagai jenis ikan.

Manfaat Menggambar bagi Usia Anak

Aktivitas menggambar, nyatanya mampu mengembangkan keterampilan motorik halus bagi anak anak yang masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan. Mereka sering kali bereksplorasi menggunakan tangan maupun jari jarinya untuk membuat suatu karya seni. Hal ini bisa dimulai dan dilihat melalui pembuatan bentuk lewat kegiatan belajar memegang alat alat untuk menggambar secara tepat. 

Anda bisa mengenalkan berbagai alat gambar yang bisa dijumpai dan biasa digunakan demi meningkatkan keterampilan anak. Aktivitas mewarnai sketsa, ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas anak yang bisa diwujudkan dalam banyak imajinasi dari otak kecilnya. Imajinasi ini nantinya akan ditampilkan atau diwujudkan melalui gambar dan warna unik di sebuah bidang kertas. 

Melalui tahap mewarnai gambar, pastinya anak akan lebih banyak belajar dalma hal membuat bentuk garis, pengenalan pola, serta bagaimana memilih warna ikan yang tepat. Ia juga akan memahami bagaimana dan seperti apa itu teknik meniru. Dalam hal ini, tentu saja ada koordinasi yang terjadi antara organ mata, otak, serta tangan dalam memberikan makna atas suatu gambar melalui warna.

Beberapa Teknik Mewarnai Sketsa Gambar

1. Teknik Blocking gambar ikan

Teknik pertama adalah blocking, di mana teknik ini menjadi salah satu teknik warna yang sangatlah populer. Kepopulerannya karena cara yang digunakan adalah mewarnai gambar menggunakan alat berupa pensil crayon. Cara pengaplikasiannya adalah dengan membuat satu warna pada gambar tertentu secara merata. 

Setelah itu, gambar akan disapukan perlahan untuk mendapatkan warna berbeda. Contohnya saja ketika anak akan mewarnai ikan ekor kuning yang memiliki warna berbeda. Dalam hal ini, anak bisa dilatih untuk mewarnai ikan dengan warna kuning terlebih dahulu. Selanjutnya, di posisi lain ikan diberikan warna abu abu hitam. 

2. Teknik Gradasi

Teknik selanjutnya yaitu menggunakan gradisi yang bisa dilakukan setelah proses blocking. Selesai anda melakukan teknik tersebut, maka anda perlu memberikan lapisan warna lainnya di bagian tersebut. Terlebih dahulu, usapkan warna kuning secara merata, begitu juga warna hitam agar memberikan kombinasi warna yang tidak terputus. 

Tambahkan warna lain yang menjadi penengah dan masih dalam tingkatan kedua warna tersebut agar lebih menyatu. Sebagai contoh lain adalah ketika anda bisa memberikan lapisan warna hitam gelap ke warna abu abu. Warna tersebut merupakan sebuah gradasi dari warna hitam yang biasanya bisa dilihat pada kulit atau sisik ikan. 

Teknik seperti ini bisa Anda lakukan melalui pemberian warna dari yang gelap dulu. Barulah ajari anak untuk mulai mentrasisikan warna pilihan dengan warna lain yang cenderung tampak lebih terang. Lakukan eksplore warna agar mendapat perpaduan warna yang menarik dan tampak seperti ikan hidup. 

Solusi mendapat gradasi yang tepat adalah dengan menyusun crayon atau pensil warna sesuai urutan di wadah. Ketahuilah bahwa cat crayon yang baru saja dibeli, biasanya memang telah sengaja disusun sesuai tingkatan warnanya. Oleh karenanya, ajarkan anak menatanya kembali agar memudahkan anak ketika belajar dalam menyusun gradasi atau tingkatan warna.

3. Teknik Mixing Gambar Ikan

Langkah mewarnai gambar berikutnya, yakni dengan cat crayon melalui teknik mixing atau dengan kata lain adalah pencampuran. Tujuan tahap pewarnaan ini adalah supaya mampu menghasilkan warna yang lebih dan disesuaikan dengan kebutuhan gambar. Misalkan saja ketika Anda ingin menggunakan teknik goresan linear dan di bagian lain menerapkan goresan circular.

4. Teknik Finishing

Teknik finishing ini dipakai secara sengaja untuk membuat gambar tampak lebih halus, terutama di bagian gambar dengan warna yang tampak belum sempurna atau kurang tertutupi. Ajarkan anak untuk menambahkan aksen aksen yang melengkapi tampilan gambar.

Alat untuk Mewarnai Sketsa Gambar

Anda harus mengenalkan alat mewarnai pada anak yang ingin melakukan kreatifitas menggambar atau pun mewarnai. Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis alat yang bisa dipakai untuk mewarna sketsa gambar yang telah ada. 

Untuk pewarnaan yang dilakukan anak, sebaiknya dimulai dari yang termudah dan bertahap. Ingatlah bahwa setiap alat yang dipakai untuk mewarna punya kelebihan maupun kekurangan sendiri sendiri.  

1. Pensil Warna

Pensil warna di sini dibuat dari bahan dasar yang merupakan pencampuran antara pigment dan organic serta inorganic. Ada juga kandungan bahan lain seperti Kaolin, Carboxy Methyl Cellulose, Wax, dan juga bahan seperti Surfactant. 

2. Crayon

at warna ini terbuat dari pencampuran antara lilin warna, minyak, serat talk atau kapur yang mudah digunakan, memiliki warna cerah, serta dinilai lebih merata.

3. Spidol

Alat tulis untuk mewarnai dibuat dengan tekstur menyerupai busa yang menyimpan tinta khusus dari berbagai warna. Spidol memiliki warna yang sangat cerah dan cocok untuk bidang tidak terlalu luas.

Kumpulan Gambar Ikan

Gambar Sketsa Ikan Nilem




gambar sketsa ikan hias

Gambar Sketsa Ikan Hias Lucu


Sketsa Laut



Gambar sketsa pemandangan Pantai



gambar-sketsa-ikan-nemo



Gambar Sketsa Ikan Nemo Lucu



Gambar Ikan Nemo Sangat Lucu


Sketsa Gambar Ikan Laut Serem

Menggambar ikan, bagi anak tentu merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dijadikan kegiatan bermain sekaligus belajar. Anda bisa membimbing anak untuk menggambar dan menyelesaikan warna sketsa gambar ikan agar memberikan hasil yang indah dan bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer