100 Gambar Bunga : Cara Mewarnai Gambar Bunga untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA

Gambar Bunga : Cara Mewarnai Sketsa Gambar Bunga untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA - Mengenal Berbagai Informasi Sketsa Gambar Bunga! Bunga adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki tampilan yang begitu indah dan berwarna warni. Aktivitas mewarnai gambar bunga, tentu saja sangat menyenangkan. Hanya saja, mewarnai gambar bunga memang bukanlah hal yang mudah bagi usia anak-anak. 

Gambar Bunga

Gambar Sketsa Bunga

Sebagian anak bisa menggambar secara langsung dengan mengunjungi kebun bunga atau melihat tanamannya langsung. Gambar tersebut bisa langsung digambar ketika dilihat. Bunga sendiri, sebenarnya tidaklah sulit untuk bisa Anda temui di manapun. Pasalnya, hampir di semua tempat bisa tumbuh bunga dengan mudah baik di taman atau pun di pot. 

Mengenal Pengertian Sketsa Bunga

Dalam membuat gambar bunga atau pun gambar objek yang lain, diperlukan adanya kegiatan dengan membuat sketsa untuk gambar bunga. Sketsa dalam Bahasa Inggris disebut juga dengan istilah sketch yang merupakan gambar kasar dan ringan sebagai bentuk awal. 

Di mana gambar ini, semata-mata hanyalah berbentuk seperti garis besar atau bisa dibilang gambar yang belum selesai. Sedangkan makna sederhananya, sketsa ialah sebuah pra rancangan gambar dan menjadi medium garis atau bagan atau rencana karya seni lukis.

Tampilannya berupa garis awal yang tampak sederhana sebelum akhirnya ditambah dan diselesaikan menggunakan ketrampilan tangan dan keahlian manusia. Tujuannya tentu saja untuk membuat hasil akhir karya seni gambar bunga yang indah. Sehingga jelas saja sangat penting untuk mengawalinya dengan membuat rancangan sketsa. 

Ada banyak contoh yang bisa dijadikan ilustrasi dalam menggambar. Contohnya saja seperti menggambar pemandangan, objek flora, fauna, kendaraan, barang elektronik, rumah, perabotan, hingga gambar bunga. Kehadiran gambar sketsa ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai langkah dan persiapan awal untuk menggambar.

Manfaat Menggambar Sketsa Bunga

Fungsi adanya sketsa gambar bunga dalam melakukan aktivitas menggambar atau melukis yaitu untuk meminimalisir kesalahan ketika pewarnaan. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk memberikan gambaran yang tepat mengenai suatu tema. 

Fungsi lain dari pembuatan sketsa ini adalah untuk memudahkan penggambar maupun pelukis, jika nantinya akan menentukan komposisi maupun proporsi gambar. Begitu juga untuk menentukan keseimbangan objek di bidang gambar tersebut. Di mana kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan anak dalam banyak hal. 

  1. Menggambar mampu untuk melatih kesabaran dan juga ketelatenan anak menjadi lebih kreatif di masa perkembangannya. 
  2. Menggambar bisa dijadikan sebagai sarana latihan bagi anak supaya bisa dan lebih lancar dalam menggoreskan pensil. Mereka bisa belajar secara bebas dan juga spontan yang membuatnya lebih bebas untuk berekspresi. Anak bisa menampilkan sisi emosiaonalnya, seperti perasaan gembira, rasa marah, sedih serta perasaan sebagainya.
  3. Menggambar bunga dapat dijadikan sebagai media untuk mempelajari bagaimana tampilan bentuk, proporsi objek, anatomi, komposisi, hingga informasi dasar penting lain seputar kegiatan menggambar.
  4. Kecerdasan motorik anak akan lebih terasah, di mana kegiatan tersebut memberikan koordinasi yang bagus antara organ mata dan juga tangan. Hal ini berhubungan dengan cara yang tepat untuk bisa menampilkan sebuah goresan agar berhasil menunjukkan sebuah gambar bunga. Inilah hal penting yang menjadi dasar potensial bagi anak untuk bisa mengembangkan kemampuan motorik otaknya.
  5. Menggambar mampu meningkatkan memori atau ingatan, sehingga dapat menghindarkan anak dari penyakit seperti Alzheimer sejak mereka berusia dini. 
  6. Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi juga menjadi manfaat penting bagi anak ketika menggambar. Terkadang, anak anak akan menyampaikan pesan, emosi atau pun ungkapan yang tidak dapat disampaikannya secara langsung melalui cara ini. 

Teknik Mewarnai Sketsa gambar bunga

Menggambar sketsa bagi anak, pastinya menjadi sebuah kegiatan yang tidak yang mudah untuk mereka lakukan. Anak perlu sering melakukan latihan demi latihan, supaya hasil gambaran bunganya terlihat bagus dan menarik tanpa adanya coretan dan bisa dilihat gambar bunga apa di hasil akhirnya. 

Menggambar objek flora seperti tanaman bunga ini, tentu saja harus didukung dengan pewarnaan yang bagus. Contohnya saja ketika ingin menyelesaikan sketsa dengan menggunakan krayon untuk mewarna. Sehingga nantinya, gambar yang dibuat bisa jadi tampak lebih indah dan tampil menarik. Berikut ini beberapa teknik yang bisa digunakan untuk mewarnai sketsa.

1. Teknik Blocking

Teknik Blocking adalah salah satu teknik yang bisa dipakai untuk mewarnai gambar sketsa. Teknik ini bisa dibilang yang paling sering digunakan ketika aktivitas mewarnai gambar. Sedangkan cara untuk melakukannya adalah dengan terlebih dulu memberikan blok atau pun warna tertentu  Warna ini bisa Anda aplikasikan pada bidang gambar yang sudah dibuat, memakai warna warna yang diinginkan.

2. Teknik Gradasi

Selanjutnya, ada yang namanya Teknik gradasi dan biasa digunakan agar hasil gambarnya tampak seperti gambar asli atau nyata. Cara melakukan teknik ini adalah dengan memberikan warna warna yang masih seirama atau sejenis. Misalnya saja dengan memberikan warna merah gelap hingga merah mudah dengan tingkatan.

3. Teknik Mixing

Teknik mewarnai sketsa gambar yang ketiga adalah teknik mixing yang fungsinya adalah untuk menghasilkan warna yang tampak lebih. Teknik mixing bisa diterapkan lewat 2 cara, yakni memanfaatkan cara goresan linier atau berupa garis lurus maupun goresan circular atau garis yang melingkar.

4. Finishing

Sesuai namanya, teknik finishing kerap dijadikan suatu pilihan teknik yang terakhir ketika mewarnai sketsa. Hanya saja, anda anda masih bisa untuk melanjutkan warna menggunakan teknik selanjutnya. Tahapan teknik ini bertujuan untuk menghaluskan warna gambar supaya tidak terlihat begitu kaku dan terkesan lebih hidup.

5. Scrabbing

Terakhir, ada satu lagi teknik bernama Scrabbing yang biasa digunakan sebagai pelengkap warna. Cara pengaplikasian teknik ini adalah dengan mengerokkan warna krayon pada sketsa gambar yang sebelumnya sudah Anda warnai. 

Alat untuk Mewarnai Sketsa Gambar

1. Pensil Warna

Alat mewarnai pertama yang dianggap paling standar dan paling populer adalah memakai pensil warna. Alat ini dibuat dari pencampuran beberapa bahan yang meliputi wax, carboxymethyl cellulose, kaolin, serta bahan bahan lain.

2. Cat Air

Cat air dibuat dari serbuk warna yang memiliki pigmen halus dan dicampur menggunakan bahan madu maupun gum arabic yang bertujuan untuk mengentalkan dalam mewarnai. 

3. Spidol

Alat spidol memiliki ujung dengan tekstur yang lunak dan dibuat dari bahan yang menyerupai busa. Harganya juga jauh lebih murah dan dapat Anda temukan dengan mudah. 

4. Oil Pastel

Jika dilihat sekilas, alat warna oil pastel ini bisa dibilang mirip dengan crayon yang dibuat dari bahan lilin dan ditambahkan dengan bahan minyak. 

5. Krayon

Jenis alat pewarna selanjutnya adalah krayon yang mudah sekali digunakan, terutama oleh anak anak. Bahan ini bisa larut di dalam minyak, lantaran bahan dasar yang dipakai mengandung adanya minyak tersebut.

6. Cat Poster untuk gambar bunga

Cat poster bisa dibilang sebagai salah satu alat pewarna yang menawarkan harga cukup murah yang pemakaiannya harus diencerkan terlebih dulu dengan air untuk proses pewarnaan

Kumpulan Sketsa Gambar Bunga

Gambar Sketsa Bunga dan Kupu Kupu



Gambar Sketsa Bunga Matahari





Gambar Sketsa Bunga Matahari dan Lebah




Kegiatan mewarnai memang begitu seru dan bisa dijadikan kegiatan bermanfaat, terutama di usia anak anak. Seperti halnya mewarnai gambar bunga dengan teknik dan alat alat sedemikian rupa demi mengasah kemampuannya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer