100 Gambar Rumah : Cara Mewarnai Gambar dan Teknik Gambar Rumah Minimalis untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA

Gambar Rumah : Cara Mewarnai Sketsa Gambar dan Teknik Gambar Rumah Minimalis untuk Anak TK PAUD, SD, SLTP dan SLTA! - Salah satu hobi yang menyenangkan untuk dilakukan setiap hari adalah menggambar. tidak hanya sebatas hobi. Menggambar bisa juga dikembangkan menjadi profesi yang menjanjikan. Misalnya saja adalah profesi sebagai arsitek.

Gambar Rumah

Gambar Sketsa Rumah Minimalis

Arsitek merupakan profesi yang terus dicari. Hal ini karena berkaitan dengan pekerjannya dalam mendesain berbagai bangunana seperti halnya rumah. Menggambar rumah untuk dijadikan sebuah bangunan bukanlah perkara yang mudah. Apalagi untuk membuat desain rumah minimalis yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat.

Meskipun kamu tidak membuat Gambar rumah kamu sendiri, tetap penting bagi kamu untuk mengetahui dasar cara membuat desain rumah. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui berbagai manfaat dalam desain ataupun denah rumah impian kamu.

Manfaat Menggambar Rumah

Menggambar rumah memiliki banyak manfaat utamanya dalam bidang arsitekstur. Penting untuk menggambar sketsa rumah terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa ukuran rumah yang akan dibangun sesuai dengan ukuran tanah yang ada.

Selain itu, manfaat dari menggambar desain dan denah rumah dapat memperkokoh kekuatan rumah. Hal ini karena terdapat pertimbangan yang matang terkait dengan bahan-abahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rumah yang kokoh.

Khususnya menggambar rumah akan mewujudkan bentuk rumah beserta model dan jumlah ruangan yang kamu impikan. Oleh karenanya, meskipun kamu bukan seorang arsitek tetap penting untuk bisa mengetahui gambaran rumah karena terkait dengan tempat yang akan kamu tinggali.

Selain memberi manfaat dalam hal mendesain gambar rumah impian. Menggambar rumah juga berdampak pada segi lainnya pada sisi psikologis bagi seorang yang menggambar. Kegiatan menggambar dan juga mewarnai merupakan salah satu kegiatan terapi seni. Terapi ini berfungsi sebagai upaya perawatan dan pengobatan terhadap masalah gangguan kejiwaan karena tekanan psikologis.

Menggambar dan mewarnai juga dapat berfungsi sebagai media untuk berkespresi. Sehingga dengan legiatan ini dapat membantu seseorang dalam berkomunikasi. Proses kreatif yang berlangsung selama proses menggambar dan mewarnai dapat mengurangi stres. Selain itu juga dapat mengelola perilaku, serta bagaimana menejemen diri dalam menghadapi berbagai persoalan.

Itulah beberapa manfaat menggambar dari sisi psikologis khusunya bagi orang dewasa. Setelah itu, kamu perlu untuk mengetahui berbagai teknik dalam mewarnai gambar yang sudah kamu buat. Teknik-teknik dalam mewarnai perlu kamu pelajari agar kamu semakin lihai dalam menggambar dan mendesain rumah ataupun bangunan yang kamu inginkan.

Teknik Mewarnai Sketsa Rumah

Sebelum kamu melakukan pewarnaan gambar menggunakan krayon maupun pensil warna, sebaiknya kamu membuat sketsa rumah terlebih dahulu agar langkah berikutnya menjadi mudah. Buatlah sketsa rumah dengan pensil 2B maupun HB. Kedua jenis pensil ini dapat membuat goresan halus sebagai ancang gambar.

Goreskan pensil dengan tipis dalam membuat gambar rumah. Artinya kamu tidak perlu terlalu keras dalam menekannya. Ini dimaksudkan apabila sketsa akan diwarnai dengan krayon, tidak terdapat goresan pensil yang membekas. Jika menelkan dengan terlalu keras, akan dikhawatirkan muncul lekukan-lekukan yang nantinya akan terlihat walaupun sudah ditimpa dengan krayon.

Setelah sketsa desain ataupun denah ruah sudah kamu buat. Selanjutnya, kamu bisa mewarnai sketsa yang telah jadi agar semakin sempurna. Adapun teknik-teknik yang dapat digunakan dalam pewarnaan menggunakan krayon sebagai berikut ini.

1. Blocking gambar rumah 

Teknik pertama yang harus dilakukan untuk menggambar sketsa rumah adalah menggunakan teknik blocking. Teknik blocking merupakan teknik populer dalam mewarnai. Cara melakukannya adalah dengan cara membuat blok pada bidang gambar menggunakan warna tertentu. 

Baru kemudian kamu bisa  menyapu hasil pewarnaan secara halus. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memberi alas pada tanganmu dengan tisu ataupun kapas. Sebab, krayon tidak langsung menempel pada kertas dan cenderung menempel di tangan.

Dalam melakukan blocking, sapukan krayon dengan lembut pada gambar rumah agar hasilnya nampak bagus. Gunakan satu warna primer pada bidang gambar yang cukup luas untuk kemudian baru bisa melakukan blocking.

2. Gradasi

Setelah melakukan blocking pada pola rumah yang sudah dibuat, maka selanjutnya adalah melakukan teknik gradasi. Teknik gradasi merupakan upaya untuk melapisi bagian yang sudah diblock dengan warna lain yang senada tapi lebih pekat. Gradasi dilakukan agar menghasilkan warna yang terlihat lebih nyata persis dengan yang aslinya.

Misalnya saat mewarnai bagian pintu. Jika sebelumnya kamu telah melakukan teknik block dengan warna coklat muda, maka gunakan warna biru tua untuk melakukan teknik gradasi ataupun sebaliknya. 

Kamu bisa membuat efek pintu dengan warna gelap terang yang pas. Sebaiknya, gunakan warna gelap terlebih dahulu untuk kemudian mencampurkannya dengan warna lain yang senada dan lebih terang

3. Mixing

Teknik mewarnai gambar rumah selanjutnya dalah menggunakan teknik mixing atau pencampuran. Teknik ini akan menghasilkan warna yang lebih bagus. Kamu bisa melakukan teknik mixing dengan dua cara sekaligus. 

Yakni mewarnai dengan teknik goresan linear terlebih dahulu. Baru kemudian kamu bisa melanjutkan pewarnaan dengan teknik goresan circular. Goresan linear ini diperuntukkan mewarnai pada gambar langit. Sedangkan, teknik goresan circular lebih tepat untuk digunakan dalam mewarnai pohon.

4. Finishing

Tahap terakhir dalam mewarnai sketsa rumah dengan krayon adalah finishing. Teknik finishing ini bermanfaat untuk menghaluskan dan meratakan warna pada bagian–bagian yang belum sempurna. 

Pada tahapan pewarnaan ini, kamu bisa menambahkan aksen-aksen pelengkap yang  berfungsi untuk menambahkan kesan gambar rumah yang menarik, nyata, dan memiliki nilai estetik yang tinggi.

5. Scrabbing

Tidak berhenti pada tahapan teknik finishing. Terdapat satu tahapan lagi yang sifatnya boleh dipakai ataupun tidak dipakai. Teknik ini bernama scrabbing atau pengerokan. Teknik ini dilakukan dengan cara mengerok pada bagian-bagian tertentu.

Itulah berbagai teknik dalam mewarnai sketsa yang sudah dibuat menggunakan krayon. Mewarnai dengan krayon merupakan teknik mewarnai kering. Sebab pada teknik yang digunakan ini tidak perlu bahan pengencer untuk bisa melakukan pewarnaan.

Alat-Alat untuk Mewarnai Gambar Rumah

Setelah kamu mengetahui berbagai manfaat beserta teknik menggambar rumah hingga pewarnaannya. Maka yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menyiapkan berbagai perlatan yang berguna untuk menggambar rumah, baik dalam hal mendesain fisik luar rumah maupun membuat denah rumah.

Adapun perlatan yang perlu kamu siapkan seperti halnya kertas putih, penggaris yang akan berfungsi dalam melakukan pengukuran dan membuat garas yang lurus. Pastikan juga kamu menyiapkan krayon sebagai alat pewarna. Kemudian kamu bisa melakukan pewarnaan dengan teknik-teknik mewarna dengan krayon sebagaimana yang sudah dijelaskna di atas.

Ikuti langkah-langkah pewarnaannya secara runtut. Hal ini sangat penting agar proses kamu dalam menggambar untuk mebuat desain fisik luar maupun denah rumah menjadi mudah dan gampang, serta pastinya menarik.

Kumpulan Sketsa Gambar Rumah


Gambar Sketsa Rumah



Demikian informasi terkait dengan teknik gambar rumah. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar rumah untuk kepetingan desain rumah. Sehingga perlu untuk kamu menguasai teknik mewarnainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer