10 Manfaat Investasi yang Akan Mengubah Hidupmu di Masa Depan

Manfaat Investasi bagi masa depanmu yang baik untuk sepanjang hidupmu dan ini akan mengubah nasibmu - Berinvestasi memanglah memiliki manfaat yang luar biasa bahkan ini bisa mengubah kehidupan seseorang yang dulunya biasa-biasa bisa berubah secara drastis, terlepas apapun instrumennya itu asalkan apa yang ia investasikan itu memiliki nilai yang mahal dalam jangka panjangnya. Sobatsiana mungkin ada yang sudah pernah mendengar perihal macam-macam instrumen dari investasi, seperti investasi emas, saham, reksa dana bahkan obligasi. 

Nah, berikut ini akan kami coba untuk menjabarkan perihal manfaat dari Investasi yang bisa kita dapatkan, berikut ulasannya!

Manfaat Investasi

Manfaat Investasi Bagi Masa Depanmu

Meskipun kata investasi bukan lagi sebuah kata yang asing bagi telinga banyak orang di Indonesia, namun tidak sedikit masih banyak orang buta dengan manfaat investasi ini. Padahal, berinvestasi yang benar ini akan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang itu sendiri, bahkan bisa memberikan kekebasan dari finansial. Lantas, apa saja sih dari manfaat investasi? Berikut ini akan kami coba jelaskan selengkapnya.

10 Manfaat Investasi Jangka Panjang


1. Dapat Meningkatkan Nilai Mata Uang

Dengan investasi juga dapat membantu dalam meningkatkan nilai mata uang. Coba saja sobat pikirkan hal ini: Ketika sobat itu rajin menabung di bank, maka uang tersebut akan terus tergerus seiring berjalannya waktu.

Sebab, bunga bank yang diperoleh itu hanya cukup untuk membayar biaya administrasinya saja. Ditambah lagi, dengan uang yang sobat diamkan itu dalam tabungan nantinya akan berubah menjadi uang pasif.

Maka melalui investasi ini sobat bisa mengelola uangmu dan bisa meningkatkan nilai mata uang yang sobat miliki.

Dengan begitu, uangmu ini akan jauh lebih bermanfaat dan dapat menguntungkanmu dalam jangka panjang. Contohnya, jika sobat ini berinvestasi dengan cara membelanjakan uang sobat untuk membeli emas, maka harga emas semakin tahun akan naik secara jangka panjang.

2. Dapat Menghindarkan Kita dari Inflasi

Kita tahu bahwa inflasi akan terus terjadi hampir setiap tahunnya. Keadaan seperti ini memang sangat membuat nilai mata uang yang ada di negara kita khususnya Indonesia selalu mengalami penurunan nilai tukarnya.

Nah, agar kita bisa menghindari situasi tersebut, maka alangkah baiknya kita tingkatkan suku bunga tabungannya harus lebih tinggi ketimbang dari persentase inflasinya.

Namun untuk saat ini, tingkat suku bunga yang ada di tabungan ini tergolong rendah dan ini juga tidak bisa mencukupi naiknya persentase inflasi yang ada. Oleh karena itu, dengan berinvestasi akan menjadi salah satu sarana buat sobat agar nantinya bisa terhindar dari dampak inflasi.

Melalui manajemen investasi yang apik dan baik, sobat sudah bisa meningkatkan pertumbuhan uang hingga mengalahkan nilai tingginya laju inflasi.

3. Dapat Menambah Sumber Penghasilan

Memang Investasi ini sudah tidak diragukan lagi yang mana bisa menambah penghasilan. Contoh, ketika sobat akan mendapatkan gaji bulanan, maka sobat bisa menyisihkan sedikit uangmu untuk berinvestasi.

Sehingga nantinya penghasilanmu itu akan bisa datang dari berbagai sumber. Sobat pun tidak lagi harus tergantung pada gaji bulanan yang ada.

Jumlah dalam berinvestasi bisa bervariasi tergantung seberapa besar uangmu dan seberapa pintar kamu mengaturnya. Semakin sobat paham dan mampu dalam memprediksi peluang, tentunya akan semakin besar kemungkinan sobat ini dapat meningkatkan nilai uang melalui proses persentase keuntungan.

4. Bisa Mendapatkan Efek Compounding

Saat sobat berinvestasi, tentunya sobat berpeluang untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang ada dengan memanfaatkan efek compounding.

Efek compounding atau biasa disebut dengan bunga bergulung adalah bunga yang sobat dapatkan dari hasil investasi sebelumnya. Nantinya sobat bisa investasikan lagi dan akan bisa menghasilkan bunga kembali.

Atau suatu saat sobat dalam kondisi ketika mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan dan bunganya, maka sobat bisa menginvestasikan modal itu lagi dan maka bunga yang tadi sobat peroleh akan bisa kembali menghasilkan bunga.

Dengan kata lain, melalui sistem investasi jangka panjangmu maka akan bisa menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.

5. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Dengan cara berinvestasi maka sobat dapat membantu dalam mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Sebut saja untuk biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, jaminan pelayanan, dan lain-lain. Dengan berinvestasi, ini maka sobat sudah bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan yang kami sebutkan tersebut.

6. Pensiun Lebih Siap

Dalam hal ini tentu kita tidak akan bisa bekerja seumur hidup. Maka dengan melakukan investasi sobat sudah bisa mempersiapkan masa depanmu dengan matang. Selagi usia muda, tentu alangkah baiknya persiapkanlah masa depanmu dengan matang dan baik. Selain untuk keperluan menabung, sobat juga bisa dengan berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun nantinya.

7. Mencapai Financial Freedom

Diantara kalian pasti ada yang pernah mendengar istilah ini. Financial Freedom adalah suatu kondisi di mana seseorang merdeka secara finansial. Artinya, besaran penghasilanmu sudah cukup untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Di dalam kondisi ini bisa diraih dengan banyak cara louh. Salah satunya ialah dengan berinvestasi. Melalui investasi yang baik maka sobat sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cukup singkat.

Namun, dalam hal ini.. Ingatlah bahwa semakin tinggi untung yang di dapatkan tentunya semakin tinggi pula tingkat resikonya. Oleh karena itu, dalam hal ini sobat harus mengatur investasimu sebaik mungkin!

8. Membuka Wawasan dalam Dunia Keuangan

Selain bisa bermanfaat untuk finansialmu di masa depan, dengan berinvestasi juga dapat bermanfaat untuk dirimu sendiri sebagai seorang individu. Menjadi seorang investor tentulah akan membuatmu memiliki banyak relasi. Dengan adanya kecukupan wawasanmu tentang ekonomi dan finansial pun akan semakin luas nantinya. Tidak menutup kemungkinan, bahwa sobat akan menjadi seorang perencana keuangan yang handal dan berbakat.

9. Lebih Bertanggung Jawab

Kita tahu bahwa tanggung jawab adalah salah satu hal penting yang bisa mengasah diri, apalagi ketika sedang berinvestasi. Sobat nantinya akan dipaksa untuk bertanggung jawab atas segala keputusan dalam investasi yang sobat buat.

Contohnya seperti, ketika sobat sudah memutuskan untuk berinvestasi di salah satu perusahaan, maka sobat harus bisa bertanggung jawab dalam hal ini, bila terjadi kerugian nantinya maka dengan membuat back-up plan seperti cut loss atau diversifikasi investasi akan bisa menjadi jalan yang terbaik.

10. Melatih Mengambil Keputusan

Saat kita sedang berinvestasi, tentu secara tidak langsung ini akan mengasah otak kita dan mulai memikirkan prencanaan investasi selanjutnya.

Jadi dalam hal ini sobat pun harus bisa dalam mengambil keputusan finansial yang tepat. Berbagai masalah yang akan sobat hadapi akan  bisa mengasah kemampuanmu dan analisamu. Wawasan dan pengetahuanmu tentang dunia investasi pun akan dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa manfaat dari investasi yang bisa sobat dapatkan. Jadi dengan investasi secara pengaturan yang baik akan bisa memberikan manfaat yang besar untuk masa depanmu. Terimakasih sudah membaca ulasan ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat semuanya. Sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel