Rumus Kerucut : Cara Menghitung Volume Kerucut Dengan Mudah

Rumus Kerucut : Cara Menghitung Volume, Jari-jari Kerucut Dengan Mudah - Pengertian Kerucut (Cone) - Kerucut adalah sebuah bentuk geometri yang mempunyai tiga dimensi dengan memiliki alas datar yang berbentuk lingkaran dan juga memiliki sebuah bentuk yang mengecil secara teratur ke salah satu arah aksial sampai ke suatu titik yang biasa disebut dengan apeks atau verteks. Adapun untuk Titik apeks atau vertex ini juga sering disebut dengan sebuah titik puncak kerucut.

Rumus Kerucut

rumus kerucut

Biasanya jari-jari atau radius dari alas kerucut adalah jarak antara suatu lingkaran alas terhadap titik pusat dari lingkaran alas tersebut. Diameter dari alas kerucut adalah sebuah jarak garis lurus antara suatu permukaan dari lingkaran alas ke arah permukaan di sebelahnya yang mana melalui titik pusat lingkaran alas tersebut. Adapun untuk pada sebuah lingkaran, dan diameter lingkaran akan sama dengan dua kali jari-jari (radius) lingkaran itu sendiri.

Tinggi Kerucut

Adapun untuk Tinggi kerucut adalah sebuah jarak antara titik pusat lingkaran alas terhadap sebuah titik puncak kerucut (apeks/vertex). Namun pada dasarnya sebuah kerucut adalah sebuah silinder yang mana mengalami peruncingan di bagian salah satu ujungnya, sehingga konsep dari dimensi tinggi pada kerucut itu sebenarnya sama dengan tinggi pada sebuah silinder itu sendiri.

Pengertian Volume Kerucut (Isi Kerucut)

Adapun untuk Volume kerucut atau isi kerucut adalah sebuah ruang tiga dimensi yang mana terdapat di dalam kerucut. Misalnya saja seperti sebuah kerucut yang terbuat dari sebuah beton pejal yang memiliki volume satu meter kubik, maka jumlah dari volume beton yang mengisi ruang yang ada di dalam kerucut tersebut adalah 1 meter kubik.

Cara Menghitung Volume Kerucut

Adapun untuk menghitung dari volume sebuah kerucut maka kalian harus mengetahui dimensi radius atau sebuah diameter alas dan tinggi dari kerucut tersebut .  Biasanya volume sebuah kerucut dengan jari-jari r dan tinggi t itu dapat dihitung dengan menggunakan sebuah rumus sebagai berikut.

Contoh Soal untuk Cara Menghitung Volume Kerucut


Contoh 2

Soal: Ada sebuah beton pemberat yang berbentuk kerucut memiliki diameter alas 84 cm dan tinggi 75 cm. Dengan demikian Hitunglah volume beton yang terdapat dalam sebuah kerucut tersebut? (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).

Jawab:

Jadi, jari-jari alas kerucut r = diameter/2 = 84/2 = 42 cm.

Jadi, volume kerucut = (1/3) (22/7) x 42 x 42 x 75 = 138.600 cm3.


Contoh 1

Soal: Hitunglah sebuah volume kerucut dengan jari-jari alas yaitu 10,5 cm dan tinggi 20 cm! (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).

Jawab:

Jadi, volume kerucut = (1/3) (22/7) x 10,5 x 10,5 x 20 = 2.310 cm3.


Baca Juga: 1 Tahun ada berapa Hari? berikut ulasan selengkapnya!


Penutup

Demikianlah ulasan tenang Cara Menghitung Volume Kerucut dengan mudah yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. Terimakasih bagi sobat semua yang sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer