Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus

Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus  – Halo sobat, pada kesempatan ini kami akan menyajikan artikel tentang pengertian dan sifat -sifat kubus serta rumus kubus baik itu rumus luas, keliling, dan volume kubus serta beberapa contoh soal dan juga pembahasannya. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam membahas tentang salah satu dari Rumus Matematika Kubus ini, ada baiknya jika kita ini terangkan dulu Pengertian dari Bangun Ruang Kubus secara lengkap dan jelas ya.

Rumus Volume Kubus

Jadi, bangun Kubus ini merupakan sebuah Bangun Ruang yang mana memiliki sebuah bentuk tiga dimensi yang telah dibatasi oleh enam bidang sisi dan sisinya tersebut berbentuk kongruen atau bisa dikatakan berbentuk bujur sangkar. Kemudian Bangun Ruang Kubus ini juga bisa disebut denga bangun bidang enam beraturan yang mana berbentuk mirip dengan Prisma Segi empat.

Sedangkan untuk menghitung Rumus Kubus tersebut biasanya digunakan oleh para siswa untuk mengerjakan contoh Soal Matematika soal Kubus yang biasanya terdapat di tingkatan sekolah SLTP maupun SLTA dan soal seperti ini sering muncul juga di soal Ujian Nasional maupun UAS sehingga dalam hal ini sebagai seorang siswa / siswi harus benar – benar bisa memahami dan tahu mengenai rumus menghitung luas dan volume Kubus. Adapun untuk rumus kubus ini mempunyai tiga turunan yaitu Rumus Volume Kubus, Rumus Luas Permukaan, Kubus dan Rumus Diagonal Sisi Kubus.

Tetapi dalam kesempatan ini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai Rumus Kubus dan Rumus Volume Kubus, nah untuk Rumus Diagonal Sisi Kubus nantinya akan kami jelaskan setelah selesai dalam menulis Rumus Kubus mencari Volume dan Luasnya. Baiklah, langsung saja sobat bisa lihat dari penjelasan lengkap dan detal yang sudah kami sajikan tentang rumus volume dan luas kubus dibawah ini.

Ciri-ciri Kubus

Sama halnya dengan kita semua bahwa sebagai pribadi yang ada di dalam tubuh manusia yang pastinya punya karakteristik tersendiri dan sifat masing-masing, begitu juga dengan volume kubus. Biar lebih mudah untuk di pahami yuk mari kita perhatikan gambar yang ada di atas sambil memahami ciri-ciri dari kubus yang ada dibawah berikut ini:

Kubus memiliki 6 sisi dengan panjang yang sama besar di setiap sisinya. Berdasarkan gambar yang ada diatas maka yang di maksud dengan sisi dari kubus yaitu, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.

Setiap sisi kubus berbentuk persegi

Kubus memiliki 12 rusuk yang mana di setiap rusuknya ini sama panjang. Berdasarkan gambar di atas tersebut maka yang dimaksud dengan rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.

Dengan demikian, Kubus ini memiliki total 8 titik sudut. Berdasarkan dari gambar diatas maka yang dimaksud dengan titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, H.

  • Memiliki 12 sisi diagonal sisi yang sama panjang
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang

Rumus Luas Permukaan Kubus

Dilansir dari Math World, bahwa menurut Eric Wolfgang Weinstein, Luas permukaan Kubus adalah jumlah permukaan yang mana memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhananya dapat digambarkan yaitu dengan jumlah luas pada permukaan dari sebuah Objek. Menghitung dari luas permukaan kubus ini sering diterapkan salah satunya biasanya pada saat kita itu mengecat tembok, jadi untuk memperkirakan jumlah dari cat yang perlu di siapkan, maka kita perlu tahu dulu dari luas permukaan dari tembok yang nantinya akan kita cat. Oleh karena itu pada luas permukaan kubus, untuk rumus luas permukaan kubus ini disusun sebagai berikut

L = 6 . s^{2} 

Keterangan: 

L = Luas permukaan (m^{2}); 

s = panjang rusuk kubus (m).

Note: Satuan dari luas permukaan Kubus tidak mutlak dalam meter (m), biasanya hal ini mengikuti permintaan dari soal yang ada, jika soal itu minta dalam satuan cm, maka yang di hitung dalam cm nya.

Sebenarnya rumus dari luas bangun permukaan kubus ini tidak perlu kalian hafal ya, jadi kalian cukup bisa mengingatnya selama kalian ini bisa memahami dari konsep kubus. Berdasarkan dari ciri-ciri yang telah disebutkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa ruang bangun kubus terdiri dari 6 persegi yang mana disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itu untuk luas permukaan dari bangun kubus ini secara sederhananya bisa dikatakan sama dengan yaitu 6 x luas persegi. 

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus

Sifat Sifat Kubus

Silahkan sobat perhatikan gambar diatas, selain dari pengertian kubus disini juga akan kami coba jelaskan tentang sifat – sifat dari ruang bangun kubus itu sendiri sesuai dengan gambar yang ada diatas, Berikut ini sifat sifat dari bangun kubus :

  • Semua sisi dan rusuk kubus itu berbentuk persegi
  • Pada diagonal bidang dan bidang diagonal ruang kubus semua berukuran sama panjang
  • Pada setiap bidang diagonalnya berbentuk persegi panjang

Rumus Kubus

Luas L = 6 x s²

Volume V = s x s x s

Coba sobat lihat gambar diatas bahwa untuk rumus kubus baik rumus untuk mencari luas permukaan, volume dan diagonal dari sisi kubus diperlukan suatu titik sudutnya, sisi dan rusuk bangun dari ruang kubus itu sendiri, karena untuk rumus bangun kubus dan rumus volume kubus sendiri sangat membutuhkan jumlah dari sisi – sisinya.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus

Rumus Volume Kubus

Menghitung dari Luas Kubus diperlukan beberapa jumlah dari luas permukaan kubus tersebut dan juga permukaan bangun ruang dari kubus yang memiliki 6. Untuk itu rumus ini bisa dinyatakan seperti Rumus Matematika seperti yang ada dibawah ini.

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus

Dalam menghitung Rumus Volume Kubus tentunya diperlukan isi dari kubus itu sendiri, adapun besarnya volume merupakan sebuah perpaduan antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan juga tingginya. Sedangkan untuk ukuran rusuknya dari sebuah bangun ruang kubus itu sendiri semuanya sama yaitu s maka Rumus Volume Kubus dapat dinyatakan seperti pada rumus dibawah ini.

Jadi, Volume Kubus = s x s x s atau V = S³

Contoh Soal Kubus

Agar sobat ini lebih paham mengenai rumus kubus yang ada diatas maka kami akan memberikan beberapa contoh soal untuk luas pada kubus serta keliling dari kubus agar sobat bisa lebih ingat dengan mencoba dan berlatih soal yang ada di bawah ini. Berikut contoh soal lengkap dengan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Lemari baju budi itu berbentuk kubus yang memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama yakni 3 meter. Jadi, hitunglah berapa volume dari lemari baju budi tersebut ?

Jawabannya:

Jika sudah disebutkan bahwa lemari itu memiliki panjang, lebar, dan sisi yang sama maka tidak salah lagi ini merupakan salah satu sifat dari bangun kubus, oleh karenanya agar bisa langsung di hitung volume dari lemari tersebut, seperti sebagai berikut,

Jadi, Volume lemari baju = 3³ = 3 x 3 x 3 = 27 m³

Contoh Soal 2

Diketahui dari sebuah bangun ruang kubus yang mana dengan panjang sisi sebuah kubus itu sebesar 20 cm, maka hitunglah besar dari Volume, Keliling dan juga Luas dari permukaan Kubus tersebut.

Jawabnya:

Rumus Volume Kubus : V = s³

Jadi Vol = 20 x 20 x 20

Volume = 8000 m³


Jadi, Rumus Keliling Kubus : K = 12 x s

K = 12 x 20

    = 240 cm


Jadi, Rumus Luas Permukaan Kubus : L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L 2400 cm²


Penutup

Nah, itulah Itulah penjelasan tentang Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus yang dapat kami sampaikan kepada sobat semua. Semoga hal ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer