Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok

Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok - Halo sobat, berjumpa kembali di hari ini, semoga keadaan kalian juga baik-baik saja ya. Kotak adalah sebuah bangun ruang yang bentuknya memiliki tiga dimensi yang mana memiliki 12 rusuk dan 6 bidang permukaan dengan masing-masing bidangnya berbentuk bujursangkar atau sebuah persegi panjang.

Rumus Volume Kotak dan Balok

Rumus Volume Kotak

Jadi, sebuah kotak itu memiliki 12 rusuk. Adapun untuk masing masing rusuknya dapat dianggap sebagai rusuk lebar, panjang dan rusuk tinggi yang mana bergantung pada sudut pandang si pengamat. Disini ada 4 rusuk yang sama panjang yang mana dapat juga disebut dengan rusuk panjang dan ada 4 rusuk yang sama panjang dan dapat disebut dengan rusuk lebar, dan ada 4 rusuk yang sama panjang dan dapat disebut rusuk tinggi. Jika ke 12 rusuk pada sebuah kotak ini memiliki panjang yang sama, maka kotak tersebut bisa disebut sebagai kubus. Kubus adalah bentuknya kotak yang mana ini istimewa karena semua rusuk kubus itu sama panjang dan semua bidangnya juga berbentuk bujursangkar.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Kotak

Adapun untuk menghitung volume atau isi dari sebuah kotak, maka sobat harus mengetahui dimensi panjang, lebar, dan juga tinggi dari kotak tersebut. Adapun untuk rumus menghitung volume kotak adalah sebagai berikut:

Volume = panjang x lebar x tinggi

Rumus ini juga seringkali ditulis secara singkat yaitu; V = P x L x T. Perlu sobat perhatikan bahwa dalam menghitung sebuah volume kotak yang menggunakan rumus di atas maka dimensi panjang, lebar dan tingginya itu harus dalam satuan yang sama ya. Satuan volume ini adalah satuan panjang kubik misalnya seperti centimeter kubik (cm3), millimeter kubik (mm3), meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Pengertian Balok

Balok adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang mana dibentuk oleh tiga buah pasang persegi panjang.

Bangun balok ini dapat sobat temui dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti yaitu :

  • kardus bungkus kado
  • buku yang kamu baca
  • Smartphone yang kamu pakai dan banyak lagi yang lainnya.

Balok biasanya memiliki total 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Sisi-sisi pada balok itu adalah panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki panjang yang berbeda. Apabila sisinya sama, maka bangun tersebut disebut dengan kubus.

Secara umum, dalam materi pelajaran sekolah seperti matematika, ada tiga buah besaran yang diminta dan dicari dari bangun balok, yaitu:

  • Luas balok
  • Volume balok
  • Panjang diagonal balok.

Lantas bagaimana Cara untuk menghitung nilai-nilai dari kubus tersebut? Yuk, Langsung saja kita bahas dalam kesempatan ini.

Rumus volume balok

Volume = panjang x lebar x tinggi

V = p x l x t

Adapun untuk Rumus menghitung volume balok ini sangat sederhana. Sobat hanya perlu mengalikan tiga buah sisi pada balok, yaitu panjang, lebar, dan tingginya.


Contoh Perhitungan Volume Kotak


Contoh Soal 1

Soal: Ada sebuah akuarium yang memiliki ukuran dengan bagian dalam sebagai  berikut: panjang yaitu 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi yaitu 40 cm. Akuarium tersebut telah diisi dengan air sampai dengan ketinggian 30 cm. Berapakah volume air yang ada di dalam akuarium tersebut? 

(Petunjuk rumus : volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Jadi, Volume air = panjang x lebar x tinggi air = 50 cm x 40 cm x 30 cm = 60.000 cm3.


Contoh Soal 2

Soal: Ada sebuah balok es yang berbentuk kubus dengan ukuran rusuknya 3 cm. Berapakah volume dari kubus es tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Ruang bangun kubus memiliki ukuran lebar, panjang, dan tinggi rusuk yang sama, dalam hal ini panjang kubus 3 cm, lebar kubus 3 cm dan tinggi kubus 3 cm.

Jadi, Volume kubus es = 3 cm x 3 cm x 3 cm = 27 cm3.


Contoh Soal 3

Soal: Ada selembar papan yang berukuran panjang yaitu 4 meter, lebar 30 cm, dan tebal 2 cm. Berapakah volume papan tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak: panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Karena dimensi dari papan tersebut memiliki satuan yang berbeda-beda, maka satuannya itu harus disamakan terlebih dahulu, oleh karena itu dalam hal ini kita harus menggunakan satuan cm, jadi, ukuran papan tersebut dalam cm adalah  lebar 30 cm, panjang 400 cm, dan tinggi 2 cm.

Jadi, Volume papan = 30 cm x 400 cm x 2 cm = 24.000 cm3.


Contoh Soal 4

Soal: Ada sebuah pilar beton dengan setinggi 3 meter yang memiliki penampang yang berbentuk bujursangkar dengan panjang sisi yaitu 30 cm. Berapakah volume beton pada pilar tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Penampang pilar beton yang berbentuk bujursangkar artinya panjang dan lebarnya itu sama yaitu 30 cm.

Tinggi pilar beton 4 meter = 400 cm.

Jadi, Volume pilar beton = 30 cm x 30 cm x 400 cm = 360.000 cm3.


Contoh Soal 5

Soal: Ada sebuah balok yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi dimana masing-masing yaitu 9 cm, 8 cm, dan 10 cm. Berapakah volume balok tersebut? 

(Petunjuk rumus: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).

Jawab:

Jadi, Volume balok = 9 cm x 8 cm x 10 cm = 720 cm3.


Baca Juga: Rumus Luas Kubus dan Penjelasannya


Penutup

Nah itulah Rumus Cara Menghitung Volume Kotak dan Balok yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan yang cukup singkat ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, nantikan juga ulasan lainnya yang ada di media ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer