Artikel adalah : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur dan Contoh

Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur dan Contoh adalah -  Halo sobat semua, untuk pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk mengulas sebuah artikel yang dimana dalam hal ini meliputi diantaranya pengertian, ciri, tujuan, manfaat, jenis, struktur dan contoh, nah agar kalian lebih dapat memahami dan mengerti apa itu artikel yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel

Artikel adalah sebuah karangan faktual secara lengkap yang mempunyai panjang tertentu sengaja dibuat untuk dipublikasikan (melalui media online, koran, majalah, buletin, dlsb.) dengan tujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan publik, mendidik, dan juga menghibur.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri suatu artikel yang perlu kita ketahui diantaranya yaitu:

  • Isi tulisannya didasari oleh sebuah fakta bukan sekedar mitos saja yang belum terjamin dengan kebenarannya.
  • Sifatnya faktual dan informative, dengan mengungkapkan suatu informasi yang berdasarkan hasil-hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan juga dapat dipertanggung jawabkan akan kebenarannya.
  • Artikle ilmiah juga memiliki sebuah opini atau sebuah analisa pemikiran-pemikiran si penulis, akan tetapi, adapun pemikiran itu dikuatkan atau didasari oleh data valid berupa hasil dari penelitian sebelumnya, teori, maupun sebuah fakta yang ditulis ke dalam artikel.
  • Menggunakan sebuah metode penulisan yang sistematis, dengan tujuan yaitu agar semua informasi yang ada di dalam artikel itu dapat diterima oleh masyarakat luas.
  • Menggunakan ragam bahasa yang baku dan resmi, hal ini dikarenakan dengan menggunakan sebuah bahasa yang resmi bercirikan lugas, efektif, logis dan denotatif akan membuat bahasa artikel ilmiah itu terasa padat dan berisi.

Tujuan Artikel

Tujuan dari penulisan artikel ilmiah yang dimaksudkan bukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh seseorang, tetapi ini lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dalam suatu penulisan artikel imiah tersebut, lebih tepatnya tujuan dalam penulisan artikel ilmiah.

Didalam paragrafnya mendeskripsikan cara menguraikan atau ada bahasan pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti oleh penulis.

Mendeskripsikan suatu pembatasan ruang lingkup dari artikel ilmiah tersebut.

Manfaat Artikel

Manfaat dari menulis artikel ilmiah ialah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah ide dari dengan menulis dan dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatifitas.
  • Lebih berpikir sistematis serta berbahasa secara baik, tertib dan teratur.
  • Dapat memahami tujuan dari menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis itu sendiri yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi dari hasil pemikiran secara kegiatan ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi para pembaca.

Jenis-Jenis Artikel

Adapun untuk jenis-jenis artikel diantaranya yaitu:

1. Narasi

Secara sederhananya, narasi ini dikenal sebagai artikel cerita, biasanya pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu runtutan seperti urutan waktu, tempat kejadian, ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Jadi narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

2. Deskripsi

Artikel adalah sebuah karangan yang berisi suatu gambaran mengenai hal-hal atau sebuah keadaan sehingga si pembaca seolah-olah merasakan, mendengar, melihat keadaan yang sesungguhnya dari hal tersebut.

3. Argumentasi

Artikel jenis karangan ini bertujuan untuk membuktikan adanya kebenaran dari suatu pendapat atau kesimpulan dengan data atau fakta yang sebenarnya sebagai alasan atau bukti. Dalam sebuah argumentasi maka pengarang ini mengharapkan adanya pembenaran pendapatnya dari para pembaca, adanya sebuah unsur opini dan data, juga ada fakta atau suatu alasan sebagai penyokong dari sebuah opini tersebut.

4. Persuasi

Jenis karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca untuk berbuat sesuatu, di dalam persuasi biasanya pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya tersebut.

Struktur Artikel

Berikut ini ada beberapa struktur artikel, sebagai berikut:

1. Pembuka (lead)

Pembuka adalah alinea pertama yang ada pada awal sebuah artikel. Terdiri atas intro, prolog, lead, atau teras yang pada umumnya disebut dengan pembuka. Bagian kepala artikel ini berisi uraian aktual yang sangat penting untuk dijadikan pijakan pada suatu pembahasan artikel berikutnya.

Bagian pembuka ini biasanya berisi uraian peristiwa, rangkaian kejadian, pernyataan, kutipan kata bernyali dan sebagainya. Jika pembaca jeli dalam menguraikan peristiwa atau pernyataan yang akan di tuangkan di dalam artikel, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

2. Leher

Pada bagian ini kemudian disambungkan teras dengan sebuah isi materi yang akan disajikan di dalam artikel. Bagian ini sering disebut dengan jembatan atau pengait. Isi bagian dari leher artikel ini biasanya menyampaikan pernyataan atau sebuah uraian yang mengungkapkan suatu permasalahan. Lebih jelasnya, pada bagian ini menghubungkan antara bagian kepala dengan perut artikel yang sudah rencanakan.

3. Isi/tubuh

Bagian dari isi artikel merupakan sebuah bagian yang paling penting dalam proses penulisan suatu artikel, karena pada bagian inilah segala permasalahan biasanya dituangkan. Pada bagian ini berupa sebuah uraian eksplanasi. Caranya yaitu dengan mengungkapkan suatu permasalahan yang ingin dikupas. Usahakan dalam hal ini tetap terjaga fokusnya, jangan sampai kalian keluar dari fokus permasalahan.

4. Alinea penutup

Pada bagian akhir dari suatu artikel biasa disebut antiklimaks, kaki, atau ending dari suatu artikel itu sendiri. Pada bagian ini biasanya berisi kalimat kunci yang merangkum suatu pembahasan kedalam bentuk kesimpulan yang ringkas dan jelas.

Dalam membuat ending yang baik, sobat harus mengaitkan kembali bagian teras, prolog, isi, dan materi artikel secara runtut agar nantinya bisa tercapai suatu kesatuan yang utuh. Perlu di ingat! jangan mengakhiri penulisan artikel itu dengan kesimpulan yang bernada normatif, umum, atau serasa menggurui.

Contoh Artikel

Pernahkah sobat bertanya-tanya apa penyebab Channel Youtube itu sepi penonton sedangkan keadaan Channelnya sudah cukup kaya konten?

Padahal sobat sudah rajin mengupload video secara teratur, tetapi tidak peduli betapa keras sobat melakukannya, view Channel tidak kunjung menunjukkan sebuah peningkatan.

Youtuber veteran mungkin bisa bersikap tenang dalam menghadapi view yang stagnan dan tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat perubhannya. Namun bagi pemula atau mereka yang belum tahu, terkadang situasi tersebut malahan membuat frustrasi dan down dalam mengupload video.

Penutup

Nah, demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Artikel, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Struktur dan Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai jumpa lagi pada ulasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer