Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soal Keliling Lingkaran - Halo sobat semua, setelah di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang rumus persegi datar maka dipertemuan kali ini kami akan mengulas tentang rumus keliling lingkaran dan beberapa contoh soalnya secara mendalam dan lebih detail.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

Apalagi lingkaran ini termasuk kedalam salah satu bangun datar dalam pelajaran matematika yang mana materi ini cukup sering dibahas didalam pelajaran matematika di sekolah baik di tingkat SLTP (Sekolah Lanjut Tingkat Pertama) dan SLTA (Sekolah Lanjut Tingkat Atas), bahkan Soal-soal Lingkaran ini sering keluar di soal ujian, baik itu didalam ujian Tengah Semester sekolah maupun Ujian Nasional (UN).

Oleh karena itu dalam hal ini sangat baik sekali bagi kalian si para pembaca yang mana notabenya sebagai seorang pelajar atau pengajar untuk lebih mengetahui dan memahami tentang rumus dari lingkaran dalam matematika yang mana meliputi luas dan keliling lingkaran ini.

Namun sebelumnya, ada baiknya jika sobat ini mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian lingkaran yang ada di pelajaran matematika. Lingkaran dalam matematika adalah sebuah bangun datar yang membagi bidang-bidang menjadi dua yakni bagian luar dan bagian dalam.

Contohnya seperti, Ban mobil dan motor yang berbentuk lingkaran, piring juga bentuknya lingkaran, tutup botol juga bentuknya lingkaran, bahkan jam dinding, uang koin juga banyak yang memiliki bentuk lingkaran. Bangun datar yang satu ini memang sangat sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, maka tak heran bentuknya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kini saatnya bagi kalian untuk mengenal bangun datar yang satu ini, adapun mengenai definisi atau pengertiannya dan juga rumus keliling lingkaran. Ada juga beberapa contoh soal yang bisa membantu sobat untuk bisa lebih memahami hal ini.

Lingkaran adalah sebuah bangun datar dimana semua titik yang ada pada lingkaran memiliki jarak tertentu yang sama dari titik pusatnya. Jarak antara titik manapun pada lingkaran dengan titik pusatnya itu disebut jari-jari.

Selain itu lingkaran mempunyai sebuah unsur – unsur seperti jari – jari lingkaran, busur lingkaran, diameter lingkaran, lingkaran-lingkaran dan tali busur lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran

  • Rumus dari Keliling Lingkaran Dengan Diamter : π x d
  • Rumus dari Keliling Lingkaran Dengan Jari-Jari : π x 2 x r

Keterangan :

d = Diamter

r = Jari – jari

π = 22/7 atau 3,14


Setelah sobat mengetahui tentang bangun datar lingkaran tersebut, sekarang saatnya bagi sobat untuk memahami tentang cara mencari keliling dari lingkaran dalam pelajaran matematika, karena dengan kalian belajar untuk mengetahui cara menghitung keliling lingkaran matematika maka kalian nantinya akan dengan mudah menjawab dan mengerjakan soal – soal ujian yang ada.

Baik itu soal ujian akhir sekolah (UAS) maupun soal ujian nasional (UN) tentang keliling lingkaran pelajaran matematika. Langsung saja disini sudah terdapat dua rumus didalam rumus dengan menghitung keliling lingkaran dalam mata pelajaran matematika yang bisa sobat lihat dibawah ini :

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Kemudian setelah sobat lihat dan bisa memahami tentang kedua rumus keliling lingkaran matematika yang telah dijelaskan di atas, maka di bawah ini juga bisa kalian lihat untuk contoh soal mencari luas keliling lingkaran matematika yang dapat dijadikan sebagai metode latihan kalian dirumah, agar kalian nantinya bisa lebih memahami tentang rumus lingkaran dalam mencari keliling ini.

Contoh Soal 1

1. Terdapat sebuah lingkaran cukup besar yang mempunyai nilai jari – jari sebesar 14 cm. Hitunglah nilai keliling dari lingkaran tersebut ?

Diketehui :

r = 14 cm

π = 22/7

Yang ditanyakan : Nilai Keliling Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x 2 x r

K = 22/7 x 2 x 14

K = 22/7 x 28

K = 616/7

K = 88 cm

Maka, Keliling lingkaran tersebut adalah sebesar 88 cm


Contoh Soal 2

2. Diketahui keliling sebuah lingkaran yang bernilai 62,8 cm. Silahkan hitunglah berapa diameter dari lingkaran tersebut ?

Diketehui :

K = 62,8 cm

π = 3,14

Yang ditanyakan : Nilai Diameter Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x d

62,8 = 3,14 x d

d = 62,5 / 3,14

d = 20 cm

Maka, Diameter lingkaran tersebut adalah sebesar 20 cm


Contoh Soal 3

3. Adi mempunyai sebuah roda sepeda ontel dengan nilai keliling yaitu 88 m. Hitunglah berapa jari-jari roda sepeda ontel adi tersebut ?

Diketehui :

K = 88 m

π = 3,14

Yang ditanyakan : Nilai Diameter Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x 2 x r

88 = 3,14 x 2 x r

K = 6,28 x r

r = 88 / 6,28

r = 14 cm

Maka, jari – jari lingkaran tersebut adalah sebesar 14 cm


Contoh Soal 4

4. Terdapat satu buah bangun datar lingkaran yang mana memiliki nilai diameter sebesar 6 m, Silahkan cari dari keliling lingkaran tersebut ?

Diketahui :

d = 6 m

π = 22/7

Ditanyakan :

Nilai Keliling Lingkarannya ?

Jawaban :

K = π x d

K = 22/7 x 6

K = 132/7

K = 18,85 m

Maka, Keliling lingkaran tersebut adalah sebesar 18,85 m


Contoh Soal 5

5. Rangga memiliki sebuah mobil Avanza yang mempunyai roda dengan diameter 84 cm, dan berputar sebanyak 1000 kali, Hitunglah berapa jarak yang sudah di tempuh oleh mobil rangga tersebut ?

Diketehui :

d = 84 cm

π = 3,14

Ditanyakan : Jarak Mobil ?

Jawaban :

Jarak yang ditempuh oleh mobil sama dengan 1000 kali keliling lingkaran ( roda ) yaitu = 1000 / 2 = 500

Maka jarak yang ditempuh mobil tersebut yaitu  = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 84 cm = 131.880 cm = 1,32 km

Perhatian : Adapun dalam contoh soal dan jawaban tentang keliling lingkaran diatas, maka penulis menggunakan nilai π terkadang 3,14 atau terkadang juga menggunakan 22/7.

Tips :

Ambillah nilai π yang termudah untuk sobat hitung, Jika nilai diameter atau jari-jari itu mudah untuk dibagi 7 maka gunakan π = 22/7

Gunakanlah nilai π = 3,14 jika nilai dari diameter atau jari-jari tersebut susah untuk dibagi 7


Penutup

Demikianlah untuk pembahasan tentang rumus keliling lingkaran dan juga contoh soal yang telah kami sajikan secara lengkap kepada sobat semua. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu sobat semua dalam memperdalam pemahaman tentang rumus lingkarannya. Sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Aplikasi WA untuk Laptop atau Komputer