7 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright dari YouTube

Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright dari YouTube dan Facebook Terbaru – Seiring maraknya perkembangan dunia digital membuat orang kini berlomba-lomba untuk membuat sebuah konten video baik untuk media Facebook, Instagram, Youtube maupun media lainnya. Memang saat membuat sebuah video dibutuhkan hal kreativitas supaya konten video yang di buat banyak ditonton orang dan laku di pasaran.

7 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright

Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright

Adapun untuk cara melakukan sebuah langkah mengedit video supaya tidak kena hak cipta dan juga copyright adalah sebagai berikut ini.

1. Pakai Video yang Menggunakan Keterangan Licence Creative Commons

Pastinya jika sobat ini mengambil video orang lain dengan begitu saja tanpa adanya izin atau link dari sumber video, kemungkinan besar sobat ini akan masih terkena pelanggaran hak cipta dan copyright. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih video yang memiliki keterangan Licence Creative Commons.

Adapun untuk tips mencari video yang memiliki keterangan licence creative commons adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan sobat kunjungi Youtube.
  2. Ketikan saja keyword di menu pencarian Youtube, kemudian klik atau tekan enter.
  3. Jika video yang memiliki keterangan licence creative commons sudah muncul, klik Filters dan pilih Video Creative Commons.
  4. Langsung saja unduh video yang sudah sobat pilih. Lakukan editing sekreatif mungkin agar lebih menarik. Kemudian buatlah sebuah kompilasinya.

Ikuti tips tersebut dengan benar, supaya video kompilasi yang sobat buat tidak kena hak cipta dan juga copyright.

2. Ubah Resolusi Video dan Tambahkan Efek Baru pada Video Tersebut

Salah satu cara selanjutnya yaitu editing video supaya tidak kena hak cipta dan copyright adalah dengan melakukan tindakan mengubah resolusi video yang aslinya. Misalnya saja: Video yang asli 720p, maka dalam hal ini silahkan sobat ubah menjadi 360p. Adapun untuk mengubah resolusi videonya, sobat dapat menggunakan sebuah software untuk memperkecil video, seperti halnya aplikasi Hanbrake.

Setelah sobat berhasil mengubah resolusinya, supaya video tersebut tidak sama persis dengan video yang aslinya, maka sobat dapat menambahkan sebuah efek. Adapun efek yang dimaksud itu seperti: menambahkan frame pada video atau sobat bisa menambahkan efek yang lainnya. Nah, untuk bisa menambahkan efek pada video, maka sobat dapat memanfaatkan fitur yang tersedia di aplikasi edit video.

3. Kompilasikan Videomu Sekreatif Mungkin

Jika sobat sudah kehabisan ide untuk membuat sebuah konten video, maka sobat dapat membuat sebuah kumpulan potongan video atau kompilasi sebuah video secara kreatif. Artinya sobat ini jangan asal ambil video karya dari orang lain, namun lakukan sebuah kompilasai video secara kreatif.

Nah, dengan melakukan sebuah kompilasi video, kemungkinan besar sobat tidak kena hak cipta. Hal tersebut karena sobat ini hanya mengambil potongan video saja. Namun, perlu kamu ingat meskipun sobat ini hanya mengambil potongan video, tetap alangkah baiknya jika sobat tetap menyertakan sumber video di kompilasi video yang baru sobat buat. Hal tersebut dapat digunakan sebagai post credit kepada si pemilik video aslinya.

4. Ubah Suara Audionya dan Tambahkan Sebuah Musik Bebas Copyright

Ada cara lainnya untuk bisa edit video dari video yang aslinya adalah dengan cara mengedit musik agar lolos dari copyright dan menambahkan sebuah musik bebas copyright. Adapun untuk mengubah audio video ini, sobat dapat menggunakan bantuan software khusus, seperti: Aplikasi Adobe Audition atau Audacity. Ubah audio sekreatif mungkin supaya jauh lebih menarik penonton.

Selain itu, sobat juga dapat menambahkan sebuah musik yang bebas copyright. Nah, untuk menambahkan sebuah musik bebas copyright ini, sobat tidak perlu khawatir karena biasanya pihak Youtube sudah menyediakan konten audio yang bebas copyright. Caranya adalah silahkan sobat temukan di audio library Youtube. Setelah sobat berhasil memilih musik atau audio yang tepat untuk video kompilasimu, tambahkan musik tersebut ke video kompilasimu tersebut.

5. Tambahkan Intro dan Outro pada Video

Satu lagi yang tak ketingalan yang harus dilakukan supaya editing video kompilasimu itu tidak kena hak cipta adalah dengan menambahkan intro dan outro video. Tentu saja setelah rangkaian editing yang sobat  lakukan, sobat ingin memiliki video yang benar-benar berbeda dengan video yang aslinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menambahkan sebuah intro dan outro pada video. Soal menambahkan audio intro dan outro ini, sobat dapat menggunakan bantuan software dan template audio yang tersedia. Sobat juga dapat mengunduhnya di google play.

6. Meminta izin kepada pemilik hak cipta 

Cara mudah mengatasi copyright lagu di youtube yang juga bisa sobat tempuh adalah dengan meminta izin kepada si pemilik hak cipta. Hanya saja, biasanya sobat akan membayar sejumlah uang untuk menggunakan lagu-lagu yang memiliki hak cipta tersebut untuk dapat digunakan. Silahkan pelajari saja cara meminta izin hak cipta lagu kepada pemilik si hak ciptanya. 

7. Membuat video yang original

Cara mudah untuk upload lagu atau Video ke youtube tanpa kena hak cipta yang paling bagus dan sangat direkomendasikan adalah dengan membuat video originalnya. Jadi, bukan hanya video original saja yang bebas hak cipta dari segi video reupload tapi juga dapat dilihat dari segi audionya.

Untuk lagunya sobat bisa gunakan yang free license atau bisa beli lisensinya. Namun sebelumnya, pastikan dulu video-video yang akan sobat upload memang benar-benar unik, original dan kreatif agar bisa dinikmati penontonnya.

Totalitas dalam membuat sebuah konten video Youtube yang original dan beda dari yang lain tentu menjadi kunci sukses seorang Youtuber. 

Sekedar informasi tambahan tentang Claim conten ID: Jika salah satu video sobat itu terjaring razia hak cipta dan diklaim oleh orang pihak ketiga maka sobat tidak akan bisa menampilkan iklan di dalam video tersebut. Sementara si pihak pengklaim bisa memasang iklan di video tersebut sebagai si pemilih hak cipta.

Baca Juga : Cara Download Video YouTube Teknik SS

Akhir Kata

Demikianlah cara edit video dengan mudah agar lolos copyright di Youtube, facebook dan di media lainnya, baik itu video reupload dan Audio bebas hak cipta. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat!. Selamat mencoba, semoga berhasil. Sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel