Teknik Jitu Membuat Umpan Ikan Hampala - Mancing Ikan Hampala

Teknik Jitu Membuat Umpan Ikan Hampala untuk mancing di sungai - Menemukan umpan yang akurat dan efektif itu mudah dan sulit. Seorang pemancing dengan pengalaman yang lama lebih cenderung menemukan umpan yang paling cocok dari pengalaman itu. Namun, untuk merangkum waktu para nelayan biasa, Anda bisa menggunakan salah satu saran di bawah ini.

Umpan Ikan Hampala

Umpan Ikan Hampala

Teknik pembuatan Umpan Ikan Hampala dan penangkapan ikan yang masih banyak digunakan hingga saat ini untuk mendapatkan ikan hampala adalah dengan teknik menuang. Tentunya Anda pernah melakukan teknik ini sebelumnya, karena sangat populer. 

Banyak orang menulis bahwa ikan palung ini sangat mirip dengan ikan mas. Tapi Anda bisa membedakannya dengan melihat lebar mulutnya yang jauh lebih lebar. Bahkan tak sedikit orang yang mengaku mulut ikan palung ini bisa menelan anak itik.

Warna ikan ini juga cukup berbeda dengan ikan mas yaitu pada bagian ekor hingga badan terdapat garis hitam. Sedangkan warna keseluruhan bisa dikatakan kuning keperakan. Karena ikan hampala juga bisa hidup hingga 7 kilogram, sepertinya Anda juga membutuhkan teknik memancing sendiri. Memancing ikan besar di air dengan ukuran yang sangat besar bukanlah hal yang mudah jika tidak menguasai teknik sama sekali.

Untuk umpan pancing hollow, ikan ini lebih menyukai umpan hidup, karena akan lebih tertarik untuk mengejarnya, dan langsung memakannya tanpa menyangka itu adalah umpan. Ikan kecil adalah salah satu umpan pancing yang paling efektif dan direkomendasikan.

Selain menggunakan umpan tiruan yang dipadukan dengan teknik casting, kamu juga bisa memancing dengan pemberat dan menggunakan umpan hidup. Sebelum menggunakan umpan hidup untuk hampala, pahami dulu makanan alami ikan jenis ini. 

Bagaimana Teknik Jitu Membuat Umpan Ikan Hampala?

Beberapa umpan langsung yang dapat Anda gunakan sebagai referensi tercantum di bawah ini. Cobalah untuk benar-benar melihat potensi memancing. Jika menggunakan umpan hidup, semoga tidak dimakan terlebih dahulu oleh ikan lain seperti tawes, bader sirip merah, dan kocolan (gabus).

  • Ukuran standar udang hidup (bukan udang konsumsi)
  • Ikan kecil (seluang, uceng, mujair dan mujair, potongan daging ikan)
  • Daun (biasanya singkong atau rumput gajah)
  • Pancing (dipasang secara efektif pada arus sedang)
  • Anak katak (katak).

Secara umum, umpan tiruan berupa udang atau udang hidup juga efektif. Tetap hanya untuk mendapatkan kembali dan tempat potensial di daerah Anda yang menentukan. Gunakan umpan apapun, sebaik apapun tempat penangkapan ikan, jika tempat memancing tersebut dieksploitasi anda tidak akan mendapatkan ikan apapun. 

Ikan vakum biasanya disebut palung, penyeberang, habitatnya seperti danau, waduk, sungai deras, tetapi tidak dalam. Lokasi dengan banyak bukit pasir menjadi favorit. Berikut beberapa campuran umpan yang paling efektif untuk memancing:

Umpan Ikan Hampala di Danau

Ikan hampala bisa ditemukan di perairan manapun, tentunya juga berdampingan dengan yang lain. Meski begitu, hewan air jenis ini juga bisa ditemukan di danau. Dengan perpaduan umpan yang berbeda dari tempat lain. Di perairan danau jenis hampala lebih menyukai umpan seperti cacing, ikan kecil, udang segar. Cara membuatnya cukup dengan mengaitkan bahan ke kail, menyesuaikan ukurannya. Lalu siap pakai mancing.

Umpan Ikan Hampala di Sungai

Bahan:

  • Gunakan kulit ayam segar
  • Ikan kecil
  • Anak katak (precil)
  • Udang sungai (pastikan segar)

Bagaimana Membuat:

  • Cuci semua bahan sampai bersih
  • Jika demikian, pasang setiap bahan ke pengait
  • Umpan pancing siap pakai untuk ikan hampala
  • Selain menggunakan life bait yang telah disebutkan di atas, memancing ikan hampala juga bisa menggunakan umpan buatan. 

Bagaimana Teknik yang Bisa dengan Metode Pengecoran?

Sendok

Umpan tiruan jenis ini sangat cocok untuk teknik pengecoran. Apalagi ikan pada siang hari dalam keadaan kosong dan di air jernih. Sinar matahari yang masuk ke dalam air dipantulkan oleh sendok dan kilaunya merangsang sendok untuk mendekat dan kemudian memakannya. Tak hanya itu, umpan sendok buatan ini sangat cocok untuk semua ukuran ikan hampala. Keduanya masih anak ayam dan induk babon. Anda bisa menemukannya di toko alat pancing terdekat.

WTD

Selain sendok, umpan buatan selanjutnya adalah WTD (ajak anjing jalan-jalan). Jenis ini termasuk dalam jenis air atas, cara kerjanya adalah dengan bergerak di atas permukaan air. Oleh karena itu ikan akan dapat melihat dengan jelas. Umpan WTD tergolong unik, karena bisa bergerak ke kiri dan ke kanan di atas permukaan air. Mengapa demikian akan membuat ikan penasaran secepatnya untuk memakannya bila umpan sudah tepat di atasnya. Biasanya jenis ini memiliki panjang sekitar 5 cm hingga 9 cm.

Popper Mini

Pemancing yang sudah berpengalaman tentunya sudah tidak asing lagi dengan umpan buatan yang satu ini. Biasanya dikhususkan untuk ikan hampala besar atau babun. Tipe mini popper sangat cocok agar target terkecoh dengan memiliki suara yang berisik. Selain memiliki suara yang bising, mini popper juga sangat cocok untuk teknik casting pancing. Apalagi kalau airnya keruh, warnanya agak kecokelatan. Pemancing jenis ini biasanya menggunakan umpan berukuran panjang sekitar 5 cm hingga 9 cm.

Perenang

Bentuk tiruan ini seakan-akan mirip dengan WTD (walk the dog) yang berada di permukaan air. Dengan begitu, umpan akan mudah terlihat oleh ikan dan langsung disambar. Terkadang, aksi perenang tersebut hampir menyerupai ikan kecil. Lokasi yang tepat untuk memancing menggunakan perenang jenis ini adalah perairan dengan arus yang deras. Umpan yang menyerupai ikan kecil yang sedang berenang akan mudah terperangkap oleh rasa lapar. Ukurannya hampir sama dengan lainnya 5 cm hingga 9 cm.

Beberapa Spot dan Waktu yang Tepat untuk Memancing Hampala

Selain mengetahui jenis umpannya, Anda juga perlu mengetahui tempat yang cocok untuk memancing ikan hampala. Biasanya banyak dijumpai di tepian sungai. Apalagi arusnya yang deras, hewan yang satu ini sangat menyukai spot ini. Selain itu, ikan hampala juga dapat ditemukan dalam pertempuran yang merupakan titik pertemuan dua sungai yang menjadi satu. Sebab, di tempat ini ada arus yang lambat sekaligus deras. Sehingga Anda akan menemukan banyak jenis hewan di tempat tersebut.

Sebenarnya waktu memancing bisa kapan saja dan dalam kondisi apapun. Namun untuk jenis hampala sebaiknya saat musim panas tiba. Kemudian saat pagi tiba sebelum matahari terbit, maka sore hari menuju malam. Usahakan saat memancing hampala, hindari saat matahari sedang tinggi dan terik. 

Baca Juga : Umpan Ikan Baung Paling Jitu

Hal ini dikarenakan kondisi air saat itu sangat panas sehingga menyebabkan ikan bersembunyi di dasar perairan dan tidak muncul. Hal ini membuat umpan menjadi tidak maksimal. Itu tadi beberapa racikan umpan ikan hampala. Banyak sekali cara yang bisa Anda coba untuk langsung praktikkan. Selain itu bahan-bahannya juga sangat mudah didapat. Demikianlah Artikel tentang teknik jitu membuat umpan ikan hampala semoga bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel