Alat Musik Bonang Berasal dari Daerah Mana? dan Berikut Penjelasannya!

Alat Musik Bonang Berasal dari Daerah Mana? Bagaimana Cara Memainkannya? dan Berikut Penjelasannya! - Halo sahabat, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang alat Musik Bonang. Pasti sahabat yang berasal dari daerah Jawa pasti ada yang sudah pernah memukul alat musik yang satu ini. Bahkan diantara kalian sudah cukup familiar karena alat musik ini terdapat di berbagai sanggar seni.

Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang
Sumber Gambar: Wikipedia.org

Nah, berikut ini kami akan mencoba untuk mengulas alat musik Bonang ini, agar sahabat semua bisa lebih mengenalnya dan mengetahui keunikan dari alat musik tradisional yang satu ini. Di negara Indonesia Bonang ini lebih banyak dijumpai dalam perlengkapan alat musik pengiring kegiatan wayang, ludruk atau kesedian tradisional kejawen. Maka tidak heran kalau Bonang digunakan dalam Jawa Gamelan dan Bonang ini terdiri dari sekumpulan gong-gong kecil dan biasa disebut dengan Ceret atau Periuk.

Bonang ini tersusun secara horizontal diatas tali yang di ikat di sebuah bingkai kayu (rancak) dengan lebar satu hingga dua baris.

Asal Daerah Alat Musik Bonang

Alat musik Bonang berasal dari daerah Jawa Timur dan cara memainkan alat musik ini yaitu dengan dipukul menggunakan alat bantu pukulan seperti kayu. Nantinya ketika di pukul pada bagian benjolan atasnya akan menghasilkan bunyi yang nyaring, bunyi ini disebut dengan bunyi ideofon. 

Agar nada yang dihasilkan bisa seirama maka ada penyetelan ceret terlebih dulu yaitu pada bagian nada rendah yang memiliki kepala yang rata, sedangkan untuk ceret yang kepalanya agak melengkung itu bernada tinggi. Masih-masing ceret akan di atur agar bisa menghasilkan irama yang di harapkan.

Bahan Baku Bonang

Adapun untuk bahan utama dari Bonang ini yaitu terbuat dari Perunggu atau Kuningan yang di tempa, kemudian di las dengan kombinasi Besi bisa juga di padukan dengan Logam. 

Baca Juga : Alat Musik Kacapi Berasal dari Daerah Mana? dan Berikut Penjelasannya!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang asal daerah dari Alat Musik Bonang dan keunikan dari Alat Musik Bonang. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di ulasan Alat Musik Tradisional yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel