Alat Musik Kacapi Berasal dari Provinsi Mana? dan berikut Penjelasannya

Alat Musik Kacapi Berasal dari daerah Provinsi Mana? dan berikut Penjelasannya - Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang alat musik yang satu ini untuk itu silahkan sahabat simak dengan baik ya'. Kacapi merupakan salah satu alat musik dari Suku Sunda, adapun untuk cara memainkannya dengan dipetik menggunakan jari. Biasanya alat musik ini dimainkan sebagai alat musik utama dalam sebuah lagu Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling.

Kacapi Sunda

Kacapi Sunda

Di negara Indonesia di setiap daerahnya juga mempunyai alat musik kacapi, baik itu di wilayah Sulawesi, Sumatera maupun di Kalimantan. Tetapi setiap kecapi yang ada terkadang mempunyai sebutan tersendiri bahkan dalam penggunaanya juga kadang berbeda dari seni musik di daerah yang lainnya. Sedangkan untuk di daerah Jawa Barat Kacapi ini disebut juga dengan Kacapi Perahu dikarenakan bentuknya itu mirip dengan perahu.

Rincian unsur Nada Kacapi Parahu

Dalam bahasa Sunda kata kacapi ini merujuk kepada tanaman sentul, yang mana tanaman tersebut dipercaya kayunya dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat alat musik kacapi itu sendiri. 

Alat musik Kacapi parahu Sunda mempunyai ciri khas tersendiri yaitu suatu kotak resonansi yang pada bagian bawahnya itu diberi lubang resonansi dengan tujuan untuk memungkinkan suara keluar. Sedangkan pada bagian sisi-sisi untuk jenis kacapi ini sengaja dibentuk sedemikian rupa sehingga bentunya menyerupai perahu. Apalagi pada jaman dulu, dalam pembuatan kacapi ini dibuat secara langsung dari bongkahan kayu Sentul dengan langsung memahatnya.

Sedangkan untuk kacapi siter ini merupakan kotak resonansi dengan bidangnya yang rata-rata sejajar. Bentuknya juga mirip dengan kacapi parahu, adapun untuk bagian lubangnya ditempatkan pada bagian bawah. Sedangkan sisi bagian atas dan bawahnya itu lebih membentuk seperti trapesium.

Nah, untuk kedua jenis alat musik kacapi ini, tiap dawainya sengaja diikatkan pada suatu sekrup dengan ukuran kecil pada sisi kanan atas kotak. Karena nantinya mereka dapat ditala dalam berbagai sistem seperti: salendro, pelog, atau sorog/madenda.

Adapun untuk saat ini, kotak resonansi dari alat musik kacapi ini dibuat dengan cara mengelem pada bagian sisi-sisi enam bidang kayu.

Fungsi Kacapi

Alat Musik Kacapi Sunda
Sumber Gambar : wikimedia.org

Adapun menurut fungsinya dalam mengiringi sebuah alunan musik, kacapi ini dimainkan sebagai: Kacapi indung atau kacapi induk

Kacapi Indung

Nah adapun untuk kacapi indung ini berperan sebagai pemimpin musik dengan cara memberikan sebuah intro, interlude dan bridges, juga dapat menentukan tempo. Nah, untuk tujuan ini maka digunakanlah sebuah kacapi besar dengan dawaninya sebanyak 18 atau 20 dawai.

Kacapi rincik

Kacapi rincik atau kacapi kecil ini akan memperkaya iringan musik dengan cara yaitu mengisi ruang antar nada yang ada dengan frekuensi-frekuensi yang cukup tinggi, seperti halnya pada lagu khusus yang bermetrum tetap seperti dalam musik kacapi suling atau Sekar Panambih. Nah untuk tujuan ini maka biasanya digunakan sebuah alat musik kacapi yang ukurannya lebih kecil dengan dawainya yang jumlahnya itu sampai 15 dawai.

Baca Juga : Asal Daerah Alat Musik Gendang dan Berikut Penjelasannya!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Alat musik Kacapi Sunda yang dapat kami sajikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu sahabat semua dalam mencari informasi seputar alat musik Kacapi Sunda. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada ulasan alat musik daerah yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Poster ini Gratis!