Alat Musik Gendang Berasal dari Daerah Mana? dan Sumber Bunyinya dari Mana?

Alat musik gendang berasal dari daerah Provinsi mana? dan sumber bunyinya itu dari mana? berikut adalah penjelasan dan juga jawabannya. Sahabat pasti sudah ada yang pernah menabuh Gendang? Jadi, Gendang ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan atau alat pukul yang terbuat dari bahan kayu sedangkan untuk permukaan kulit Gendang itu sendiri disebut dengan selaput (membran) yang berasal dari kulit binatang.

Asal Daerah Alat Musik Gendang

Asal Daerah Alat Musik Gendang

Jenis-jenis Gendang : 

  • Kendang sedang itu disebut kendang "ciblon/kebar".
  • Kendang yang kecil itu disebut "ketipung"
  • Adapun untuk pasangan dari ketipung ada satu lagi yang bernama "kendang gedhe" biasa disebut juga dengan "kendang kalih".
  • "Kendang kalih" biasa alat musik ini dimainkan pada sebuah lagu atau gendhing yang memiliki suatu berkarakter halus seperti gendhing ketawang, kethuk kalih dan ladrang irama dadi.
  • Bisa juga Gendang ini dimainkan dengan tempo yang cepat pada suatu pembukaan sebuah lagu jenis lancaran, ladrang irama tanggung. Adapun untuk jenis wayangan ada satu lagi kendang yang khas yaitu disebut dengan "kendhang kosek".

Nama-nama Alat Musik Gendang dan asal daerahnya : 

  1. Gendang Panjang, berasal dari daerah Kepulauan Riau
  2. Gendang Oku, berasal dari daerah Sumatera Selatan
  3. Kendang atau gendang, itu berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat
  4. Gendang Melayu, berasal dari daerah Sumatera Utara, Riau

Sumber bunyi gendang itu berasal dari getaran kulit (membran) yang dipukul oleh tangan atau alat pemukul yang nantinya akan bisa mengeluarkan bunyi suara (Membranofon).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel