15 Kebiasaan Orang Sunda Asli Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui

Kebiasaan Orang Sunda Asli Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui - Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan budaya dan suku yang sangat beragam. Dengan adanya keberagaman budaya di Indonesia, menjadikan hal tersebut mempunyai adanya sebuah perbedaan serta kebiasaan untuk setiap sukunya.

Hal ini juga tidak terkecuali bagi suku Sunda. Dimana Suku Sunda merupakan salah satu suku di Negara Indonesia ini tentu memiliki sebuah kebiasaan yang berbeda dari suku yang lainnya. Kebiasaan orang Sunda yang khas inilah menjadi pembeda dengan orang dari suku lain di Indonesia.

Kebiasaan Orang Sunda

Kebiasaan Orang Sunda

Nah, tanpa banyak basa-basi lagi, kami akan membawamu untuk mengetahui kebiasaan suku Sunda dan melakukan tes kebiasaan orang Sunda asli di Indonesia yang biasa kamu temukan dari perilaku orang Sunda di daerahmu. Kalau ulasan ini benar seperti kebiasaan orang sunda menurut pendapatmu maka hal ini adalah sebuah kebenaran. Berikut ulasannya!

Daftar Kebiasaan Orang Sunda Asli:

1. Memangkas Huruf D dan B

Ulasan yang pertama yaitu kebiasaan orang Sunda itu adalah suka memangkas pelafalan huruf B dan D. Namun, pada kebiasaan ini hanya saja berlaku dalam beberapa percakapan saja, di karenakan kedua huruf tersebut bagi orang Sunda tidak akan dibaca saat dilafalkan.

Jadi, di saat kamu sedang bercengkrama dengan orang Sunda, maka akan mendengar orang Sunda akan menyebut beberapa kata seperti nama kota Bandung menjadi Banung, Sandal menjadi Sanal, Lembang menjadi Lemang. Hal ini tentunya akan mudah kamu temukan dari orang Sunda, kalau mau membuktikan silahkan saja pergi ke Jawa Barat.

Namun kata-kata tersebut biasanya hanya akan dipangkas jika percakapannya itu menggunakan bahasa Sunda. Jika kamu adalah orang Sunda, tentu kamu sudah paham dengan aturan memangkas huruf B dan D ini apalagi hal ini sudah menjadi kebiasaan orang Sunda.

2. Penambahan Kata Imbuhan

Tidak hanya memangkas huruf B dan D saja, bahkan dalam percakapan bahasa Sunda sehari-hari, bahkan ada kebiasaan orang Sunda lainnya adalah biasanya akan menambahkan kata imbuhan seperti mah, teh, atuh, euy, dalam pengucapan kata.

Karena hal yang satu ini sudah menjadi ciri khas dan termasuk ke identikan dari orang Sunda. Sulit sekali rasanya dalam kehidupan sehari-hari untuk menemukan orang Sunda yang mana mereka tidak menambahkan kata imbuhan saat berbicara dengan orang lain.

3. Logat Berbicara yang Khas

Negara Indonesia mempunyai banyak sekali suku dan bahasa. Tidak heran jika setiap suku di negara ini mempunyai logat bahasa yang khas saat berbicara. Hal tersebut pula berlaku bagi orang suku Sunda. Maka jangan heran kalau orang Sunda juga mempunyai logat yang berbeda.

Pasalnya, tidak hanya satu dua orang yang menggangap bahwa logat bicaranya orang Sunda itu yang khas. Bahkan kamu pun akan dapat mengenali seseorang itu jika orang tersebut adalah orang Sunda walaupun orang tersebut berbicara dengan bahasa Indonesia.

Hal lainnya yang tentunya wajib diketahui adalah setiap daerah bahkan kampung pun memiliki logat yang berbeda. Kamu juga akan mendapati perbedaan dari orang Tasikmalaya dalam segi berbicara bahasa sunda dengan orang Cirebon bahkan orang Sumedang dan Garut.

4. Adat Makan Bersama

Kebiasaan dari orang Sunda yang berikutnya adalah tradisi makan bersamanya. Namun, bukan sekadar hanya makan bersamanya saja. Karena orang Sunda itu akan makan bersama-sama, sambil lesehan dan nasinya itu biasanya dengan menggunakan alas daun pisang.

Kebiasaan orang Sunda yang stau ini bisa disebut dengan botram. Sebenarnya, kegiatan yang satu ini memiliki nama yang berbeda-beda saat momennya juga berbeda. Ada juga yang menamakannnya bancakan jika hal tersebut dilakukan sebagai bagian acara selametan.

Tidak hanya itu saja louh, ada juga sebutan papahare atau papadangan. Yang membedakannya yaitu adalah kebiasaan orang Sunda ini mewajibkan setiap orang itu membawa makanannya masing-masing dan nantinya akan di makan bersama di rumah yang ditunjuk sebagai lokasi acaranya.

5. Pandai Membuat Akronim Makanan

Jika kita itu berbicara soal kuliner, maka tanah Sunda adalah termasuk salah satu yang mempunyai banyak sekali ragam kuliner yang bisa dinikmati. Namun, salah satu dari kebiasaan orang Sunda itu adalah yang sulit ditemukan di daerah lainnya adalah membuat akronim.

Maksudnya adalah orang Sunda itu memiliki kebiasaan bisa membuat akronim untuk makanan yang mereka buat sendiri. Sudah tidak terhitung ada berapa banyak makanan yang nama akronimnya sudah terkenal dan menjadi makanan andalan hingga ke luar daerah Jawa Barat.

Sebut saja  itu batagor (baso tahu goreng), cilok (aci dicolok), combro (oncom dijero), dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ada beberapa makanan tersebut yang mampu membuat banyak orang merasa penasaran untuk dapat mencicipinya.

7. Mendukung Persib Bandung

Adapun untuk kebiasaan dari orang Sunda kali adalah mendukung Persib Bandung. Hal ini mungkin cukup debatable. Walaupun demikian, hal tersebut tentunya tidak afdal rasanya jika tidak dimasukkan ke dalam tes ‘Urang Sunda Asli’.

Meskipun, untuk setiap tiap daerah itu memiliki tim sepak bolanya masing-masing, orang Sunda tetap akan menjadikan Tim Persib sebagai tim yang mereka dukung sepenuh hati. Tidak heran jika orang sunda pun rela untuk memberikan dukungan langsung ke Bandung.

Karena kebiasaan inilah yang seringkali melekat pada orang Suku Sunda. Di manapun mereka itu berada, sebagian besar mereka akan tetap terus memberikan dukungan mereka, sesibuk apapun mereka dengan kegiatan atau pekerjaan yang mereka jalani

8. Murah Senyum dan Terkenal Ramah

Kebiasaan dari orang Sunda lainnya adalah mereka itu murah senyum, humoris, dan terkenal dengan keramahannya. Banyak sekali orang mengindetifikasi orang Sunda itu dikenal sebagai orang yang suka sekali ngabodor atau melucu dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya dari segi perkataan yang mereka ucapkan, bahkan sampai tingkah laku orang Sunda pun kerap kali suka mengundang gelak tawa. Bahkan, untuk jokes orang Sunda bisa dibilang mereka ini memiliki ciri khas yang tentunya berbeda dari daerah lain.

Selain itu, orang Sunda itu kerap kali terkenal dengan keramahannya. Orang Sunda itu tidak sungkan untuk sekadar melayangkan sebuah senyuman pada pada orang baru yang belum dikenali alias someah.

9. Menjunjung Adat Istiadat

Kita tahu bersama bahwa Provinsi Jawa Barat tersebut salah satu daerah dengan banyak sekali Kabupaten di dalamnya. Maka dari itu membuat banyak sekali budaya dan adat istiadat yang berasal dari berbagai daerah yang ada di provinsi ini.

Nah, salah satu kebiasaan dari orang Sunda berikutnya adalah mereka menjunjung tinggi adat istiadatnya. Hal ini sebenarnya adalah kewajiban, dan tentu hal yang wajib dilakukan bagi setiap orang di daerah masing-masing.

Hal tersebut dilakukan demi lestarinya budaya Lokal yang kini harus berhadapan dengan kemajuan teknologi dan jaman. Dengan kebiasaan ini, nantinya diharapkan tidak hanya budaya Sunda saja yang tetap bisa lestari tetapi juga budaya lainnya yang ada di Indonesia.

10. Tidak Bisa Membedakan F dan P

Kebiasaan dari orang Sunda keberikutnya yang mungkin hanya sebagai anekdot saja. Pasalnya hal ini adalah kebiasaan yang mungkin sudah jadi stereotip di mana orang Sunda itu tidak membedakan huruf F atau V dengan huruf P.

Nah, hal ini nyatanya bisa dijelaskan secara ilmiah ya, mengapa orang Sunda itu sulit sekali membedakan huruf F atau V. Penjelasan ini sendiri masih berkaitan dengan aksara Sunda yang mana menjadi dasar penjelasannya.

Dalam ketentuan aksara Sunda, huruf F atau V sendiri tidak ada pada kosakata bahasa Sunda ya. Walaupun akhirnya itu ada bentuk serapannya, namun hal tersebut tetap tidak mengubah bunyinya dan tentu hanya berbeda pada penulisannya saja.

11. Tradisi Sunatan Sisingaan

Kebiasaan dari orang Sunda selanjutnya adalah ketika ada anaknya yang di Khitan maka akan mendapatkan iring-iringan sisingaan saat sunatan. Tradisi seperti ini termasuk salah satu tradisi yang mana sudah menjadi turun temurun dilakukan oleh masyarakat suku Sunda bahkan hingga saat ini.

Upacara khitanan seperti ini sendiri termasuk salah hal yang wajib untuk dilakukan oleh seorang muslim. Nah, beberapa daerah di Jawa Barat memiliki tradisi unik dan berbeda dari daerah lainnya.

Selain nantinya yang di khitan akan diiring keliling desa, bahkan kebanyakan orang Sunda pun akan disunat saat mereka beranjak usia hendak balight  atau saat usia mereka masih sangat muda. Bahkan ada beberapa anak di antaranya sudah disunat atau di khitan saat usia mereka belum menginjak satu tahun.

12. Orang Sunda Suka Hidup Santai

Nah yang menariknya lagi yaitu kebiasaanya, tentu hal ini berbeda dengan orang Jawa yang mana terlihat lebih serius dan pekerja keras, sedangkan orang sunda justru ingin terlihat hidup nyantai ya walaupun cenderung malas tapi tetap mereka kreatif dan banyak akalnya. Contohnya saja bisa kamu lihat pada kepribadian dari si kabayan yang sudah melegenda di Indonesia. Meski hidupnya itu suka nyantai, orang Sunda juga tetap punya etos kerja yang tinggi loh, lihat saja pada faktanya banyak sekali pengusaha dan orang-orang sunda yang saat ini telah sukses dibidangnya masing-masing.

13. Orang Sunda itu Memiliki Inovasi dan Kreativitas yang Tinggi

Jika kita berbicara mengenai orang sunda, tentu masih berkaitan pula dengan kota Bandung. Siapa sih orang yang tidak mengenal kota Bandung? Sudah pasti ya, hampir seluruh masyarakat Indonesia itu mengenalnya. Terlebih lagi dengan berbagai macam inovasi dan juga kreativitas yang sangat tinggi.

Di kota Bandung itu terdapat berbagai macam fasilitas yang mewah maupun kebutuhan umum yang sangat unik. Terlebih lagi dengan geraknya para pemuda si urang sunda yang selalu bersemangat mengubah kota Bandung lebih cantik dan menawan. Dengan begitu, sudah jelas bahwa urang sunda sangat kreatif kan!

14. Orang Sunda Sering Menambah ucapan “teh” dan “mah” pada setiap kalimat''

Jika Kamu sering menonton film di televisi mengenai kehidupan orang Sunda atau si kabayan, pasti kalian akan paham betuh dengan istilah “ajaib” yang selalu mereka tambahkan dalam setiap kata atau kalimat yang mereka katakan, seperti kata “teh” dan “mah”. Meskipun hal ini hanya menambahkan dua kata saja dalam setiap kalimatnya, namun hal ini sudah cukup menjadikan ciri khas dari kebiasaan mereka. Seperti, “Saya teh asli Jawa Barat Urang Sunda, Orang tua saya juga mah asli sono”.

15. Orang Sunda Orangnya Ramah dan Terbuka

Hal yang bikin banyak orang merasa nyaman adalah jika bertemu dengan orang Sunda maka mereka itu orangnya welcome dan mudah akrab. Karena sudah menjadi kebiasaan mereka dalam kehidupan selalu bergaul dengan siapa saja walaupun orang yang baru bertemu pertama kalinya. Oleh karena itu saya sering menjumpai penjual keliling orang asli sunda suka ramah-ramah dan mudah diajak berkomunikasi.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan 15 Kebiasaan Orang Sunda Asli Jawa Barat yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kita tentang kebiasaan dari orang Suku Sunda. Terimakasih sudah membaca ulasan ini, semoga kita selalu menjadi saudara setanah air selamanya. Sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel