Yuk Cari Tahu Keuntungan dan Manfaat Menabung di Bank Syariah!

Keuntungan dan Manfaat Menabung di Bank Syariah - Apakah Anda sudah memiliki tabungan? Jika belum, ada baiknya mulai menabung sekarang. Menabung memiliki banyak manfaat positif bagi kehidupan yang dapat membantu Anda jika Anda memiliki kebutuhan yang tiba-tiba. Lantas, apa yang dimaksud dengan menabung? Pengertian menabung adalah menyisihkan sebagian uang atau kekayaan yang dimiliki untuk disimpan. Uang jaminan inilah yang dimaksud dengan uang jaga jika suatu saat kita membutuhkan uang secara tiba-tiba.

Manfaat Menabung di Bank Syariah

Manfaat Menabung di Bank Syariah

Tabungan sendiri memiliki dua arti sesuai dengan penggunaannya untuk istilah pertama yang digunakan untuk menggambarkan tempat menyimpan uang untuk anak. Sedangkan secara umum kata menabung sendiri lebih sering diartikan sebagai uang yang kita simpan. Ada baiknya jika kita ingin menabung, simpan uang kita di bank terpercaya. Tabungan syariah merupakan salah satu wadah bagi bank yang telah memberikan simpanan terbaik tanpa ada bunga tambahan yang bisa kita dapatkan. 

Dengan menabung di bank syariah, tentunya kita akan semakin jauh dari yang namanya riba. Dengan menggunakan bank syariah sebagai tabungan terbaik kita tentunya akan memberikan keuntungan seperti terhindar dari hutang. Bagaimana kita bisa mendapatkan uang tiba-tiba ketika kita tiba-tiba membutuhkannya, misalnya ada sesuatu yang sangat penting yang membutuhkan banyak uang, seperti biaya pengobatan ke rumah sakit, biaya sekolah dan masih banyak lagi. 

Mungkin cara terbaik adalah berutang, oleh karena itu menabung dapat menghindarkan kita dari banyak hutang. Salah satu hal yang benar adalah menabung di bank syariah yang telah memberikan berbagai arti untuk menabung menurut hukum Islam. Dengan menabung juga akan memberikan keuntungan seperti investasi jangka panjang. yang digunakan untuk aktivitas yang menganggarkan uang kita untuk keuntungan masa depan.

Oleh karena itu, tabungan syariah adalah tempat yang cocok. Bank Syariah Bukopin merupakan salah satu bank yang telah memberikan banyak manfaat bagi kita semua, termasuk anda jika ingin berhemat.  Salah satu penyebab mengapa tabungan ini belum cukup populer di mata masyarakat adalah karena banyak orang yang beranggapan bahwa tabungan ini hanya untuk pemenuhan ibadah. Cukup banyak yang belum mengetahui keunggulan tabungan syariah dibandingkan tabungan konvensional.

Supaya Anda lebih mengenal tabungan syariah, ada beberapa keunggulan tabungan syariah yang perlu Anda ketahui:

1. Bebas biaya administrasi

Pada tabungan konvensional fasilitas biaya administrasi gratis hanya berlaku untuk produk tabungan tertentu dengan persyaratan khusus untuk dapat menikmati fasilitas tersebut. Salah satunya adalah saldo minimal tabungan Anda.

Kontrak tabungan syariah tidak menerapkan ini. Fasilitas administrasi bebas biaya disediakan untuk semua pelanggan. Tidak hanya mereka yang memiliki jumlah tabungan 'tebal' yang bisa menabung tanpa potongan. Dalam tabungan syariah, produk tabungan dibuat berdasarkan akad deposito atau deposito, bukan untuk mendapatkan bunga.

2. Ada produk khusus yang tidak tersedia di bank konvensional

Bank konvensional biasanya tidak memiliki tabungan haji, tabungan kurban atau tabungan wakaf. Mengapa demikian? Sebab dalam aturan syariah, regulasi mengenai produk tersebut haruslah disediakan oleh bank syariah, bukan bank konvensional.

3. Sistem bagi hasil non-bunga

Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil, bukan bunga. Dengan sistem ini, perhitungan bagi hasil yang akan diperoleh nasabah ditentukan oleh pendapatan bank. Sedangkan dalam sistem bunga biasanya ditentukan berdasarkan kebutuhan dana bank.

4. Kontrak tersebut sesuai dengan hukum Islam

Poin terpenting dari keuntungan menabung di bank syariah adalah akad yang digunakan. Kontrak ini juga menjadi pembeda antara tabungan konvensional dan syariah. Kontrak yang digunakan cukup beragam. Anda dapat memilih kontrak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel