Link Download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M

Link Download Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M - Halo sobat, berikut adalah jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan terbaru untuk panduan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa di tahun ini. Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 Hijriyah / 2021 Masehi untuk pedoman mulai berpuasa dan waktu berbuka puasa yang dapat di unuh secara gratis.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M

Di tahun ini untuk awal puasa Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021, sebagaimana yang telah rilis Pimpinan Pusat Muhammadiyah di situs resminya. Kemungkinan besar pihak pemerintah juga menetapkan awal puasa tahun ini akan jatuh pada tanggal tersebut.

Sebelumnya, dan sebelum Ramadan tahun lalu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memprediksi, awal puasa Ramadhan di Negara Indonesia akan serempak di hari yang sama hingga tahun 2021. Jadi, tidak akan ada perbedaan antara ormas Islam.

Ya walauapaun tahun ini umat Islam akan menjalani bulan Puasa Ramadhan masih dalam suasana Pandemi Virus Corona (Covid-19). Namun, untuk shalat tarawih kemungkinan sudah bisa dilaksanakan di masjid, Mushola dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jadwal Imsak atau Jadwal Puasa Ramadhan yang hendak kalian cari merupakan panduan bagi kaum muslim untuk mulai berpuasa dan waktu berbuka puasa khususnya untuk Negara Indonesia.

Saat berada di bulan Ramadhan mulai berpuasa dikenal dengan istilah imsak, yaitu mulainya waktu menahan diri untuk tidak makan, minum, dan melakukan hal lain yang bisa membatalkan puasa. 

Di Negara Indonesia, waktu imsak biasanya itu 10 menit sebelum masuk waktu Shalat Subuh, namun waktu imsak di setiap wilayah tentu berbeda-beda..

Saat hendak berbuka puasa dikenal dengan sebutan ta'jil atau takjil, yakni waktu yang bertepatan dengan masuknya waktu Shalat Maghrib biasanya di sekitar jam 18.00.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M

Berikut dibawah ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M untuk Kota Tabalong dan sekitarnya. Dikutip dari website atau laman Binmas Islam Kementerian Agama RI.

Jadwal Puasa Kota-Kota Lain di Indonesia

Adapun untuk jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M untuk kota atau wilayah lainnya yang ada di Indonesia bisa dilihat di laman Bimas Islam Kemenag RI. Di situs tersebut kalian bisa memilih kota dan mendownload jadwalnya dalam bentuk file excel untuk dimodifikasi atau diprint. 

1. Buka laman Bimas Islam pada link ini : Laman BIMAS.

2. Pilih Provinsi dan Kota/Kabupaten

3. Klik icon Cari untuk Proses Data

4. Klik icon Download untuk mengunduh file Excel

Tampilannya :

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H

Sekilas tentang Puasa Ramadhan

Puasa, dalam bahasa Arabnya yaitu "shiyam" atau "shaum", jadi secara literal bermakna menahan. Secara istilah, puasa ini dimaknai sebagai kegiatan menahan diri sejak terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari dari segala sesuatu yang dapat membatalkan dengan niat karena Allah.

Puasa adalah rukun islam yang ke tiga, dimana ibadah yang kedudukannya istimewa. Diriwayatkan dalam hadis qudsi, Allah berfirman: 

"Setiap amalan anak Adam itu bagi dirinya sendiri, kecuali puasa. Karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan ganjaran”.

Puasa memiliki beberapa manfaat: 

1. Belajar menaklukkan syahwat

Diriwayatkan, Rasulullah Saw menganjurkan para pemuda untuk menikah. Jika belum mampu, maka pemuda diminta untuk berpuasa, karena puasa akan menekan syahwat.

2. Menghapus kesalahan atau dosa

Nabi Muhammad Saw bersabda: 

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

3. Meningkatkan kepekaan sosial

Dengan berpuasa maka kita merasakan beratnya tidak makan dan minum, bagi seorang muslim dalam hal ini akan mampu merasakan penderitaan orang lain yang lebih tidak beruntung darinya, seperti merasakan lapar dan haus sepanjang hari. Ia akan lebih banyak bersyukur atas keadaannya saat ini.

Pada bulan Ramadan, Nabi Muhammad Saw memberi contoh kepada kaum muslim untuk lebih banyak bersedekah atau berbagi (sharing) rezeki.

"Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril." (H.R Bukhari).

Doa Buka Puasa

Doa Buka Puasa 1

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Doa Buka Puasa 2

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

"Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah." (HR Abu Daud)

Demikian ulasan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1442 H / 2021 M. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan di tahun ini, semoga kita semua bisa sukses berpuasa dari hari pertama sampai akhir Ramadhan terkhusus bagi kaum Muslim. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel