Alat Musik Sasando Berasal dari Daera Mana? dan Berikut Penjelasannya!

Alat Musik Sasando Berasal dari Daera Mana? dan Berikut Penjelasannya! - Halo sahabat Mediasiana, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk mengulas tentang Alat Musik Sasando yang sudah melegenda di tanah air Indonesia. Pastinya diantara kalian ada yang suka memainkan alat musik yang satu ini. Sasando adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Alat Musik Sasando

Alat Musik Sasando

Sasando ini adalah alat musik yang berdawai, bahkan alat musik ini tanpa mempunyai cord. Cara memainkannya yaitu dengan dipetik menggunakan jari jemari. Alat musik yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan jenis alat musik tradisional seperti Harpa atau Kecapi, namun alat musik yang satu ini memiliki bentuk dan suara yang sangat khas. Apalagi Sasando sudah menjadi alat musik yang sangat terkenal, bahkan tidak hanya di Negara Indonesia saja, namun juga sudah sampai luar negeri louh.

Sejarah Alat Musik Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional yang asalnya itu dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Walaupun ada beberapa versi cerita yang beredar di masyarakat yang mengisahkan tentang awal mula alat musik Sasando ini. Bahkan salah satu cerita yang banyak berkembang di masyarakat adalah tentang kisah Sangguana yang pernah terdampar di Pulau Ndana dan dirinya jatuh cinta dengan seorang putri Raja. Mengetahui Sangguana telah jatuh cinta kepada putrinya, maka sang Raja pun memberikan sebuah syarat untuk menerima Sangguana. Lantas, Sangguana diminta oleh sang Raja untuk membuat sebuah alat musik yang berbeda dengan jenis alat musik yang lainnya.

Pada suatu ketika, Sangguana ini pun bermimpi. Dalam mimpi yang di alami oleh Sangguana tersebut dia sedang memainkan alat musik yang unik dan berbentuk indah serta memiliki suara yang begitu merdu. Dari situlah Sangguana kemudian membuat sebuah alat musik yang sesuai dengan mimpinya tersebut yang disebut dengan Sasando dan diberikanlah kepada sang Raja. Raja pun terkagum-kagum dengan alat musik yang dibuat oleh Sangguana itu, dengan begitu kemudian sang Raja menikahkan putrinya dengan Sangguana.

Adapun secara harfiahnya nama Sasando ini berasal dari bahasa Rote, yakni “Sasandu” yang artinya “bergetar atau berbunyi”. Jadi, Sasando ini selain sering dimainkan untuk mengiringi sebuah nyanyian, syair, bahkan sampai dengan tarian tradisional bahkan menghibur keluarga yang sedang berduka. Pada saat ini, alat musik Sasando ini tidak hanya terkenal dan terdapat di daerah Pulau Rote saja louh, namun juga alat musik ini sudah terdapat di daerah lain di luar Nusa Tenggara Timur seperti Kupang dan daerah yang lainnya.

Baca Juga: Asal Daerah Alat Musik Kolintang dan Penjelasannya

Fungsi Dan Makna Sasando

Sasando ini merupakan salah satu jenis alat musik yang memiliki suara yang bervariasi, sehingga tentu dapat dimainkan dalam genre yang cukup bervariasi seperti musik tradisionalnya, pop, dan juga genre hingga musik lainnya yang bukan musik elektrik. Dalam masyarakat Rote sendiri, alat musik Sasando sering dimainkan untuk mengiringi sebuah tarian, lagu, syair dan juga acara hiburan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel