Ramadhan artinya? apa itu Ramadhan? berikut Penjelasannya!

Ramadhan artinya? apa itu Ramadhan? berikut Penjelasannya! - Halo sahabat, sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadan kareem dimana bulan penuh dengan ampunan. Oleh karena itu kita jangan menyia-nyiakan bulan mulia ini. Ramadan dalam bahasa Arab yaitu : رمضان‎. Jadi ramadhan adalah bulan yang kesembilan yang ada dalam kalender Islam (hijriah)  dan dirayakan oleh setiap umat Muslim di seluruh dunia dengan cara puasa (saum) dan memperingati akan wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW yaiu Kitab Suci Al-Quran. 

Arti Ramadhan

Arti Ramadhan

Perayaan tahunan ini  sangat dihormati karena sebagai salah satu dari rukun Islam yaitu yang ke-3. Bulan Ramadan biasanya akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadis.

Kata Ramadan sendri berasal dari akar kata dalam bahasa Arab yaitu ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang artinya panas yang menghanguskan atau kekeringan. Jadi, Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan hukumnya fardhu (diwajibkan) untuk setiap Muslim dewasa, kecuali bagi mereka yang mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan jauh, sudah tua renta, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi (hadi). Kewajiban dalam berpuasa di bulan Ramadan turun pada bulan Sya'ban tepatnya tahun kedua setelah hijrahnya yaitu pada saat umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan akan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda adanya pergantian bulan baru.

Selama kita berpuasa dari waktu pagi hingga petang, maka dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan sampai dengan berhubungan seksual. Selain itu, umat islam juga diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan dari pahala puasanya, seperti tidak berkata yang jelek (menghina, berbohong, memfitnah, mengutuk) dan bertengkar atau berkelahi. Makanan dan minuman juga hanya dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) sebelum imsak hingga terbenamnya Matahari (Magrib) pada waktu berbuka puasa. Biasanya pendekatan spiritual (taubat) ketika di bulan Ramadan sangat ramai dilakukan. Bahkan berpuasa bagi umat Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak shalat dan membaca Al-Quran.

Kekhususan di bulan Ramadan bagi umat pemeluk agama Islam telah tergambar pada kitab Suci Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa." (Al-Baqarah 2: 183)

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang arti Ramadhan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel