5 Manfaat dan Keuntungan Menabung Saham untuk Investor Pemula

Manfaat dan Keuntungan Nabung Saham dan hal yang harus di siapkan sebelum membeli saham, untuk Pemula - Halo sahabat, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang manfaat dan keuntungan dari Nabung Saham. Bagi kalian para investor pemula ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu perihal keuntungan dan adanya risiko dari menabung saham. Karena dalam menabung saham terdapat segelintir risiko yang perlu kalian perhatikan. Pihak OJK menyebutkan, setidaknya ada tiga keuntungan dan manfaat dari menabung saham yang bisa kalian peroleh. Ketiganya ini adalah capital gain, ownership, dan dividen. Capital gain adalah suatu keuntungan yang diperoleh oleh pihak investor ketika harga penjualan dikurangi dengan harga pembelian saham itu sendiri.

Manfaat dan Keuntungan Nabung Saham

Manfaat dan Keuntungan Nabung Saham

Misalnya saja saat ini sahabat akan membeli sebuah saham emiten di suatu perusahaan A Rp 2.000 per lembar saham. Kemudian, harga sahamnya menjadi naik sehingga bisa dijual di level dengan harga Rp 2.500 per lembar saham. Tentu dengan begitu, sahabat nantinya akan mendapat capital gain atau sebuah keuntungan Rp 500 di setiap lembar saham. Selain itu, sahabat juga akan mendapakan dividen. Biasanya pihak perusahaan akan membagikan dividen di tiap tahunnya. 

Dividen adalah suatu bagian dari hasil keuntungan pihak perusahaan yang dibagikan kepada para investornya sebagai pemegang saham di sebuah perusahaan tersebut. "Makin besar atau banyak lembar saham yang dimiliki oleh investor, maka tentu akan semakin besar pula porsi dividen yang bisa diterimanya. 

Berhbung harga saham berfluktuasi dan dapat berubah-ubah di setiap harinya, bukan tidak mungkin sahabat juga bisa mengalami hal ini. Capital loss adalah sebuah kerugian yang dialami oleh para investor saat harga sahamnya itu jatuh mendalam dibanding ketika ia membeli saham tersebut di harga yang mahal. Misalnya, sahabat membeli saham emiten A seharga Rp 3.500 per lembar saham. Namun pada beberapa lama kemudian, harga saham yang sahaba beli tersebut jatuh di harga Rp 3.000 per lembar saham sehingga sahabat ini mengalami kerugian sebesar Rp 500 tiap lembarnya. Adapula risiko yang lainnya dan bisa membayangi investasi saham adalah saham-saham tersebut tidak likuid.

Saham-saham seperti ini biasanya tidak populer, bahkan kurang diminati oleh para investor, dan jumlahnya hanya sedikit yang beredar sehingga sahabat nantinya akan sulit untuk menjualnya kembali. Kemudian ada hal lain lagi yang kemungkinan dapat terjadi adalah delisting. 

Delisting adalah penghapusan pencatatan saham dari perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Biasanya pihak perusahaan harus mengurus beberapa hal terlebih dulu agar bisa listing kembali di bursa. "Delisting ini dapat disebabkan oleh permintaan itu sendiri ataupun karena proses keberlangsungan hidupnya perusahaan terganggu.

Jadi, dengan memperhatikan sebuah keuntungan dan segala risiko yang ada di atas, apakah sahabat mulai tertarik untuk berinvestasi di pasar saham? Bila kalian masih tertarik, pastikan juga bisa memilih perusahaan sekuritas yang sahabat pilih telah berizin di OJK ya". Simak dibawah ini, unuk manfaa dari nabung saham!

5 Manfaat Menabung Saham untuk Investor Pemula

Kalau manfaat nabung saham harus dijabarkan, maka tentu menabung saham itu banyak sekali manfaatnya. Tetapi sebelum kita lebih dalam untuk membahasnya, akan kami perkenalkan dulu apa itu saham. Saham adalah hak penuh yang dimiliki si pemegangnya atas sebuah perusahaan dengan sejumlah modal tertentu yang dimilikinya.

Karena adanya kepemilikan tersebut, maka para investor saham ini dapat disebut dengan pemilik dari perusahaan dengan porsi masing-masing sesuai dengan nilai modal yang ditanamkan. Saham ini memiliki harga yang fluktuatif atau terus bergerak/berubah mengikuti tren pasar, bahkan kondisi pasar dunia maupun dalam negeri dan adanya kondisi fundamental perusahaan tersebut juga dapat mempengaruhi harga sahamnya.

Jadi kalian jangan kaget jika saham yang sahabat beli sekarang di sepuluh tahun lagi akan menjadi berkali-lipat harganya, atau sebaliknya, saham yang sahabat beli sekarang ini dengan harga mahal dapat menjadi tidak ada harganya lagi (anjlok) di beberapa tahun ke depan.

Maka dari itu, untuk seluruh aktivitas pasar saham ini diawasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI adalah sebuah perusahaan yang menyediakan infrastruktur denan tujuan mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta cukup mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan yang ada (stakeholders).

Dengan kalian mengetahui manfaat menabung saham tentu akan bisa sahabat rasakan ketika sudah memulai untuk menabungnya.Tapi sebelum itu, sahabat harus memiliki akses ke pasar modal terlebih dahulu. Lantas bagaimana caranya?

Tahapan pertama yaitu sahabat harus datang ke perusahaan sekuritas resmi yang terdaar di OJK untuk membuat rekening bursa efek. Tidak perlu ragu lagi, kini sudah ada berbagai perusahaan sekuritas yang telah merambah proses administrasinya ke dunia online. Cukup kalian mendownload aplikasinya dan ikuti tahapan registrasinya sampai selesai. Aplikasi Sekuritas tersebut diantaranya : Ajaib, Bibit, Bareksa, MNC Sekuritas dll.

Tahapan yang kedua, setelah sahabat ini memiliki rekening, maka saatnya tentukan dana yang akan kalian sisihkan untuk menabung di pasar saham dan memilih saham yang akan kalian tabung.

Ketiga, sahabat ini dapat melakukan penyetoran dana secara rutin atau bisa menggunakan fasilitas auto transfer dari rekening pribadi. Tentu hal ini harus disesuaikan terlebih dulu dengan dengan kemampuan keuangan kalian dan tujuan investasi kalian.

Setelah kalian sudah bisa mendapatkan akses ke pasar modal (bursa efek) dan memilih salah satu saham sebagai instrumen investasinya, nantinya akan terasa sangat manfaat lebih dari saham dibanding beli dengan instrumen lainnya. Ada beberapa manfaat menabung saham, antara lain sebagai berikut:

1. Modal Kecil, Untung Besar

Manfaat yang pertama dari menabung saham atau investasi saham adalah adanya persentase keuntungan yang didapatkan itu sangat menjanjikan, padahal jumlah modal yang digelontorkan relatif kecil. Minimal jumlah modal yang diperlukan untuk bisa ber transaksi unuk membeli se lembar saham hanya kisaran Rp10.000,- saja. Karena pada faktanya ada saham yang nominalnya Rp50 yang bagus fundamentalnya, sebut saja PPRO.

Bahkan saat ini saja sudah terdapat metode angsuran yang bisa digunakan untuk pembelian lembar saham. Sedangkan keuntungannya itu dapat mencapai margin sebesar 100%.

2. Dapat mengikuti RUPS

Dengan memiliki saham sekecil apapun itu sudah menunjukkan bahwa kita ini juga memiliki kepemilikan dari perusahaan tersebut. Bahkan di setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Jadi, kita sebagai pemilik perusahaan itu juga berhak mengetahui dari laporan keuangan, laba rugi dan berbagai hal penting lainnya yang masih mengenai perusahaan tersebut.

Selain itu juga, ternyata kita juga mempunyai kewajiban dalam menentukan seorang pemimpin di perusahaan tersebut dan strategi perusahaan yang akan dilakukan pada RUPS. Jadi, selain memberikan keuntungan secara finansial, saham juga menjadi instrumen yang membuat sahabat lebih belajar banyak hal tentang di berbagai perusahaan.

3. Mendapatkan dividen tiap tahunnya

Salah satu manfaat yang menguntungkan dalam menabung saham yang paling ditunggu-tunggu, antara lain adalah mendapatkan sebuah dividen, yaitu pembagian hasil keuntungan kepada pemilik saham (investor). Besaran keuntungan yang dibagikan ini bergantung pada besar kepemilikan saham yang ada di perusahaan tersebut.

Bentuk dividen ini terbagi dua, bisa tunai dan bisa dalam bentuk saham. Namun yang paling umum di Indonesia adalah dalam bentuk dividen tunai. Sedangkan untuk dividen saham adalah saham yang biasa dibagikan kepada para pemilik secara percuma, tetapi bentuk dividen bentuk saham ini jarang sekali dipilih.

Nah, untuk menghitung dividen yang biasa dibagikan oleh pihak perusahaan kepada para pemegang saham adalah nilai selisih antara laba perusahaan kemudian dikurangi laba yang ditahan. Laba yang ditahan adalah laba yang sengaja tidak dikeluarkan oleh perusahaan demi memperbesar dan memperluas kapasitas produksi atau kinerjanya di masa mendatang.

Jadi secara teorinya, dividen adalah nilai laba bersih dikurangi dengan laba ditahan. Sedangkan dividen per saham adalah dividen yang ada dibagi dengan jumlah saham yang beredar.

4. Memanfaatkan Capital Gain

Jual beli saham tentu seperti perdagangan pada umumnya, saham juga dapat diperjual belikan di pasar efek (bursa efek). Hal ini berbeda dengan dividen yang biasa didapatkan di akhir periode waktu, karena capital gain ini bisa diperoleh kapanpun. Oleh sebab itu, untuk bisa perolehannya maka mewajibkan adanya keaktifan dari pihak investor dalam menjalankan aktivitas jual beli di pasar modal (bursa efek).

Dengan Investor yang handal tentu akan dapat menganalisa pasar dan menjual saham yang dimilikinya ketika ada lonjakan harga di pasar modal tersebut. Sedangkan bagi investor yang belum berpengalaman biasanya sering salah pilih aksi dalam mengelola sahamnya dan ini  seringkali mengalami sejumlah kerugian atau loss.

5. Pajak Relatif Kecil

Adapun untuk keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan dari hasil investasi saham selanjutnya adalah berkenaan dengan pajak yang dikenakan untuk kegiatan investasi ini lebih kecil dibandingkan dengan persentase nilai pajak untuk sebuah instrumen investasi lainnya, yakni dengan nilai jumlah pajak hanya 0.1% dari keuntungan yang didapatkan oleh pihak investor. Jika dibandingkan dengan besaran pajak investasi deposito, tentu persentase nilai pajak saham jauh lebih kecil dari deposito.

Nah, setelah sahabat ini mengetahui manfaat dari menabung saham, apakah sahabat saat ini tergerak hati untuk segera memulai berinvestasi di pasar saham? Kalau sahabat sudah tertarik untuk berinvestasi, tetapi ternyata saat ini belum sanggup untuk memiliki sahamnya.

Maka sahabat bisa memilih sebuah reksadana sebagai pilihan berinvestasi yang cukup murah. Karena sudah ada berbagai macam jenis produk reksadana dari jenis pasar uang hingga saham. Sehingga sahabat dapat merasakan beberapa dari manfaat menabung saham tanpa harus mengeluarkan banyak modal diawal.

Kami menyarankan untuk sahabat semua agar dapat meminimalisasi risiko yang ada dan mulai investasi dengan modal kecil terlebih dulu. Seperti halnya PT. Bibit dan Ajaib, investasi reksadana yang sudah terpercaya, fleksibel dan juga sangat menguntungkan. Sahabat bisa memilih jenis paket reksadana dari para ahli dengan nominal mulai Rp 500.000 atau pilih 1 Jutaan.

Tentu semua pilihan ini ada di tangan sahabat masing-masing dan kegiatan itu semua sudah dapat diakses secara online dan sangat mudah melalui ponsel Android kesayangan sahabat. Jadi dalam hal ini tetap cermat dalam memilih instrumen, karena setiap investasi itu memiliki resiko kerugiannya masing-masing ya.

Perihal keamanan sahabat tidak perlu khawatir lagi, karena Bibit dan Ajaib telah terdaftar di OJK dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu ada sebuah jaminan untuk kalian semua agar bisa lebih yakin dan nyaman untuk memulai investasi sesuai tujuan yang sudah direncanakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....