5 Cara Mengatasi dan Menghilangkan Ketombe yang Membandel di Kepala

Cara Mengatasi dan menghilangkan Ketombe yang Membandel di Kepala - Halo sahabatsiana, saking umumnya, ketombe yang ada di kepala bisa dibilang masalah banget untuk kulit kepala bahkan ini sudah menjadi konflik bagi “sejuta umat”. Baik itu para pria atau wanita, tua maupun yang muda, bisa saja mengalami masalah ketombean ini. Meskipun hal ini termasuk masalah yang umum terjadi, munculnya ketombe yang suka membandel kerap sangat mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri kita. 

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa jadi biangkerok atau penyebab dari munculnya ketombe. Mulai dari kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala sampai dengan akibat adanya kulit kepala kering. Ketombe juga bisa di sebabkan penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, hingga timbulnya infeksi jamur kulit (dermatitis seboroik). Lantas, dalam hal ini bagaimana cara kita untuk mengatasi ketombe yang suka membandel? yuk simak ulasannya berikut ini! 

Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Cara Mengatasi dan menghilangkan Ketombe

Jadi apabila ketombe yang suka membandel perlu cepat untuk diatasi. Sebab, selain dapat menurunkan rasa percaya diri, ketombe ini juga bisa menimbulkan rasa gatal luarbiasa pada kulit kepala, sehingga akan membuat pengidapnya ingin terus-terusan menggaruk kepala. Padahal, jika kita garuk secara berlebihan, kulit kepala akan bisa luka dan rentan terkena infeksi. 

Oleh karena itu cobalah untuk mengatasi ketombe yang membandel dengan beberapa yang sudah kami sajikan berikut ini:

1.Pakai Minyak Kelapa

Nah, ternyata Minyak kelapa tergolong ampuh untuk mengusir ketombe. Minyak Kelapa adalah bahan yang alami yang bisa kita gunakan sebagai media untuk penghilang ketombe. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup kalian oleskan minyak kelapa tersebut secara merata ke permukaan kulit kepala, diamkan dulu beberapa menit, lalu kemudian cuci dan bilas hingga bersih. Tidak hanya bisa menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga berkhasiat dapat membuat kulit kepala akan tetap lembap dan menjadi terawat.

2.Oleskan Tea Tree Oil

Yang kedua yaitu bisa menggunakan Tea tree oil atau minyak pohon teh. Ternyata telah lama dikenal bahan ini sebagai obat alami untuk mengatasi timbulnya jerawat. Namun, siapa sangka bahwa minyak ini juga cukup ampuh untuk mengatasi sebuah ketombe yang membandel. Ya, tea tree oil adalah minyak yang mampu mengurangi proses pertumbuhan jamur dan dapat penyebabkan ketombe dan dapat meredakan rasa gatal yang ditimbulkan ketombe. 

Untuk cara menggunakannya, silahkan Anda campurkan beberapa tetes tea tree oil murni dengan sampo yang Anda gunakan, lalu silahkan keramas seperti biasa. Pastikan juga bahwa Anda tidak alergi dengan minyak ini, ya.

Cara mengetesnya yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak tea tree oil pada kulit lengan dan tunggu reaksinya selama 24 jam. Jika kulitmu akan terlihat memerah, sebaiknya jangan gunakan minyak ini ya.

3.Rutin Keramas dengan Sampo yang Cocok

Jika kamu memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, maka sebaiknya rutin keramas untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan keramas secara rutin, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala dapat terangkat. 

Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari, ya. Keramas terlalu sering justru menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan masalah ketombe akan semakin parah. 

Saat keramas, gunakan sampo antiketombe, yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain membantu menghilangkan ketombe, sampo dengan kandungan bahan tersebut juga bisa meredakan gejala gatal pada kulit kepala, akibat ketombe. 

Lalu, bagaimana jika ketombe tetap muncul walaupun sudah ganti sampo? Menurut American Academy of Dermatology, kamu bisa menggunakan sampo antiketombe secara bergantian dengan bahan aktif yang berbeda. Cara ini untuk mencari jenis sampo yang paling tepat untukmu.

4.Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)

Selain cairan ini tinggi dengan kandungan asam, cuka sari apel juga banyak mengandung enzim yang dapat membunuh pertumbuhan jamur dan bakteri. Keasaman dari cairan cuka ini juga dapat untuk menghilangkan sumbatan pada area pori-pori kulit kepala dan dapat menyeimbangkan pH-nya. 

Cara untuk menggunakannya adalah dengan menyemprot cairan tersebut ke kulit kepala, dengan adanya campuran 60 mililiter dan cuka sari apel dan 60 mililiter air biasa, yang dicampur ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan ke kulit kepala secara menyeluruh dan rata, setelah itu tutup dengan handuk dan diamkan selama 15 menit. Setelah selesai silahkan cuci rambut seperti biasa. Lakukan perawatan seperti ini setidaknya dua kali dalam seminggu ya. 

5.Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang sering digunakan sebagai pelengkap bahan pembersih alami, ternyata baking soda juga bisa jadi racikan untuk mengatasi ketombe yang membandel di kulit kepala. Cara kerjanya cukup mudah karena ini dapat mengelupas dan menghilangkan sel-sel kulit mati dikepala dan dapat mengurangi minyak berlebihan yang ada pada kulit kepala. 

Adapun untuk menggunakan baking soda  ini sebagai cairan penghilang ketombe, Anda bisa mencampurkan dengan beberapa tetes air bersih, lalu gosokkan ke area seluruh bagian kulit kepala. Kemudian setelah selesai silahkan bilas dengan air hangat hingga bersih ya. Jangan gunakan sampo terlebih dulu, karena rambut Anda mungkin akan jadi kering selama proses ini apalagi hal ini ketika pertama kali Anda lakukan. Namun, setelah Anda melakukannya beberapa minggu, maka kulit kepala Anda akan mulai memproduksi minyak alami dan ketombe pun akan hilang dengan sendirinya. 

Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba Cara menghilangkan ketombe membandel secara alami, yang bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah. Jika nantinya ada masalah ketombe yang tak kunjung hilang sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....