23 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh manusia sudah tidak diragukan lagi. Buah dengan kulit berwarna kuning ini sudah menjadi rutinitas masyarakat mengkonsumsinya, baik dimakan secara langsung maupun pisangnya diolah menjadi sajian makanan tertentu yang super lezat. Buah pisang merupakan buah yang nama latinnya itu Musa acuminata, yang kaya sekali akan gizinya sehingga begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia yang juga sangat beragam. 

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Jika buah pisang dikonsumsi setiap hari dan dalam jumlah yang tepat, maka kita akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini ada beberapa manfaat dari buah pisang yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Adanya kandungan kalium dalam buah pisang yang juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Faktanya, ada seorang wanita yang rutin mengonsumsi buah pisang 2 hingga 3 buah dalam seminggu maka akan memiliki risiko terkena penyakit ginjal 33 persen lebih rendah dibandingkan tidak mengkonsumsinya. 

Apabila Anda rutin mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 hingga 6 buah dalam satu minggu, maka risiko terkena penyakit ginjal dapat berkurang hingga sebesar 50 persen.

2. Tekanan Darah Stabil

Buah pisang juga terkenal akan kandungan zat kalium yang tinggi. Ada sebuah penelitian yang ada di Hypertension Institute, Amerika Serikat bahwa menyatakan zat kalium berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang ada di dalam tubuh kita agar tetap sehat. 

Kalium juga dapat membantu dalam meredakan ketegangan area pembuluh darah, yang dapat menjadikan penyebab adanya tekanan darah yang meningkat. Apalagi kandungan serat yang ada di dalam buah pisang juga dapat membantu untuk mengikis zat kolesterol jahat (LDL) sehingga hal ini turut dalam menurunkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

3. Mengontrol Gula Darah

Seperti halnya pada buah lainnya, pisang juga memiliki kadar indeks glikemik yang cukup rendah. Ini artinya, gula alami yang ada di buah pisang akan dapat dilepas secara perlahan ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah akan lebih terkontrol dan tidak akan mendadak menjadi tinggi. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain rasa buah Pisang yang enak, untuk kandungan seratnya juga tinggi pada pisang ini. Jadi dapat membuat perut Anda akan kenyang lebih lama, dengan begitu dapat membantu mengontrol nafsu makan. 

Selain itu, ada penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa serat pektin yang terkandung dalam buah pisang juga dapat membatasi proses penyerapan lemak yang ada di dalam sel. Adanya kandungan magnesiumnya juga dapat membantu proses pemecahan sel lemak yang ada di dalam tubuh.

Semua hal tersebut nantinya akan dapat membantu tubuh kita dalam menurunkan berat badan, khususnya apabila terjadi dikombinasi dengan gaya hidup dan penerapan pola makan yang sehat, serta di imbangi olahraga yang teratur.

5. Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat yang ada di dalam buah pisang ini dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Hal ini yang akan membantu perut Anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga dalam hal ini untuk keinginan mengkonsumsi makanan ringan secara berlebihan akan dapat diminimalkan.

Buah pisang yang warnanya kehijauan dan ketika belum matang akan mengandung lebih banyak serat patinya, yang sangat berperan baik dan dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama..

6. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu keajaiaban yang dimiliki buah pisang dapat menunda proses penuaan dini, yang ditandai dengan munculnya kulit kusam, garis-garis halus atau kulit keriput, flek hitam, dan kulit yang mengendur. 

Satu buah pisang didalamnya terkandung vitamin B6 dan C, yang merupakan zat antioksidan sehingga dapat menolong kulit Anda agar terhindar dari tanda-tanda penuaan dini tersebut.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti vitamin A, C, E, dan juga zat karotenoid pada buah pisang dapat melindungi tubuh kita serta dapat memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A dan C merupakan dimana gizi penting sekali bagi mata maupun kulit manusia. 

Selain itu, adanya kandungan lutein pada buah pisang juga dapat menurunkan terkena degenerasi makula atau kerusakan pada mata akibat penuaan.  

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran cerna Anda akan bisa lebih sehat berkat adanya manfaat makan buah pisang setiap harinya. Hal ini dikarenakan pada pisang juga mengandung zat prebiotik.

Prebiotik adalah zat “makanan” untuk bakteri yang baik dalam usus manusia yang bersumber dari zat karbohidrat kompleks pada buah pisang, yaitu zat fruktooligosakarida.

9. Membantu Detoksifikasi

Adapun unuk kandungan pektin yang berperan dalam manfaat dari buah pisang untuk detoksifikasi alias berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Menurut suatu studi dari Forsch Komplementärmed, bahwa kandungan pektin pada buah pisang juga sudah terbukti dapat membuang kandungan merkuri dalam tubuh melalui urine.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut studi dari badan riset, The American Journal of Clinical Nutrition, bahwa zat prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung di dalam buah pisang akan dapat terfermentasi ke dalam saluran pencernaan dan dapat meningkatkan kemampuan dalam penyerapan kalsium.

11. Meningkatkan Mood dan Mencegah Kecemasan

Bahkan Asam amino triptofan yang ada dalam buah pisang merupakan sebuah bahan pembuat hormon serotonin dalam tubuh manusia, yang sangat berperan penting dalam meningkatkan keadaan suasana hati manusia. 

Serotonin juga terkenal sebagai hormon yang sangat berperan dalam proses perasaan tenang, sehingga dapat membantu dalam mencegah adanya kecemasan.

12. Membantu Atasi Hipertensi

Zat Kalium yang juga terkandung dalam buah pisang juga dapat membantu untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan zat elektrolit sehingga untuk tekanan darah tetap stabil. Bahkan serat untuk bahan pangan yang terkandung didalam buah pisang mampu untuk mengikat lemak, dengan demikian bahwa untuk pembentukan plak bisa dicegah dengan mudah. Plak tersebut bisa menyempitkan aliran darah bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah akan meningkat.

13. Sumber Karbohidrat dan Vitamin A

Buah pisang yang kaya akan vitamin dan juga serat. Jika dibanding dengan buah apel, maka buah pisang memiliki lebih dari dua kali lipat kandungan karbohidrat, dan sebanyak lima kali lipat vitamin A. Selain itu buah pisang juga kayadengan zat magnesium dan juga zat kalium yang sangat penting bagi tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

14. Pisang Perlancar Metabolisme

Dengan Anda rutin makan buah pisang, maka Anda yang saat ini sedang mengalami kesulitan saat buang air besar, maka dapat memakan buah pisang, hal ini sebagai langkah pengobatan alami yang sangat ampuh. Karena buah pisang ini juga dapat membantu dalam memperlancar proses pembuangan sisa tubuh atau proses metabolisme.

15. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apakah Anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga setiap hari? Kandungan Vitamin pada buah pisang seperti A, C, dan B6 dapat berfungsi untuk meningkatkan kondisi kekebalan tubuh manusia dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh manusia akan terasa segar dan tidak mudah cepat lemas.

16. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Buah Pisang yang kaya akan potasium dan mineral yang sangat penting bagi penjagaan fungsi jantung dan dapat memperlancar sirkulasi darah. Oleh sebab itu, sirkulasi oksigen yang ke otak dapat terjamin dan penyakit stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan baik.

17. Mengatasi Anemia

Buah Pisang juga mengandung zat besi. Sehingga buah Pisang ini sangat baik bagi orang yang mereka kekurangan darah merah. Tepatnya yaitu untuk mendukung proses pembentukan hemoglobin, atau suatu protein yang mengandung zat besi.

18. Menurunkan Berat Badan

Nah, untuk orang yang suka menerapkan hidup diet, maka karbohidrat kompleks yang terkadung dalam buah pisang ini ternyaa juga tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Di samping itu, buah pisang juga sangat rendah lemak sehingga tentunya aman untuk peserta program penurunan berat badan secara maksimal. Di Negara Jepang ada tren diet baru-baru ini: minimal satu buah pisang atau maksimal empat buah pisang untuk sarapan pagi. Hal ini agar dapat mendorong metabolisme, sehingga orang tidak perlu capek untuk berolahraga lagi.

19. Menyehatkan Tulang

Dengan rutin mengkonsumsi buah pisang secara rutin juga dapat membantu Anda dalam menyehatkan tulang. Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung mangan yang cukup tinggi.

20. Pisang sebagai "Mood Food"

Apakah Anda sudah tahu bahwa makanan itu juga bisa membuat orang akan merasa senang? Ya, jika buah itu mengandung zatt serotonin itu termasuk "mood food," yaitu buah yang mendorong proses pembentukan hormon serotonin yang ada di dalam otak. Hormon ini yang dapat menyebabkan timbulnya perasaan senang pada diri manusia.

21. Untuk Merawat Kulit

Buah Pisang yang dicampur dengan madu jua dapat berkhasiat mengatasi kulit yang terlalu kering. Hal ini juga baik untuk merawat kulit orang yang sudah lanjut usia, yang cenderung kulit mereka akan semakin kering. Selain itu, buah pisang jua baik untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya yaitu silahkan Anda hancurkan daging buah pisang yang sudah keadaan matang, kemudian oleskan saja daging pisan tersebut pada kulit wajah Anda yang berjerawat. Diamkan selama, sekitar 15-30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan ini dengan rutin hingga jerawat itu hilang.

22. Mewujudkan Tidur yang Berkualitas

Kandungan Triptofan yang ada di dalam buah pisang juga merupakan bahan untuk membuat hormon melatonin didalam tubuh. Kandungan hormon tersebut akan berperan dalam menciptakan suasana perasaan relaks dan dapat mengatur pola tidur. 

Manfaat makan dari buah pisang, khususnya dapat dikonsumsi sebelum tidur, dapat membantu Anda untuk mewujudkan tidur yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 8 Manfaat Push Up Bagi Tubuh Kita Agar Lebih Kuat dan Sispek

23. Mengurangi Kram saat Olahraga

Buah pisang juga sering dijadikan sebagai buah pilihan bagi para olahragawan atau atlet, karena buah ini kaya akan gizi dan dapat menjadi asupan sumber energi yang baik. 

Ada juga alasan lain karena buah pisang ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga nantinya akan bisa menurunkan terkena risiko kram saat berolahraga. 

Akhir Kata

Nah itulah 23 Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh kita, dan ternyata sangat beragam ya. Bagi Anda yang ingin sekali dan bisa menikmati manfaat tersebut, pastikan bahwa Anda rutin mengonsumsi buah pisang dalam porsi yang tepat sesuai dengan penjelasan diatas!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....