8 Manfaat Push Up yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Push Up setiap hari secara rutin yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda - Manfaat push up ternyata tidak hanya bisa efektif untuk membentuk bentuk otot-otot pada tubuh kita. Push up juga sangat bermanfaat untuk bagian organ dalam tubuh kita, seperti halnya pada kesehatan jantung hingga mendorong produksi hormon-hormon tertentu. Apabila kita terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga lupa bahkan tidak sempat untuk berolahraga di gym? Maka kalian jangan khawatir, karena masih banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan saat di rumah, bahkan ketika setelah bangun sekalipun atau bisa dilakukan sebelum tidur. Salah satu olahraga tersebut adalah push up. Karena manfaat push up ini tidak hanya sekadar untuk memperkuat otot lengan, maupun membentuk otot dada dan perut.

Manfaat Push UP Untuk Tubuh

Manfaat Push UP Untuk Tubuh

Jadi sebenarnya ada olahraga yang tidak membutuhkan banyak biaya atau alat sekalipun layaknya tempat gym, ternyata hal ini memiliki banyak sekali manfaat yaitu dengan Push Up. Dengan kita melakukan push up, maka kita bisa meningkatkan kondisi kesehatan organ dalam tubuh kita seperti jantung. Oleh karena itu, hal ini penting bagi kalian untuk mengetahui manfaat dari push up berikut ini.

Nah sebelum kalian mengetahui manfaat dari push up, ada baiknya kalian memahami 3 peraturan untuk push up ini, agar bisa mendapatkan hasilnya yang maksimal.

  1. Jaga punggung Anda agar tetap lurus saat Anda melakukan push up
  2. Bokong Anda harus diturunkan ketika push up, bukannya malah diangkat
  3. Tubuh Anda harus membentuk garis lurus, dan jangan mencoba untuk melengkungkan punggung Anda.
  4. Boleh minta bantuan orang lain yang nantikan akan memperhatikan gerakan serta bentuk dari tubuh Anda disaat sedang melakukan push up. Minta ia memberitahumu jika ada gerakan Push Up yang salah.

Setelah Anda mampu mempelajari panduan diatas tersebut, saatnya Anda mengetahui manfaat push up berikut ini, agar Anda semakin yakin dan semangat dalam berolahraga.

1. Sebagai Media untuk Membakar Lemak

Push Up juga salah satu cara untuk merawat tubuh agar tetap sehat dan kuat. Karena saat kita Push Up maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan lemak akan secara otomatasi ikut terbakar. Apalagi gerakan kita ini super katif yang mana otot semuanya banyak bekerja.

2. Membentuk Otot Dada, Lengan dan Perut

Denan rutin Push Up maka secara tidak langsung akan dapat membentuk oto Dada semakin kuat dan Perkasa. Selain itu otot lengan menjadi kuat dan bagian otot perut menjadi timbul layaknya binaraga. Bentuk tubuh yang atletik dan berotot banyak sekali dimpikan oleh banyak orang.

3. Menguatkan otot bahu

Dengan melakukan Push up juga sangat efektif untuk memperkuat bagian otot-otot di sekitar area sendi bahu. Jadi tidak heran jika orang yang sering push up, akan memiliki bahu yang bidang.

Bahkan untuk Otot dan tendon pada area bahu ini akan bertanggung jawab dalam menjaga tulang lengan yang ada di atas bahu. 

Tidak hanya itu saja, push up juga dapat berpengaruh terhadap setiap otot pada tubuh kita. Adapun untuk gerakan yang dilakukan dalam push up ini memang akan melibatkan banyak otot secara bersamaan, misalnya saja pada bagian lengan, dada, punggung atas dan inti, kaki hingga bagian pinggul. Hal ini menjadi sangat penting, karena dapat menguatkan seluruh otot pada tubuh kita dan bisa memberikan manfaat untuk:

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal yang wajar
  2. Dapat menguatkan tulang
  3. Meringankan gerakan tubuh kita sehari-hari
  4. Dapat menjaga tekanan dan gula darah

4. Meningkatkan kekuatan dan massa otot

Walaupun push up ini kebanyakan dianggap sebagai olahraga yang sederhana, namun ada banyak variasinya yang bisa Anda coba, contohnya seperti berikut ini.

  1. Push up lebar. Hal ini berbeda dengan jenis push up standar, karena push up lebar ini mengharuskan kedua tangan Anda agar tidak sejajar dengan bahu, yaitu posisinya lebih lebar. 
  2. Push up standar. Ini adalah gerakan push up yang sering dilakukan orang saat di gym atau dimedia internet. Kedua tangan kita akan menyentuh lantai dan sejajar dengan bahu. Kemudian tubuh akan bergerak ke atas dan bawah secara teratur.
  3. Push up sempit. Jenis Push up ini memang mengharuskan kedua tangan kita untuk berada di posisi bawah tulang dada, dengan kedua ibu jari dan telunjuk saling menyentuh membentuk Love atau Hati.
  4. Forward push up. Dalam tipe Push Up ini maka tangan kita akan terpisah selebar bahu tapi peletakan tangannya tetap berada di sekitar 20 centimeter di depan bahu.
  5. Backward push up. Adapun untuk Variasi ini sama seperti jenis forward push up, namun untuk peletakan tangannya ini sekitar 20 sentimeter tepat di belakang bahu.

Jadi masing-masing jenis push up yang ada diatas memiliki manfaatnya tersendiri. Adapun manfaat Push up sempit dapat memberikan otot tricep dan pectoralis. Sedangkan untuk forward dan backward push up akan memperkuat otot perut untuk membentuk perut six pack serta otot bagian punggung. 

Menurut studi, bahwa backward push up ini menjadi jenis push up yang paling bermanfaat dari jenis Push Up yang lainnya karena dapat meningkatkan kondisi serta kekuatan tubuh bagian atas. Sedangkan untuk jenis push up sempit dipercaya paling tepat yaitu dilakukan saat Anda ini ingin memiliki otot tricep. 

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat push up ternyata bisa meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun, peneliti menemukan, pria yang bisa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96% dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa push up, sebanyak 10 kali. 

Para pria yang ada dalam studi ini kebanyakan berusia di bawah 40 tahun, dan memiliki berat badan berlebihan, namun tidak sampai obesitas. Sekitar 1.562 pria yang berada di dalam studi ini merupakan anggota pemadam kebakaran. 

Studi ini juga membuktikan, pembentukan serta penguatan otot mampu menyehatkan jantung. 

Jika Anda tidak bisa melakukan push up sebanyak 40 kali, jangan khawatir. Para peneliti dalam studi itu saja menegaskan, jika sudah bisa melakukan push up 11 kali, artinya Anda sudah menurunkan risiko penyakit jantung sampai 64%.

Walau studi ini fokus pada push up, jangan membatasi diri Anda untuk melakukan olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah, seperti sit up. Pasalnya, dengan berolahraga, walau sebentar, Anda akan merasakan segudang manfaat.

6. Full body workout

Full body workout adalah tipe olahraga yang berdampak baik pada seluruh otot tubuh. Push up adalah salah satunya. Ketika Anda melakukan push up, otot seperti tangan, perut hingga bagian bawah tubuh pun terkena dampak baiknya.

Push up juga mengajari otot-otot di tubuh untuk "bekerja sama" dan menjadi kuat.

7. Meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia

Manfaat push up selanjutnya ialah meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan. Ketika Anda menua, produksi hormon pertumbuhan manusia semakin menurun. Padahal, hormon ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh serta perbaikan sel. 

Selain itu, hormon pertumbuhan manusia juga dipercaya memiliki peran penting dalam pembesaran otot. Kalau tidak ada hormon ini, Anda akan kesulitan meningkatkan massa otot. 

8. Memperbanyak testosteron dalam tubuh

Memperbanyak testosteron di dalam tubuh adalah manfaat push up yang tentunya menggiurkan, bukan? Testosteron sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, hingga dorongan seks. Push up tersebut, diyakini bisa meningkatkan jumlah produksi testosteron dalam tubuh. 

Berbagai risiko push up

Setelah mengetahui beragam manfaat push up, Anda juga harus memahami berbagai risiko push up, jika dilakukan terlalu sering, dengan gerakan yang tidak benar. Apa saja risiko push up itu?

1. Nyeri pergelangan tangan

Nyeri pergelangan tangan juga berpotensi menjadi risiko push up. Tidak heran, sebab, pergelangan tangan menjadi salah satu "tumpuan" berat badan Anda, saat melakukan push up.

Sebuah studi pada 2017, menemukan sekitar 84% orang mengalami nyeri di bagian belakang pergelangan tangan mereka, setelah melakukan aktivitas latihan menahan berat badan. Sekitar 76% dari kasus itu, disebabkan oleh kista ganglion, yang biasanya timbul di area sendi.

Penyebab umum lainnya dari nyeri pergelangan tangan setelah melakukan push up adalah ligamen robek.

2. Cedera siku

Sebuah studi yang dilakukan pada 2011, menginvestigas kemungkinan adanya dampak buruk push up, terhadap siku. Para peneliti mencoba 3 jenis push up, dengan kecepatan cepat, sedang, dan lambat.

Studi itu menemukan, push up cepat bisa memberikan tekanan yang cukup besar, pada sendi siku, hingga ligamen. Mereka menyimpulkan, push up yang cepat, meningkatkan risiko cedera.

3. Tidak lagi tertantang

Jika terlalu sering melakukan satu gerakan olahraga yang itu-itu saja, Anda berisiko merasa bosan, dan olahraga itu tidak lagi menantang. Hal ini disebut dengan fitness plateau.

Untuk menghindarinya, cobalah lebih variatif dalam melakukan gerakan olahraga. Misalnya, pada minggu ini, lakukan push up di hari Senin sampai Rabu. Kemudian, hari Kamis hingga Minggu, lakukan sit up atau pull up.

4. Nyeri punggung

Beberapa tipe push up, seperti backward push up dan forward push up, "mengaktifkan" otot-otot di punggung bagian bawah. Kedua variasi push up ini, berpotensi menimbulkan nyeri punggung. Apalagi jika dilakukan dengan gerakan yang keliru.

Jika Anda menderita kondisi medis di bagian punggung, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, sebelum melakukan push up.

Catatan:

Hendaknya mulai lakukan push up ini setiap hari dengan cara “menguji” kekuatan diri Anda dengan melakukan push up dalam waktu satu menit lamanya, dengan gerakan yang baik dan benar. Jangan paksakan untuk jumlah push up jika Anda ini belum terbiasa. Lebih baik, perbanyak dulu pemanasan atau repetisi hari demi hari, sehingga dapat meningkatkan kekuatan dalam melakukan push up secara rutin. 

Akhir Kata

Jika push up itu terasa masih sulit untuk Anda lakukan, maka cobalah melakukan push up dengan posisi lutut menyentuh ke permukaan lantai atau tanah. Jika kalian sudah terbiasa, selanjutnya bersiaplah untuk meraih manfaat dari push up dengan melakukannya secara rutin setiap hari. Tetap jaga kondisimu dengan baik dan lakukan dengan benar agar kalian dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel