50+ Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Semester Akhir - Semangat SKRIPSI!

Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Semester Akhir, agar Semangat untuk mengerjakan SKRIPSInya! - Halo sahabat Mediasiana, diantara kalian pasti ada yang saat ini menjadi mahasiswa semester akhir kan ya? nah, saya juga dulu pernah merasakan dan menjalani menjadi seorang mahasiswa semester akhir, yaitu puncak-puncaknya kegabutan dan super sibuk pada waktu semeser 7 dan 8. Karena di semester puncak ini, banyak sekali tugas yang harus di selesaikan, dari Laporan Praktek Mahasiswa Akhir sampai dengan menyusun Penelitian, baik itu pengumpulan Jurnal Penelitian, sampai dengan mencari buku-buku teori sebagai acuan dasar untuk menyusun isi skripsinya.

Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Semester Akhir

Kata-Kata Bijak untuk mahasiswa akhir - semangat skripsi

Wiih, tentu ini semua bukan perkara mudah, karena apa yang sudah direncanakan ini kadang tak selalu berjalan mulus. Namun setidaknya ada planing A, B, C dan D bahkan kalau perlu sampai Z sekalian untuk mengcover kalau planing A tidak bisa terlaksana dengan baik. 

Sedikit saya ceritakan tentang perjalanan hidup saya menjalani hai-hari di semester akhir. Saya ini adalah mahasiswa dan juga seorang penjual pentol keliling yang ada di sekolah-sekolah. Jadi di semester akhir yaitu di semester 7 saya masih bejualan yaitu untuk bekal beli bensin, makan dan uang simpanan agar sewaktu-waktu di butuhkan saya sudah tidak bingung lagi dan mempunyai uang cadangan.

Saya jualan pentol itu di pagi hari dari pukul 07.00 - 11.30 dan setelahnya baru sayang pulang. Karena Praktek Kerja Mahasiswa saya ini di Pukul 14.00 - 17.00, maka menjelang pukul 11.30 sayapun bergegas untuk pulang dan siap-siap untuk lanjut Praktek Kerja. Adapun jarak yang saya tempuh itu sekitar 30 Km dari rumah ke tempat PKM tersebut, dan saya lakukan beberapa minggu.

Setelah beberapa minggu selesai PKM saya, setelah itu baru menyusun Laporan dari Pengumpulan Data, pengambilan kesimpulan sampai dengan memberikan saran atau kritik untuk memecahkan masalah yang ada di tempat PKM tersebut. Tentu hal ini tidak semudah kita berbicara. Karena setelah ini baru data saya olah dan konsul lagi dengan dosen pembimbing, dan ini tentu banyak memakan waktu. Apalagi jarak antara rumah saya dengan kampus itu 30 KM.

Ada 3+ saya bolak balik dari rumah ke kampus untuk konsultasi. Selesai sudah Laporan PKM lanjut lagi menyusun Proposal Penelitian. Nah, dalam penyusunan Proposal Penelitian juga saya mengalami kendala. Karena konsentrasi saya ini di Manajemen Sumber Daya Manusia, maka saya agak sulit untuk mengangkat judul penelitian di tempat saya PKM tersebut, dikarenakan jurnal pendukung tidak ada dan agak sulitnya mengumpulkan sampelnya.

Jadi saya harus mutar otak lagi dan mencari referensi perusahaan yang cocok dan dalam jumlah sampelnya itu memenuhi syarat. Akhirnya saya menentukan 1 target perusahaan yang lokasinya tak jauh dari tempat saya tinggal karena perusahaan ini juga biasa saya lewati ketika pulang pergi ke kampus dan ke rumah.

Saya pun mencoba untuk mendatangi perusahaan tersebut, lalu saya menghadap Kepala HRDnya dan saya berdiskusi dengan pihak HRD tersebut. Setelah beberapa menit kami diskusi, oke deall. Alhamdulillah saya dijinkan untuk melakukan penelitian di perusahaan tersebut. Setelah mendapatkan ijin lalu ke esokan harinya saya urus surat pengantar pra penelitian guna mengobservasi dan melihat data yang ada, masalah-masalah apa saja yang sering terjadi di perusahaan ini yang tentunya ini berhubungan dengan Manajemen Personalianya atau Karyawannya.

Ada sekitar 5 Hari saya melakukan observasi di perusahaan tersebut, dan sambil diskusi dengan Kepala HRD perihal judul yang akan saya angkat dan sembari saya mengumpulkan data di lapangan serta mencari jurnal penelitian terdahulunya. Alhamdulillah saya sudah menemukan judul yang saya ambil dan Kepala HRDnya juga setuju dengan judul tersebut.

Lalu tahap selanjutnya baru saya melakukan Penelitian dengan menyebar angket / kuesioner ke beberapa karyawan untuk di ambil datanya. 

Catatan: Berhubung saya juga orang baru di perusahaan itu dan sebelumnya juga saya tidak tahu bagaimana manajemen yang ada maka saya harus melakukan Pra Penelitian terlebih dulu sebelum melakukan penelitian, tujuannya adalah agar penelitian yang dilakukan itu tepat sasaran dan memudahkan kita dalam menjalin komunikasi dengan pihak HRD yang bersangkutan.

Nah, itulah perjalanan saya yang sebenarnya masih panjang dan kisah diatas hanya sedikit saja, karena ada banyak lagi kisah selanjutnya sampai ke wisudanya. Tapi saya rasa cukup ya. Semoga sahabat yang sedang membaca artikel ini tetap semangat dan jangan putus asa dalam menyelesaikan studinya. Karena ada harapan yang banyak untuk kita wujudkan dan yang terpenting jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Karena faktor yang sering merasuki mahasiswa akhir itu menunda-nunda tugas kuliah demi menuruit hawa nafsu malasnya itu dan lebih memilih untuk rebahan dan bersenang-senang ria.

Baik, yuk simak kumpulan Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Semester Akhir - Semangat SKRIPSI berikut ini!


Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Akhir

Malas adalah penyakit yang obatnya tidak ada di Apotik, oleh karena itu jangan sekali-kali terlena dan memanjakan rasa malasmu

Disaat temanmu sudah mendapatkan kata ACC dari dosen pembimbingnya maka kamu jangan kalah, kamu harus bisa!

Jika temanmu bisa cepat untuk menyelesaikan Laporan PKMnya, artinya Kamu juga bisa!

Ingat!!! Mahasiswa itu bisa lulus bukan faktor kecerdasannya, tapi faktor semangatnya untuk berusaha untuk Lulus!

Dosen Pembimbingmu adalah manusia sama sepertimu, jadi jangan takut untuk berkonsultasi!

Sekali kamu menunda tugasmu, maka selanjutnya kamu akan mudah dikuasai oleh zona nyamanmua!

Jangan suka santai menjelang semester akhir, karena ini adalah waktunya untuk mencapai garis Finish! Tetap Semangat! Gaspoll!!

Saat ini masalahmu itu masih ringan! hanya sebuah Laporan Magang! Karenan nanti akan ada yang lebih berat lagi yaitu proses penyusunan Skripsi.

Jadilah mahasiswa yang bermental Baja, ketika kamu dicaci dan dibuat pusing kamu tetap kuat dan teguh! jangan menangis! soalnya kamu sudah Tua bukan anak TK lagi :)

Memang Dosen Pembimbingmu suka berbeda pendapat denganmu, ya bisa jadi dia sedang mengujimu atau memang sedang mempermainkanmu :)

Belajar dari kata Revisi, yang tak kenal lelah dan terus untuk menjadi terbaik!


Selanjutnya, Next Time ya:)


Akhir Kata

Itulah Kata-Kata Bijak untuk Mahasiswa Semester Akhir untuk tetap semangat dalam mengerjakan skripsinya hingga selesai. Semoga kata-kata bijak ini dapat bermanfaat dan menjadi asupan gizi yang baik bagi sahabat semua terutama yang saat ini sedang dalam masa dilema dan stress menjadi mahasiswa semester akhir. Sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel