11 Tips Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Virus Corona

Tips Cara untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh atau imun tubuh Agar Terhindar Virus Corona - Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Namun, ada hal-hal yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh atau daya tahannya, sehingga memiliki pelepasan masuknya virus Covid-19. Kemudian, bagaimana meningkatkan kekebalan tubuh sehingga fungsi sistem kekebalan tubuh selalu dipertahankan, ia juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan terhindar dari masuknya Covid-19.

Tips Tingkatkan Imun Tubuh

Tips Tingkatkan Imun Tubuh

Secara umum, hal-hal yang melemahkan sistem kekebalan tubuh atau daya tahan seseorang sangat ditentukan oleh penuaan, malnutrisi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh menjadi kuat, sehat dan dapat mencegah masuknya virus Corona atau Covid-19.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat daya tahan tubuh Anda lebih kuat tahan terhadap paparan virus Corona:

1. Kelola stres kalau perlu hindari stres dengan baik

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol tingkat tinggi dapat mengganggu pekerjaan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh Anda dipertahankan dan kuat terhadap infeksi virus korona.

Stres dapat dikontrol dengan hal yang sederhana, misalnya dengan cukup tidur setiap hari. Anda juga dapat melakukan hal-hal menyenangkan sehingga tubuh dan pikiran Anda bersantai, misalnya berkumpul dengan teman-teman, jalan-jalan, melakukan hobi Anda, atau meditasi.

2. istirahat yang cukup

Meskipun kedengarannya sederhana, kurang tidur terbukti berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah penurunan daya tahan, sehingga berbagai penyakit dapat lebih mudah diserang. Cukup tidur dapat membuat tubuh Anda lebih kuat terhadap paparan virus korona. Orang dewasa perlu tidur sekitar 7-8 jam setiap hari, sementara anak-anak perlu tidur 10 jam atau lebih.

3. Berhenti merokok dan alkohol

Selain memperkuat daya tahan dengan berbagai cara di atas, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti berhenti merokok, mengurangi minuman beralkohol minum, tidak memiliki seks yang berisiko, dan minum air yang cukup.

4. Jalankan gaya hidup sehat

Olahraga juga terbukti dapat meningkatkan daya tahan dan meredakan peradangan. Namun, Anda perlu mengingat, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik pada sistem kekebalan tubuh daripada olahraga yang hanya sesekali.

Jadi, luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Selain itu, mempertahankan diet dan makan makanan sehat juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh sehingga dapat menjaga tubuh tubuh kuat.

5. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan kaya akan antioksidan, seperti sayuran, buah-buahan, dan tanaman herbal, dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Jika ada banyak radikal bebas dalam tubuh Anda, pekerjaan sistem kekebalan tubuh dapat terganggu dan Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus korona.

Selain itu, untuk menjaga kekebalan tubuh, asupan gizi yang cukup juga diperlukan. Meningkatkan konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian sehingga sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Bawang dan jahe juga baik untuk konsumsi karena konten diyakini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan meredakan peradangan.

6. Konsumsi suplemen untuk resistensi tubuh

Untuk mencegah infeksi virus korona, Anda juga dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen yang dapat memperkuat resistensi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen, seperti vitamin C (natrium askorbat), vitamin B3 (nicotinamide), vitamin B5 (dexpanthenol), vitamin B6 (pyridoxine hcl), vitamin E (alpha tocopheryl), seng picolinate, dan natrium selenite , dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam pertempuran infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, termasuk infeksi virus korona.

Di sisi lain, vitamin B3, B5, dan B6 dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak oleh rasa sakit. Selain itu, Anda juga dapat memilih suplemen yang berisi ekstrak tanaman, misalnya Echinacea Purpurea dan Black Elderberry. Dua tanaman herbal diyakini dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, termasuk infeksi virus korona.

7. Hindari Dehidrasi

Dehidrasi sangat memengaruhi resistensi tubuh manusia, terutama sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Dehidrasi sangat berpengaruh pada konsentrasi dan hilangnya resistensi tubuh atau immum, sehingga sangat rentan terhadap masuknya virus korona.

8. Rajin berolahraga

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh lainnya adalah berolahraga secara teratur. Kegiatan ini menghemat banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (keropos tulang).

Olahraga dapat merangsang pekerjaan antibodi dan sel darah putih, yaitu sel-sel kekebalan yang berfungsi terhadap berbagai penyebab penyakit. Berkat olahraga, sel darah putih dapat diedarkan lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit.

Manfaat lain dari olahraga adalah membantu menghilangkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Ini membuat orang rajin berolahraga tidak mudah terkena flu atau penyakit pernapasan lainnya.

Selain itu, berolahraga dengan rajin memiliki dampak positif pada kesehatan mental karena olahraga terbukti dapat menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kepercayaan diri, untuk meningkatkan daya tahan. Berikan waktu untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit.

9. Mencuci tangan yang rajin

Sejak dahulu kala, daya tarik tangan mencuci yang rajin menggunakan sabun secara agresif menyebar. Tidak hanya ketika sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan menggunakan sabun perlu dilakukan pada peluang berikut:

  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah memegang hewan.
  • Menjadi dekat orang yang batuk atau pilek.
  • Setelah menggunakan mode transportasi umum.

Langkah ini penting untuk melindungi diri dari transmisi penyebab penyakit. Rajin mencuci tangan dengan sabun akan mengoptimalkan upaya yang telah Anda lakukan dalam mempertahankan atau meningkatkan daya tahan.

Gunakan sabun yang dapat memberikan perlindungan total dan keseluruhan pada kulit. Sabun cuci tangan Lifebuoy memiliki konten antibakteri yang dapat melindungi Anda dari 10 kuman yang menyebabkan masalah kesehatan yang berevolusi lebih kuat.

10. Berjemur di bawah Terik Matahari yang Cukup

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan resistensi tubuh adalah vitamin D. Di situs Kompas, dosen di Fakultas Kedokteran, Sebelas Maret University Solo, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi SPKK (K) berkata, berjemur di bawah sinar matahari bisa bermanfaat bagi kekebalan tubuh jika dilakukan dengan benar.

Dia menyarankan masyarakat untuk berjemur pada pukul 08.00-09,00 WIB atau 11.00-13.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Anda cukup berjemur selama 10-15 menit per sesi, sebanyak 2-3 kali seminggu.

11. Jaga kebersihan lingkungan

Kebersihan satu orang dapat menentukan risiko besar atau kecil dari risiko Anda yang terpapar pada penyebab penyebab infeksi. Di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia menjelaskan, paparan mikroorganisme di lingkungan Anda juga berpartisipasi dalam membentuk pola pengembangan respon imun Anda, yang dianggap memengaruhi kerentanan Anda terhadap penyakit menular dan metabolisme.

Tempat tinggal yang buruk dengan sanitasi dapat memberikan kesempatan untuk menumbuhkan berbagai mikroorganisme dibandingkan dengan tempat tinggal sanitasi. Pertahankan kebersihan lingkungan di mana Anda hidup untuk mengurangi risiko paparan penyebab penyebab infeksi.

Akhir Kata

Hal lain selalu konsisten menggunakan topeng saat bepergian atau berinteraksi dengan orang lain; Cuci tangan secara teratur dengan air dan sabun, atau dengan pembersih tangan; Jangan menyentuh wajah, hidung, dan mata dengan tangan kotor atau belum mencuci tangan; dan hindari kerumunan dan menjaga jarak atau jarak fisik. Semoga bermanfaat Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Virus Corona

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....