5 Hal yang perlu Anda ketahui tentang Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari Cincin Bahaya Bagi Mata dan ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Gerhana Matahari Cincin - Eclipse Sun adalah salah satu fenomena alam yang selalu menarik perhatian publik. Meskipun gerhana matahari telah menjadi fenomena yang ditakuti manusia, tetapi pada saat ini fenomena alam ini ditunggu secara individual oleh masyarakat. Salah satunya adalah Eclipse Cincin Solar yang terjadi pada 10 Juni 2021.

Eclipse surya cincin ini atau gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan melintasi antara matahari dan bumi tetapi tidak sepenuhnya menutupi matahari, sehingga menciptakan cincin (api) yang bersinar di sekitar bayangan. Sayangnya, gerhana matahari ini tidak akan terlihat di Indonesia seperti fenomena Blood Moon bulan lalu, yang hanya akan terlihat di Kanada Utara, Greenland dan Rusia.

Gerhana Matahari Cincin

bahaya Gerhana Matahari Cincin

Meskipun peristiwa gerhana matahari cincin ini hanya berlangsung beberapa menit, tetapi momentum berharga ini sering disambut oleh banyak orang. Alasannya, fenomena alam ini tidak sering terjadi dan membutuhkan waktu yang lama untuk muncul kembali di lokasi yang sama atau belahan bumi.

Sama seperti fenomena alam lainnya, gerhana matahari cincin juga tidak dapat dipisahkan dari mitos yang berkembang di masyarakat, bahkan sering dikaitkan dengan peristiwa mistik. Nah, pada materi kali ini kita akan membahas hal-hal apa yang perlu diketahui tentang gerhana matahari ini, apa yang kamu.

1. Fenomena alam

Ini adalah salah satu fenomena alam yang terjadi ketika bulan sejalan dengan Bumi dan Matahari, dan Bulan berada di titik terjauh dengan Bumi. Fenomena ini menyebabkan cakram bulan terlihat lebih kecil dari matahari dan tidak akan menutupi hidangan matahari sepenuhnya, sehingga terlihat seperti cincin.

2. Fenomena langka

Eclipse surya ini adalah salah satu peristiwa langka di Indonesia dan di dunia. Di Indonesia sendiri, Ring Solar Eclipse telah terjadi pada 22 Agustus 1998, 26 Januari 2009, 26 Desember 2019, 21 Juni 2020, 10 Juni 2021, dan 4 Desember 2021.

3. Ada Rentang waktu yang berbeda

Dalam penampilannya, gerhana matahari cincin ini dalam rentang waktu yang berbeda. Bahkan LAPAN memprediksi gerhana matahari ini dapat terjadi lagi dalam beberapa tahun ke depan.

4. Pengaruhnya di bumi

Secara umum, matahari dan fenomena bulan akan berpengaruh signifikan terhadap perubahan iklim di dunia. Namun, tidak demikian dengan Eclipse Solar Cincin ini, di mana fenomena alam ini akan berdampak pada telekomunikasi frekuensi tinggi (gelombang pendek) di dunia.

5. Dapat merusak mata

Jangan pernah melihat matahari atau gerhana tanpa perlindungan mata kanan seperti gerhana Kacama. Karena matahari dapat membakar retina mata yang menghasilkan kerusakan permanen dan bahkan kebutaan.

Ada beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana matahari dengan aman, antara lain, kamera lubang jarum atau kamera lubang jarum, kacamata matahari, binocular atau teleskop dan kamera DSLR dengan filter sinar matahari khusus.

Akhir Kata

Nah, itulah 5 Hal yang perlu Anda ketahui tentang Gerhana Matahari Cincin yang dapat kami sajikan. Semoga ini bisa menambah pengetahuan kita semua. Nantikan moment datangnya gerhana matahari tersebut ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....