5 Upaya Mencegah Erosi Tanah yang Dapat Anda Lakukan!

Beberapa Upaya Mencegah Erosi Tanah yang Dapat Anda Lakukan! - Tanah adalah elemen yang sangat penting bagi kehidupan organisme di Bumi. Namun, eksploitasi tanah oleh aktivitas manusia yang terjadi secara besar-besaran menghasilkan erosi pada permukaan tanah, sehingga membahayakan makhluk hidup di sekitarnya. Nah, apakah ada upaya untuk mencegah erosi ini?

Upaya Mencegah Erosi Tanah

Erosi adalah erode lapisan atas tanah (tanah atas) oleh angin, air atau kegiatan lain di alam. Jika dibiarkan terus-menerus tanah akan kehilangan kesuburan dan kehidupan organisme pada itu akan terganggu. Karena alasan ini, upaya diperlukan untuk menjaga keberlanjutan tanah sehingga mereka dapat mencegah erosi dan kehancuran tanah lainnya.

Upaya Mencegah Erosi yang Dapat Anda Lakukan

Ada beberapa upaya atau pencegahan yang dapat dilakukan manusia dalam mencegah erosi meliputi:

1. Greening

Greening adalah aktivitas penanaman yang berkembang di darat yang dianggap penting karena bencana alam atau aktivitas manusia. Ini dilakukan agar tanah kritis dapat menjadi hijau kembali dan memiliki kualitas gizi yang baik.

Tanaman yang digunakan untuk penghijauan biasanya tanaman pinus, agatis dan puspa. Menanam pohon ini bertujuan agar tanahnya tidak terlalu tandus, mempertahankan erosi, meningkatkan nutrisi pada tanah dan mengetuk kesuburan tanah. Selain itu, hutan lebat akan mencegah kerusakan tanah yang disebabkan oleh sinar matahari, banjir, dan tanah longsor.

2. Mengurangi pencemaran Tanah

Upaya untuk mencegah erosi salah satunya dapat dilakukan dengan mengurangi polusi tanah. Ini dapat dikurangi dengan mendaur ulang limbah anorganik dan mengurangi penggunaan plastik.

Selain itu, industri rumah tangga dan industri besar harus berpartisipasi dalam menjaga kesuburan tanah dengan menyaring limbah sebelum dilempar ke sungai atau knalpot di tanah. Sehingga logam berat dan zat berbahaya tidak dicampur di tanah. Selain itu, itu tidak akan mencemari air di tanah.

3. Gunakan pupuk kimia skala kecil

Memberikan pupuk anorganik skala besar akan membuat kadar kimia di tanah beracun lebih tinggi. Untuk alasan ini, gunakan pupuk yang memadai sehingga nutrisi di tanah tetap seimbang. Untuk yang lebih aman dan elemen gizi meningkat menggunakan pupuk organik baik kompos dan pupuk kandang untuk pupuk tanah.

4. Lakukan metode vegetatif pada konservasi tanah

Metode vegetatif adalah cara untuk melestarikan tanah, selain itu juga dapat melindungi dari kehancuran tanah yang disebabkan oleh aliran air. Metode vegetatif juga dilakukan untuk membantu menyerap air dengan akar tanaman di tanah. Di bawah ini adalah contoh dari metode tanah vegetatif, antara lain:

  • Cover Crop, metode yang dibuat dengan mengubur sisa tanaman atau tubuh makhluk hidup ke bawah tanah, sehingga akan menciptakan nutrisi dan penyerapan air secara optimal karena rongga tanah akan terjadi.
  • Crop Rotation atau Rotasi tanaman, yang menanam tanaman secara bergantian sesuai dengan waktu tertentu.
  • Buffering, yaitu menanam berbagai jenis tanaman seperti tanaman rumput yang sering dan keras di lereng yang memiliki posisi curam.
  • Mulching, yaitu untuk melindungi tanah dari aliran air yang sangat berat dengan menimbun berbagai jenis tanaman mati.

5. Metode Mekanik Konservasi Tanah

Metode ini adalah metode melestarikan lahan sehingga tidak ada erosi dan dapat mengatasi dampak erosi itu sendiri. Di bawah ini adalah metode mekanika konservasi tanah, antara lain:

  • Terasering, yang membuat tanah lahan miring menjadi pola bertingkat. Itu dibuat dengan tujuan meminimalkan kecepatan air dan tanah dapat menyerap air secara maksimal.
  • Telanja / Contour tillager, yaitu untuk membuat pola di darat dalam bentuk paralel dengan kontur darat. Ini bertujuan untuk memperbesar air untuk infiltrasi dan dapat menghambat kecepatan volume air.
  • Countour plowing, yaitu teknik mengetuk tanah dengan membajak sawah. Ini bertujuan untuk mencegah erosi.
  • Membuat Chek Dam, yang membuat bendungan kecil sehingga air dapat disalurkan ke parit. Selain itu, ia berfungsi untuk mencegah erosi tanah dan menghindari pengendapan sungai.
  • Membuat Pematang, metode ini dilakukan agar aliran air dapat berjalan dengan lancar di daerah yang rentan terhadap erosi.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan 5 Upaya Mencegah Erosi yang Dapat Anda Lakukan! yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....