5 Jenis Saluran Pemasaran Digital yang Perlu Kamu Ketahui!

Jenis Saluran Pemasaran Digital - Pemasaran digital adalah salah satu hal yang sekarang ini wajib untuk dilakukan agar supaya bisnis bisa berkembang secara signifikan. Akan tetapi tentunya soal konsep itu harus diketahui dulu oleh marketer supaya bisa mengambil strategi pemasaran digital yang terbaik. Ada konsep pemasaran digital yang harus diketahui setiap marketer untuk bisa mengambil langkah yang terbaik. 

Apabila kita sudah tahu konsep dari beberapa jenis saluran pemasaran digital yang ada, maka kita bisa mempergunakannya dengan baik. Pemanfaatannya jelas akan lebih maksimal dan bisa membuat bisnis kita akan semakin luas pasarnya dan juga makin berkembang. Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan konsep dari setiap saluran pemasaran digital.

Pengertian Saluran Pemasaran Digital

Jenis Saluran Pemasaran Digital

Sebelum masuk ke beberapa jenis dan pilihan saluran pemasaran digital, kami akan jelaskan dulu mengenai saluran pemasaran digital. Ini adalah sebuah media yang bisa dipergunakan untuk melakukan pemasaran digital, dan sekarang medianya itu ada banyak. Setiap saluran memiliki konsep tersendiri yang harus dipahami supaya bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Pilihan Saluran Pemasaran Digital

Dengan perkembangan teknologi pada masa sekarang, memang sudah membuat ada banyak saluran yang bisa dipakai untuk pemasaran digital. Namun sebelum kita mempergunakan saluran pemasaran digital tersebut, kita harus memahami konsepnya terlebih dahulu. Kalau sudah memahami konsepnya maka kita akan bisa mempergunakannya, berikut ini penjelasannya. 

1. PPC

PPC atau pay per click adalah sebuah iklan berbayar yang hanya dibayarkan ketika iklan tersebut di klik. Ketika iklan PPC kita dipasang pada beberapa situs, maka akan ada biaya per klik yang harus dibayarkan oleh perusahaan kita. Iklan tersebut secara konsep adalah membeli pengunjung supaya mendatangi situs kita. 

Untuk iklan dalam bentuk video itu biasanya bayarannya adalah setiap 1000 kali penayangan iklan tersebut. Namun biasanya untuk pemutaran video sendiri biaya per klik yang dikenakan pada kita akan jauh lebih besar. Penempatan iklan PPC ini menjadi kunci utama dalam keberhasilan pemasaran digital, jadi harus dipertimbangkan dengan baik. 

2. SEO

SEO itu adalah Search Engine Optimization, ini adalah proses menghasilkan konten yang bisa membawa kita pada rangking teratas. Biasanya pada mesin pencari seperti Google, di mana memang dengan SEO ini maka situs kita bisa menjadi yang paling atas dalam pencarian. Proses pembuatannya sendiri bisa dengan kata kunci yang populer. 

Saluran SEO ini bukan hal yang mudah dilakukan, karena banyak mesin pencari yang terus mengembangkan algoritma mesin pencari. Ini bertujuan memberikan kenyamanan bagi pencari, dan kita harus terus memahami algoritma itu untuk memanfaatkan sebagai saluran pemasaran digital. 

Berbagai cara seperti PPC dan SEO ini memang bertujuan untuk membuat kita berada di posisi teratas pada mesin pencari. Sehingga ketika sudah berhasil di posisi teratas dengan SEO, maka kita tidak perlu lagi pakai PPC. Dan biaya iklan sudah pasti berkurang. 

3. Pemasaran Email

Saluran berikutnya adalah email, dan memang ini merupakan salah satu pemasaran yang tingkat penjualannya akan lebih tinggi. Karena untuk melakukan pemasaran melalui email itu butuh persetujuan dari konsumen dengan cara mendaftar pada buletin atau peringatan Anda. Nah kalau orang sudah mau mendaftar maka berarti sudah ada ketertarikan. 

Media pemasaran email ini pun memang menjadi media yang paling mudah dipakai untuk mengedukasi konsumen akan produk kita. Karena kita bisa memberikan informasi, promo, dan juga mungkin tips untuk menggunakan produk kita tersebut. 

4. Pemasaran Influencer

Saluran berikutnya adalah pemasaran melalui influencer yang menggunakan dukungan dengan penyebutan produk. Influencer itu adalah individu yang memiliki pengikut di media sosial, dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk mempengaruhi. Dengan begitu mereka bisa meningkatkan ketertarikan pengikutnya akan suatu produk ataupun layanan. 

Banyak perusahaan yang menggunakan influencer karena bukan hal mudah untuk membangun pengikut sendiri dan membutuhkan banyak waktu. Dengan influencer kita bisa mendapatkan kepercayaan dan juga minat produk. Dan untuk menggunakan saluran ini kita harus memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan produk kita. 

5. Iklan Media Sosial 

Saluran berikutnya adalah jalur iklan yang disediakan oleh sosial media, sekarang kita sudah bisa beriklan di sosial media. Selain itu iklan yang kita buat pun bisa diatur seperti area, rentang usia, jenis kelamin dan lain sebagainya. Sehingga mungkin iklan yang dibuat itu akan jauh lebih efektif dan biayanya pun sesuai dengan pengaturan yang kita buat.

Penggunaan Saluran Pemasaran Digital

Penggunaan saluran tersebut memang bisa dipadukan semua namun tentunya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Tapi bisa juga mempergunakan jasa pemasaran digital yang tentunya akan bisa memanfaatkan setiap saluran pemasaran digital tersebut dengan maksimal. Kalian pun bisa konsultasi dan menyesuaikan strategi pemasaran digital yang diinginkan.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel