Definisi Cemburu yang Perlu Kamu Ketahui!

Definisi Cemburu - Sejauh mana cemburu pada pasangan yang dikatakan biasa-biasa saja. Banyak orang membenarkan cemburu pada pasangannya ketika dia hanya sedikit bertingkah. Melihatnya sibuk mencuri pandang ke wanita lain, hatinya terasa panas membara. 

Meski Cemburu Menguras Hati orang bilang cemburu itu tanda cinta. Tapi, apakah itu benar, sejauh mana kecemburuan masih dianggap sehat dan di manakah kecemburuan yang merusak dan hampir mengarah pada posesif-obsesif. Yuk simak penjelasan dibawah ini tentang cemburu.

Definisi Cemburu

Definisi Cemburu

Cemburu adalah naluri alamiah manusia, yang dirasakan ketika ada ancaman baik itu sesuatu atau seseorang yang dianggap membahayakan keberadaannya. Kecemburuan membuat Anda merasa tidak nyaman, tidak dihargai, sensitif, marah, sedih, frustrasi, dan bahkan dapat menyebabkan kecemasan atau depresi. Meski begitu, cemburu merupakan hal yang wajar dirasakan oleh setiap manusia.

Cemburu Yang Sehat Itu

Menurut psikolog Anne Stirling Hastings, kecemburuan adalah hal yang normal dan perlu saat Anda menjalin hubungan. Namun, Anda dan pasangan harus terlebih dahulu mengetahui apa yang diinginkan satu sama lain dalam hubungan dan menetapkan batasan yang disepakati bersama. Misalnya, Anda berdua menyetujui aturan untuk tidak pergi berduaan dengan mantan masing-masing. 

Kecemburuan adalah tanda bahwa Anda menghormati komitmen yang Anda berdua buat sebelumnya, dan akan merasa kecewa jika komitmen tersebut dilanggar. Sebab kecemburuan menyebabkan lonjakan kadar hormon testosteron dan kortisol dalam tubuh Anda. Kedua hormon ini membuat Anda memiliki keinginan untuk menjaga pasangan anda setiap kali anda dilanda rasa cemburu itu. 

Hal ini juga diperkuat dengan meningkatnya aktivitas septum lateral, bagian otak yang berperan dalam mengontrol emosi dan bonding dengan pasangan. Karena itu, Anda akan melakukan apa saja untuk mempertahankan hubungan Anda. Misalnya dengan lebih memperhatikan kebutuhan pasangan anda. 

Baik kebutuhan fisik seperti makanan maupun kebutuhan emosional, seperti mendengarkan cerita mereka. Jadi, kecemburuan bertindak sebagai alarm yang mengingatkan Anda bahwa hubungan cinta harus selalu dipupuk, bukan dibiarkan begitu saja. Namun kecemburuan bisa dianggap sehat ketika Anda masih bisa berpikir logis, tidak membesar-besarkan masalah sehingga dibiarkan berlarut-larut. 

Misalnya anda mencurigai pihak ketiga dalam hubungan anda. Pada saat-saat seperti ini, jangan biarkan kecemburuan menjadi liar di hati Anda. Kecemburuan yang sehat adalah ketika Anda mampu menenangkan diri dan mulai berbicara dengan pasangan tentang masalahnya. 

Anda dapat berbicara dengan baik tanpa dibutakan oleh emosi. Selama pasangan Anda menjelaskan jawaban atas pertanyaan Anda, Anda harus mendengarkan dengan seksama dan mengesampingkan kecurigaan yang berlebihan. 

Seperti apa Cemburu yang tidak sehat itu?

Jika Anda menjadi obsesif dan menunjukkan perilaku posesif, seperti memeriksa ponsel pasangan Anda, memeriksa teks dan obrolan, menjawab panggilan masuk, memeriksa Facebook dan email, hingga diam-diam mengikuti pasangan Anda ke mana pun dia pergi hati-hati, ini bisa menjadi pertanda. kecemburuan yang tidak sehat. 

Tak jarang kecemburuan yang tidak sehat ini bisa berujung pada konflik, perpisahan, atau bahkan kekerasan dalam hubungan. Salah satu hal yang dapat meredakan rasa iri dan tidak nyaman adalah dengan membangun kepercayaan pada diri sendiri dan pasangan. Selalu tanamkan dalam hubungan Anda bahwa komunikasi itu penting dalam hubungan romantis. 

Anda dan dia sama-sama harus berkomitmen untuk saling terbuka saat masalah melanda, terutama soal kecemburuan. Mengekspresikan kecemburuan dengan marah, sarkastik, atau menuduh pasangan Anda dalam segala hal tidak akan membuat segalanya menjadi lebih baik. Keingintahuan Anda tidak mungkin untuk dijawab. Itu selalu baik untuk berkomunikasi dengan baik dengan kepala dingin. 

Kemudian, jelaskan bagaimana perasaan Anda dan diskusikan bersama bagaimana mencari solusi. Ini akan memungkinkan Anda untuk merasa lebihlega, puas mengungkapkan isi hati dan mencegah pasangan Anda bingung oleh perilaku cemburu anda. Demikian penjelasan tentang Definisi Cemburu semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel