Tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah dan muamalah

Tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah dan muamalah - Istiqomah dalam beribadah dapat diartikan sebagai sikap untuk selalu menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT sebagai ibadah atau konsisten dalam berbuat kebaikan. Selalu istaqamah atau istiqomah di Jalan Allah adalah jalan terbaik untuk kita semua. 

Dalam kehidupan yang semakin modern dan berkembang ini, kita dihadapkan pada fenomena fakta fatamorgana, dimana sesuatu yang baik dan benar dianggap asing dan dipandang sebelah mata. Maka sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk istiqomah menjaga sunnah dan amalan wajib. Jalani semua perintah Allah dan Rasul-Nya dan jauhi semua larangan sejauh mungkin. 

Tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah

Tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah

Karena kita tahu bahwa kematian bisa datang dimana saja dan kapan saja. Sebagai seorang muslim, husnul khotimah harus menjadi impian tertinggi dalam kehidupan fana ini. Istiqomah adalah upaya seseorang untuk mengikuti ajaran Islam yang benar dengan tidak menoleh ke kanan atau ke kiri. 

Istiqomah ini meliputi pelaksanaan segala bentuk ketaatan kepada Allah secara lahir dan batin, serta meninggalkan segala bentuk larangan-Nya. Ada beberapa tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah dan muamalah:

Tips untuk selalu istiqomah?

1. Niat yang tulus untuk bertindak sesuai dengan ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Ini adalah upaya utama kami ketika kami aktif setiap saat. Sebagai tolak ukur pertama dalam beribadah dan muamalah. Sebagai dasar untuk melaksanakan amalan yang telah diajarkan. Dengan niat yang lurus dan tulus, disertai dengan keikhlasan tanpa rasa kasihan sebagai seorang muslim, saya ingin bertemu dengan Sang Pencipta dalam keadaan bahagia.

Perbaiki niat kita agar tidak meleset karena godaan kanan dan kiri yang memikat. Satukan hati dan pikiran kita hanya kepada-Nya kita berdzikir agar sifat-sifat tercela tidak terpikirkan. Dengan niat yang baik dan benar maka akan diperoleh kebaikan dan pahala yang dijanjikan, hanya kepada Allah SWT niat tulus kita adalah untuk mendapatkan kesenangan dalam segala kesibukan. Seorang muslim harus membersihkan hatinya dari sifat ingin dipuji atau tujuan duniawi ketika melakukan perbuatan ketaatan kepada-Nya. 

2. Perbanyak doa kepada Allah swt agar selalu diberikan istiqomah

Sholat adalah senjata paling mutakhir setiap muslim. Tanpa merasa lelah kita memohon kepada Allah SWT untuk selalu berada di jalan istiqamah yang murni, dimana tidak ada amal kita yang sia-sia karena sikap riya' sekecil biji sawi. Kami berdoa agar selalu dijauhkan dari hati yang berbisik-bisik kejelekan dan kejahatan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya seorang muslim berdoa agar hatinya dikuatkan dalam ketakwaan dan keimanan. 

3. Memperkuat tekad untuk berusaha mengingat kemuliaan orang yang istiqomah

Perjuangan dalam kebaikan dan ketakwaan itu sangat besar, tentunya pengorbanan akan dibarengi dengan pahala yang menggiurkan, walaupun balasannya jauh dari pandangan mata, jauh dari angan-angan namun kita sebagai muslim harus teguh pendirian, kuat. Dalam iman, sampai Allah swt memberikan balasan yang baik. mulia karena ketabahan kita.

Di antara cara untuk tetap istiqomah di jalan Allah:

1. Luruskan niat

Sebelum seseorang melakukan ibadah ia harus memiliki niat dalam hatinya. Dengan niat yang lurus dan hanya mengharap keridhaan Allah SWT, seseorang akan lebih mudah dalam menjalankan ibadahnya dan tidak mudah tergiur dengan hal-hal yang dapat menghambat ibadahnya.

2. Memahami makna akidah

Seorang muslim tentu mengetahui dan mengetahui dua kalimat syahadat namun tidak semua orang mengetahui makna sebenarnya dari kedua kalimat syahadat tersebut. Ibadah itu sendiri merupakan konsekuensi dari akidah seorang muslim dan bersifat mengikat.

3. Perbanyak membaca Al Qur'an

Membaca Al-Qur'an setiap hari secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membantu seorang muslim untuk lebih beribadah di jalan Allah SWT. Dan Tingkatkan kualitas ibadah sedikit demi sedikit, Berteman dalam kebaikan pastikan selalu Berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Demikianm penjelasan dari saya tentang Tips untuk selalu istiqomah dalam beribadah dan muamalah di Jalan Allah semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....