10 Tips Menabung untuk Membangun Rumah Sendiri

Tips Menabung untuk Membangun Rumah Sendiri - Menabung cukup untuk membeli rumah rasanya terasa mustahil. Tetapi dengan rencana penghematan yang solid dan termanajemen dengan baik, siapa pun dia akan dapat menyisihkan cukup untuk uang muka untuk memiliki rumah impian mereka. Sebenanya ada beberapa strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menabung untuk membangun rumah, tentu ini sedikit lebih mudah.

Hari ini, kami akan menunjukkan beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk menghemat pengeluaran Anda dan bisa untuk membeli rumah atau membangun rumah impian masa depan Anda. Silahkan simak tipsnya berikut ini!

Tips Menabung untuk Membangun Rumah Sendiri

Tips Menabung untuk Membangun Rumah

Pertama, tentukan berapa banyak yang harus di sisihkan! Jika Anda baru memulai perjalanan untuk memiliki rumah dengan tempat yang bagus, maka untuk memulai adalah mencari tahu jenis rumah yang bagaimana yang Anda mampu miliki. Setelah Anda mempertimbangkan hal ini, Anda akan bisa mendapatkan harapan yang realistis tentang berapa uang yang harus di sediakan.

Menabung untuk Membangun Rumah

Sekarang setelah Anda tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membangun rumah, saatnya untuk mulai menabung. Gunakan strategi ini untuk mulai menabung untuk uang Anda di masa depan.

1. Membangun Anggaran yang Lebih Baik

Langkah pertama dalam proses penghematan adalah penganggaran. Jika Anda tidak tahu ke mana uang Anda pergi setiap bulan, tidak mungkin mengalihkan uang ini untuk disisihkan di tabung. Silahkan cek dulu laporan bank Anda dan semua pembayaran kartu kredit Anda atau nota pembelian. Lihatlah di mana Anda menghabiskan sebagian besar uang tesebut. Perhatikan berapa banyak yang Anda belanjakan untuk kebutuhan seperti sewa, pembayaran pinjaman, uang pendidikan, jajan dan lainnya. 

Kemudian pertimbangkan berapa banyak yang Anda habiskan setiap bulan dalam hal-hal yang tidak penting seperti hiburan, restoran, dll. Aplikasi penganggaran dapat membantu Anda mengotomatisasi proses ini jika Anda ingin menghindari menghitung pengeluaran Anda sendiri.

Setelah Anda mengkategorikan pengeluaran Anda, cari area di mana Anda dapat mengurangi. Tetapkan anggaran yang pasti (namun realistis) untuk setiap kategori dan patuhi itu. Pastikan Anda menganggarkan jumlahnya tertentu untuk di sisihkan atau di tabung setiap bulan. Pertimbangkan tabungan Anda sebagai biaya non-opsional.

2. Pertimbangkan Perampingan

Salah satu cara cepat untuk menghemat lebih banyak pengeluaran adalah perampingan. Perampingan adalah proses mengurangi pengeluaran dan hidup di bawah kemampuan Anda saat Anda menabung. Ketika Anda berhemat, Anda mengurangi jumlah yang Anda bayarkan untuk biaya yang diperlukan dan malah mengalihkan uang ekstra itu ke rekening tabungan.

Jika Anda adalah orang yang masih menyewa rumah atau ngontrak maka bisa pindah ke kost yang lebih kecil atau pindah ke daerah yang lebih terjangkau adalah cara yang bagus untuk berhemat. Banyak orang berhemat saat mereka menabung untuk pembelian besar. Anda mungkin menemukan bahwa Anda menikmati kehidupan yang sederhana.

3. Mengurangi atau memotong kebiasaan buruk

Mengurangi atau sepenuhnya memotong satu kebiasaan buruk dapat membantu Anda menyisihkan uang hingga puluhan setahun. Pertimbangkan untuk berhenti dari kebiasaan tidak sehat ini dan alihkan uangnya ke dana simpanan Anda:

Jika Anda cenderung berbelanja secara langsung atau online (siapa yang tidak suka mendapatkan pengiriman?), Anda dapat mempertimbangkan untuk mengurangi pembelian tersebut. Cobalah untuk berhenti berlangganan dari email pemasaran sehingga Anda tidak terus-menerus melihat penawaran yang masuk di email Anda. Anda akan menghemat uang dan menghindari tumpukan kekacauan pengeluaran di dalam rumah Anda.

4. Meminta kenaikan gaji

Apakah Anda memiliki sedikit uang yang tersisa untuk disimpan setelah Anda dibayar? Mungkin sudah waktunya untuk meminta kenaikan gaji. Gunakan tips ini untuk meningkatkan peluang sukses Anda.

Waktu yang tepat: Mengatur waktu percakapan gaji Anda adalah cara terbaik untuk mengatur diri Anda untuk sukses. Hindari meminta manajer Anda untuk pertemuan selama proyek yang sibuk atau ketika waktu berada di premium. Waktu terbaik untuk meminta kenaikan gaji adalah dari meninjau laporan kinerja tahunan Anda – tetapi selama minggu-minggu setelah menyelesaikan proyek besar juga merupakan pilihan yang sangat baik.

Sebaiknya jangan pernah masuk ke diskusi gaji tanpa persiapan. Kumpulkan data kinerja spesifik dan hasil dari proyek yang telah Anda kerjakan. Perhatikan dengan tepat betapa sibuknya Anda dan apa yang telah Anda kerjakan. Ini akan membantu menunjukkan kepada manajer Anda bahwa mereka tidak mampu kehilangan Anda.

Jadilah percaya diri tetapi bersyukur, sikap Anda selama pertemuan diskusi gaji Anda sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan. Jadilah percaya diri dalam apa yang Anda minta tetapi juga bersyukur dan antusias. Biarkan manajer Anda tahu bahwa Anda membayangkan diri Anda tumbuh dengan perusahaan Anda dan bahwa Anda bersemangat untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab.

5. Lihat Apa Pilihan Pekerjaan Lain di Luar Sana

Beralih pekerjaan dan mendapatkan gaji dengan bayaran lebih tinggi dapat membantu Anda lebih banyak mengumpulkan modal untuk membangun rumah.

Jelajahi situs posting pekerjaan dan situs perbandingan gaji untuk melihat apakah Anda menghasilkan uang sebanyak orang yang bekerja dalam peran serupa. Jika Anda menemukan gaji Anda di bawah rata-rata, pertimbangkan untuk menggunakan temuan Anda sebagai leverage untuk meminta kenaikan gaji atau menanyakan tentang promosi di tempat kerja.

Jika Anda tidak jatuh cinta dengan pekerjaan Anda atau Anda tidak bisa mendapatkan kenaikan gaji, pertimbangkan untuk mencari posisi bergaji lebih tinggi yang memenuhi syarat untuk Anda dapatkan.

6. Lewati Liburan

Menjelajahi destinasi baru bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Sayangnya, itu juga sering mahal. Keluarga rata-rata dapat menghabiskan sekitar  3 -  5 juta untuk liburan.

Pertimbangkan untuk menyimpan uang itu untuk membangun rumah dan nikmati saja desinasi wisaa yang ada di kota Anda sebagai gantinya. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda coba:

  • Jelajahi situs bersejarah di dekat Anda: Anda tidak perlu memesan penerbangan ke luar daerah. Kunjungi museum, cagar alam atau situs bersejarah di dekat Anda untuk terapkan budaya liburan dengan harga yang lebih murah.
  • Cobalah kelas memasak atau seni lokal: Bagi banyak pelancong, kegembiraan mencoba sesuatu yang baru adalah salah satu bagian terbaik dari liburan. Uji hidangan baru di kelas memasak lokal atau buat karya seni di pusat rekreasi terdekat Anda untuk pengalaman belajar berbiaya rendah.

7. Ambil Sisi Keramaian

Dalam fesitval atau acara-acara bazar, lebih mudah untuk mendapatkan uang pada waktu Anda sendiri dari acara sebut dan tentu ini menguntungkan. Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk mencobanya:

Ambil beberapa pekerjaan freelance: Freelancing adalah jenis pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan secara individu untuk klien dan dapat dilakukan kapan saja. Menawarkan keterampilan Anda sebagai seorang penulis, fotografer, seniman, musisi, dan banyak lagi dapat memasukkan uang ke dalam saku Anda sesuai jadwal Anda sendiri.

8. Lunasi  atau Cicil Utang Anda

Jika Anda sedang dalam misi untuk membangun rumah, mengalihkan penghasilan ekstra Anda ke utang Anda mungkin tampak berlawanan dengan cara ini. Namun, salah satu hal pertama yang dicari pemberi pinjaman ketika mereka menganggap Anda sebagai kandidat yang cocok adalah rasio utang terhadap pendapatan (DTI) Anda.

Semakin banyak utang yang Anda miliki, semakin tidak menguntungkan Anda sebagai seorang yang hendak membangun rumah. Ini bisa berarti bahwa Anda akan membayar lebih dalam bunga utang tersebut.

Luangkan waktu untuk mengurangi utang Anda sebelum Anda mmbangun rumah. Lihatlah dengan tepat berapa banyak Anda berutang pada kartu kredit Anda, pinjaman pribadi dan pinjaman mobil, dan buat rencana untuk mengatasinya.

9. Menyewakan Aset yang Anda Miliki

Apakah Anda memiliki kamar tidur tambahan di dalam kost Anda? Anda dapat menyewakannya kepada orang lain. Atau Anda mempunyai alat elektronik yang tak terpakai maka Anda jua dapat menyewakannya kepada orang lain.

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan dan memiliki halaman luas maka Anda dapat  menjadikannya sebagai area parkir. Jika Anda tinggal di daerah padat penduduk, ini bisa menjadi sumber uang ekstra yang luar biasa pada akhir pekan.

10. Otomatiskan Gaji atau Pendapatan Anda untuk di Tabung

Jika Anda adalah tipe orang yang suka sekali berbelanja setelah menerima gaji, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengotomatisasi tabungan Anda. Begini cara kerjanya: pertama, putuskan berapa banyak yang ingin Anda hemat per bulan untuk di tabung.

Hubungi bank Anda dan otorisasi penarikan otomatis dari rekening utama Anda ke rekening tabungan terpisah. Bank Anda akan secara otomatis mengambil uang dari akun Anda setiap bulan dan memasukkannya ke dalam akun terpisah.

Ini dapat berguna bagi orang-orang yang mengalami kesulitan mengelola uang mereka. Ketika Anda membuat uang Anda kurang dapat diakses, Anda mungkin kurang tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Ingatlah untuk menjadwalkan penarikan Anda pada hari gajian Anda atau ketika Anda tahu Anda akan memiliki cukup uang.

Akhir Kata

Jika Anda ingin menabung untuk membangun rumah, Anda harus memiliki rencana yang solid dan matang. Tapi pertama-tama, pastikan Anda tahu berapa banyak yang Anda butuhkan untuk membangun rumah tesebut. Meskipun banyak orang percaya bahwa mereka membutuhkan uang ratusan juta untuk membangun rumahnya, dan tentu ini bisa lebih. Nah, demikianlah Tips Menabung untuk Membangun Rumah Sendiri yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....