7 Langkah Agar Tetap Fit Secara Finansial

Tips Agar Tetap Fit Secara Finansial - Ketika Anda masih muda, memeriksa status keuangan Anda mungkin tampak seperti sesuatu yang masih normal-normal saja tentu ini akan berbeda jika Anda sudah berkeluarga. Karena hidup berkeluarga akan semakin banyak pengeluaran di setiap bulannya. Maka dari itu mumpung Anda masih sendiri biasakanlah dalam mengelola keuangan dengan baik

Tips Agar Tetap Fit Secara Finansial

7 Langkah Agar Tetap Fit Secara Finansial

Buat Anda yang sampai saat ini masih susah dalam memanajemen keuangan maka dapat menyimak ulasan ini sampai selesai. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan agar tetap Fit secara Finansial.

1. Memahami Aset dan Kewajiban Anda

Aset yang Anda miliki dan utang atau kewajiban yang Anda miliki menentukan kekayaan bersih Anda. Aset mungkin termasuk uang tunai, tabungan, saham, obligasi, rekening pensiun, real estat dan apa pun yang bernilai seperti mobil atau barang koleksi. Kewajiban mungkin termasuk asuransi, uang pendidikan, pinjaman mobil, tagihan jatuh tempo dan utang kartu kredit. Pertimbangkan untuk menghitung jumlah kekayaan bersih Anda di setiap tahun dengan menambahkan nilai semua aset yan Anda miliki dan mengurangi kewajiban Anda. Ini dapat membantu Anda mengawasi gambaran keuangan Anda secara keseluruhan.

Tips: Jika Anda baru saja keluar dari perguruan tinggi dan memiliki banyak hutang pinjaman mahasiswa, Anda mungkin memiliki kekayaan bersih negatif. Itu belum tentu buruk. Itu berarti Anda harus melakukan beberapa pekerjaan agar keuangan dapat membaik.

2. Menilai Tujuan Anda

Setahun sekali, pikirkan tentang tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang Anda. Apakah masing-masing masih relevan? Berapa biayanya? Apakah Anda berada di jalur yang tepat? Beberapa tujuan jangka panjang, seperti bepergian di masa pensiun, mungkin tidak berubah secara substansial dari tahun ke tahun. 

Tujuan jangka pendek, seperti melunasi tagihan hutang non kartu kredit, kartu kredit, dan tujuan jangka menengah, termasuk menabung untuk rumah, modal nikah dan ini juga dapat berubah lebih sering. Anda mungkin memutuskan untuk mengevaluasi kembali hal itu setiap tiga sampai enam bulan.

3. Periksa Laporan Kredit Anda

Laporan kredit Anda berisi informasi tentang status akun kredit Anda dan riwayat pembayaran tagihan Anda. Skor kredit yang baik sangat penting untuk memenuhi syarat untuk pinjaman dengan harga terbaik.

Biro Perlindungan Keuangan Konsumen (CFPB) merekomendasikan untuk memeriksa laporan Anda setidaknya setahun sekali untuk memastikannya up to date dan benar. Plus, CFPB menyarankan pemeriksaan tambahan sebelum mengajukan pinjaman untuk pembelian besar seperti mobil dan rumah. 

4. Beri Nama Penerima Manfaat Anda

Ketika Anda membuka rekening pensiun atau membeli polis asuransi, Anda mungkin akan diminta untuk menyebutkan nama penerima manfaat - orang yang akan mengumpulkan dari akun jika terjadi kematian Anda. Pernikahan, kelahiran anak-anak, perceraian dan kematian dapat mempengaruhi pilihan Anda. 

Biasanya pasangan Anda adalah penerima manfaat default Anda, tetapi Anda juga mungkin ingin menunjuk anak-anak atau orang lain. Meskipun penunjukan mungkin tidak akan sering berubah, masih merupakan ide yang baik untuk memeriksa pemilihan Anda setiap tahun untuk memastikan mereka masih sesuai.

5. Mengelola Pajak Anda

Penting untuk memastikan Anda memiliki uang cukup dan sisihkan untuk membayar tagihan pajak Anda jauh sebelum batas waktu tahunan, umumnya 31 Maret. Pelajari lebih lanjut tentang kurung pajak penghasilan.

Tips: Setiap bulan Anda masih punya waktu untuk melakukan penyesuaian sebelum akhir tahun, pertimbangkan untuk memeriksa jumlah yang telah Anda sisihkan untuk pajak terhadap formulir pajak tahun lalu.

Baca Juga: 6 Tips Untuk Menyimpan Uang dalam Kehidupan Anda Sehari-hari

6. Periksa Apakah Investasi dan Tujuan Anda itu Sudah Selaras

Kemungkinan investasi Anda, baik dalam rencana pensiun atau akun broker kena pajak, termasuk reksa dana yang memegang berbagai jenis investasi. Pertimbangkan untuk memeriksa setiap tiga bulan, pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober, untuk memastikan pilihan Anda sesuai dengan usia dan tujuan keuangan Anda.

7. Tentukan Apakah Anda Harus Memiliki Asuransi yang Tepat

Sekitar setahun sekali, penting untuk menilai jenis dan jumlah asuransi yang Anda butuhkan. Jika Anda menyewa rumah Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan asuransi penyewa untuk melindungi barang-barang Anda. Ketika Anda membeli rumah, Anda memerlukan asuransi pemilik rumah. Kebijakan Anda harus mencakup berapa biayanya untuk membangun kembali rumah Anda. 

Anda juga mungkin ingin cakupan khusus untuk barang-barang berharga seperti perhiasan atau karya seni. Agen asuransi Anda dapat membantu Anda menilai apakah Anda memiliki jenis dan jumlah pertanggungan yang tepat.

Tips: Jika Anda memiliki tanggungan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan asuransi jiwa, yang, jika terjadi kematian Anda, akan membayar mereka uang tunai untuk membantu menebus hilangnya penghasilan Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan asuransi cacat untuk mengganti sebagian dari penghasilan Anda jika Anda sakit atau terluka dan tidak dapat bekerja.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tips atau langkah yang dapat dilakukan agar Financial tetap Fit. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu Anda dalam mengelola dan menyiapkan keuangan di masa depan atau masa pensiuan Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....