Cara Mencek Apakah Kamu Lulus Seleksi Administrasi Berkas CPNS 2021, Simak Berikut ini!

Cara Mencek Pengumuman Apakah Kamu Lulus Seleksi Verifikasi Administrasi Berkas CPNS 2021 - Halo sahabat mediasiana, berjumpa kembali di pagi yang cerah ini, semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat dan baik-baik saja dimasa pandemi yang semakin di jadi-jadikan ini. Walaupun masih PPKM namun semanggat tetap membara, apalagi bulan ini adalah bulan Agustus yang sering kita lakukan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Disini saya akan berbagi sedikit mengenai SSCASN ya, bukan saya bermaksud ria namun hanya ingin berbagi kepada sahabat mediasiana, yang tahun ini ikut bejuang mendaftar CPNS 2021. Nah, bagi sahabat yang tidak lulus veifikasi berkas maka jangan khawatir karena ada masa sanggah yang bisa di mulai hari ini 4 Agustus 2021 dalam waktu 3 hari, perlu di ingat bahwa kesempatan sanggah setiap orangnya hanya satu kali saja, maka pergunakan dengan baik.

Cara Cek Seleksi Verifikasi Administrasi Berkas CPNS 2021

web resmi daftar CPNS

Buat sahabat, yang saat ini masih bingung cara mengetahui apakah kalian lulus verifikasi bekas atau tidak maka dapat menyimak ulasan singkat yang ada dibawah ini, kami akan mencoba unuk menguraikannya, supaya hal ini dapat kalian pahami dengan baik.

Jadi, langkah yang pertama adalah silahkan sahabat Login dulu ke Laman Resmi dari SSCASN, klik link berikut ini

Setelah sahabat berhasil membuka laman tersebut, silahkan saja Login dengan memasukan  NIK KTP yang digunakan untuk mendaftar dan Kata Sandi yang sudah di buat dalam proses pendaftarannya di kolom yang sudah disediakan. Silahkan sahabat lihat pada gambar dibawah ini!

Login SSCASN

Selanjutnya, silahkan kalian Cek Akun SSCASN kalian, apakah itu benar data diri kalian dan jika data itu benar maka silahkan gulir ke bagian paling bawah, silahkan sahabat lihat pada gambar dibawah ini!

Resume Pendaftaran Calon ASN

Nah, setelah kalian menggulir ke bawah maka akan muncul keterangannya. Jika Lulus maka akan ada keterangan " Selamat Anda Lulus Tahap Administrasi Berkas". Jika sahabat ternyata tidak lulus maka akan ada keterangan yang tertera. Jadi, kalian bisa menggunakan masa sanggah untuk memperbaikinya. Namun, untuk kemungkinan kalian lulus atau tidaknya nanti itu tergantung dari persoalan yang ada, entah ada sistem error pada verifikatornya atau memang data yang kalian unggah itu tidak memenuhi syarat.

Pengumuman Hasil Verifikasi Berkas SSCASN

Hal-hal yang wajib di Perhatikan Ketika Mendafar CPNS 2021

Pelajaran yang bisa di ambil dari tahap ini adalah, hendaknya kita jangan terburu-buru mengakhiri proses pendaftaran apalagi tanggal penutupan pendaftaran CPNS masih ada beberapa hari lagi. Sebaiknya cek terlebih dahulu kelengkapan berkas yang di unggah dan apakah berkas tersebut sesuai dengan apa yang di minta atau tidak. 

Perhatikan juga kualitas gambar, usahakan jernih dan jelas ketika di zoom, jadi tidak pecah. Karena berkas yang kualitas gambarnya tidak bagus atau buram / samar-samar juga akan berpengaruh dalam kelulusan proses verifikasi berkas ini.

kelengkapan berkas daftar CPNS

Dari kasus yang ada di lapangan, saya menemukan ada banyak sekali pendaftar CPNS yang tidak lulus tahap administrasi, alasannya bermacam-macam diantaranya:

  1. Menggunakan Materai secara Berulang di berkas yang lain (tergantung permintaan instansi)
  2. Ijazah yang di Unggah adalah hasil Legalisr yang berwarna hitam putih
  3. Scan SKHU tidak yang asli
  4. Berkas yang di Scan berwarna hitam putih baik itu Ijazah maupun SKHU atau Transkrip nilainya
  5. Sertifikat Akreditasi Studi dan Isntitusi yang di unggah versi tahun terbaru, seharusnya Sertifikat Akreditasi yang di unggah sesuai dengan tahun kelulusannya (masa studi).
  6. Surat Lamaran tidak lengkap atau tidak sesuai dengan permintaan dari instansi terkait
  7. Surat Pernyataan tidak menggunakan Materai
  8. Pas Photo tidak mengunakan warna latar sesuai dari permintaan instansi terkait

Nah, ada baiknya perhatikan hal-hal diatas! sebelum kalian mengakhiri proses pendaftaran ya! karena kalau sudah proses pendaftaran kalian akhiri maka tidak bisa di revisi lagi berkasnya. Tentu kalian akan menyesal setelah mengetahui bahwa berkas yang di unggah ternyata tidak memenuhi syarat. Semangat pejuang PNS jangan lupa tetap jaga kesehatan dan terapkan 5 M paling tidak ya 3M. Sekian yang dapat kami sajikan, sampai jumpa lagi pada ulasan yang lainnya. Semoga kita bisa Lulus Seleksi Test CPNS 2021 dan jadi PNS di tahun mendatang. Amiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel