6 Tips Scale up Bisnis agar Mudah Berkembang Pesat yang perlu Anda Ketahui!

Tips Scale up Bisnis agar Mudah Berkembang Pesat - Halo sahabat Mediasiana, saat ini perkembangan bisnis terus berkembang pesat, apalagi di 2 tahun teraklhir kegiatan bisnis lebih banyak dilakukan secara online. Tentu dalam kegiatan ini sering kali berhubungan dengan namanya gadget. Namun disini kami akan berbicara periha;l tips scale up bisnis agar mampu berkembang pesat. Jika Anda memiliki sepuluh karyawan, maka perusahaan Anda disebut startup. Tapi jika karyawannya sekarang berjumlah seratus orang, perusahaan Anda sudah memasuki tahap scale-up.

Istilah “startup” sering digunakan untuk menggambarkan berbagai perusahaan (apakah Uber masih bisa disebut startup?). Di sisi lain, istilah Scale up Bisnis jarang dikenal. Penting untuk membedakan kedua jenis perusahaan ini, karena mereka berada pada tahap pertumbuhan yang berbeda.

Tips Scale up Bisnis

Tips Scale up Bisnis

Tetapi sebagian besar peningkatan skala telah memvalidasi produk mereka. Startup juga biasanya mendapatkan pendanaan dari angel investor, tahap awal, atau seri A, sedangkan peningkatan pendanaan perusahaan dimulai dari seri B.

Pada akhirnya, sebuah startup memiliki penilaian yang lebih rendah dan dapat berputar jika orang lain memberikan ide yang lebih baik. Ini tidak berlaku untuk perusahaan skala, investor mengharapkan mereka untuk terus tumbuh dengan melakukan apa yang sudah mereka lakukan. Berikut beberapa cara scale up bisnis di startup untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda.

Tips Scale up Bisnis agar Mudah Berkembang Pesat


1. Perluas Platform Penjualan

Semakin luas jangkauan bisnis Anda, semakin banyak orang akan tahu tentang bisnis Anda. Artinya semakin tinggi peluang penjualan Anda meningkat. Untuk memperluas jangkauan Anda, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan platform penjualan Anda.

Mengapa? Karena mungkin sebagian orang yang termasuk dalam target audiens Anda tidak menggunakan platform penjualan yang Anda gunakan. Misalnya Anda berjualan di media sosial, bisa jadi orang yang mencari produk yang Anda jual tidak main media sosial sehingga tidak tahu tentang bisnis Anda.

Agar bisa menjangkau mereka, Anda bisa meningkatkan platform penjualan, misalnya dari yang sebelumnya hanya dijual di media sosial kemudian juga dijual di marketplace. Dari sana, Anda dapat menjangkau lebih banyak target konsumen atau bahkan menemukan target audiens baru.

2. Buat Konten

Untuk meningkatkan penjualan, Anda tidak selalu harus berbicara atau menjual produk Anda secara langsung. Anda bisa menarik perhatian target konsumen Anda melalui konten yang menarik. Ini sangat penting jika Anda menjual melalui media sosial dan situs web. Salah satu faktor yang dilihat orang sebelum bergabung dengan toko online dan membeli barang adalah konten bisnisnya. Apakah kontennya visual dan menarik atau bermanfaat? 

3. Berikan Promo dan Penawaran

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan promosi dan penawaran. Untuk membuat target konsumen Anda lebih tertarik, Anda bisa memberikan batas waktu promo Anda agar tingkat urgensinya lebih tinggi.

Ada banyak jenis promo yang bisa kamu berikan, mulai dari promo untuk pembeli pertama, beli 1 gratis 1, cashback, diskon, bundling, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menerapkan upselling dan cross-selling. 

4. Berikan Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam

Agar pengalaman berbelanja konsumen menjadi nyaman dan lancar, Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran. Dengan menawarkan berbagai metode pembayaran, Anda dapat lebih beradaptasi dengan berbagai kebutuhan dan kebiasaan konsumen. Konsumen bisa lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Pertahankan Loyalitas Pelanggan

Selain menarik pelanggan baru, Anda juga perlu memperhatikan pelanggan yang sudah ada. Berbagai strategi bisa Anda terapkan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Misalnya dengan berbagi info tentang promo terbaru atau paket spesial dengan mereka. Anda bisa membuat promo khusus untuk pelanggan lama agar mereka betah berbelanja dengan Anda.

6. Berikan Layanan yang Terbaik bagi Costumer

Langkah yang penting untuk diperhatikan bagi pembisnis yaitu selalu berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Harus responsive dan mampu berlomba-lomba untuk menjadi pembisnis yang baik dalam memperlakukan pelanggannya dengan tepat. Tentu dibutuhkan Costumer Sevice dengan orang-orang yang berkompeten.


Akhir Kata

Dari ulasan diatas, apakah kalian sudah memahami bagaimana tips untuk mengembangkan bisnis yang sudah berkemang agar kedepannya bisa menjadi perusahaan yang lebih besar lagi. Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang tips Scale up Bisnis agar mudah berkembang pesat, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....