5 Tips Cara Merawat AC Anda agar Awet dan Tahan Lama

Tips Cara Merawat AC Anda agar Awet dan Tahan Lama - Apabila musim panas tiba biasanya suasana malam akan hangat bahkan bisa lebih panas lagi dari hari biasanya. AC Anda telah bekerja keras dan melakukan bagian yang adil untuk menjaga keluarga Anda nyaman di musim panas ini. Sudah waktunya Anda melakukan bagian Anda untuk memeriksa unit  AC Anda untuk memastikan kondisinya baik dan berjalan lancar. 

Tips Cara Merawat AC Anda agar Awet

Tips Cara Merawat AC

Berikan perhatian pada unit AC Anda yang layak dan nantinya AC tersebut bisa memberikan kontribusi yang baik bagi keluarga Anda tetap dingin dan nyaman selama bertahun-tahun dimasa yang akan datang. Sekarang adalah waktu untuk memeriksa AC Anda dan mendapatkan layanan yang dibutuhkan untuk membantu keluarga Anda tetap dingin.

Hanya dibutuhkan beberapa langkah sederhana untuk memastikan umur panjang AC Anda. Merawat AC Anda dapat menghemat biaya listrik. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat AC yang bisa Anda lakukan dirumah secara mandiri.atau menggunakan jasa profesional!

1) Periksa dan Ganti Filter AC Anda

Memeriksa filter udara pada unit AC Anda setiap bulan memastikan bahwa AC Anda tetap baik dan berjalan normal. Filter kotor menyebabkan AC Anda bekerja lebih keras, dan merupakan penyebab utama masalah dengan HVAC Anda. Tekanan ekstra pada unit AC Anda akan dapat bertambah besar pada tagihan listrik Andanya nantinya. Periksa filter dan ganti yang kotor atau rusak. 

Menjaga filter AC tetap bersih dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda dalam jangka panjang, karena apabila Filter unit AC Anda kotor maka AC tersebut bekerja lebih keras untuk mengkompensasi penyumbatan dari filter kotor, menghentikan aliran udara. Filter kotor menyebabkan masalah lebih lanjut dengan kumparan dan aliran udara yang tidak sehat di rumah Anda. Filter bersih memastikan ada aliran udara bersih di rumah Anda dan membantu mengurangi tagihan listrik Anda. Filter yang bersih juga memberi lebih sedikit tekanan pada mesin Anda dan Anda untuk biaya kecil filter baru.

2) Tetap bersih

Periksa kumparan dan sirip di bagian luar unit AC Anda. Luangkan waktu untuk membersihkan daun atau cabang dari unit, dan perhatikan kerusakan apa pun dari musim ini. Jauhkan rumput dan tanaman di sekitar unit rendah, dan memangkas pohon dekat untuk meminimalkan ancaman kerusakan. 

Sadarilah bahwa kotoran dapat menumpuk dengan cepat pada kumparan dan membatasi fungsi AC Anda. Sama seperti filter, pastikan sirip bersih untuk membatasi stres tetapi pada unit Anda, dan dompet Anda.

Bersikaplah lembut saat membersihkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, dan selalu periksa dengan seorang profesional jika Anda tidak yakin. Saat Anda membersihkan unit, pastikan itu rata dan tidak ada kerusakan atau tekanan pada selang. Unit yang tidak rata menyebabkan penumpukan jamur dan perbaikan yang mahal. Jika Anda menemukan kerusakan, hubungi orang profesional dalam bidang AC Anda sesegera mungkin untuk memastikan perbaikan dilakukan dengan benar.

3) Periksa Saluran Kondensat

Saluran kondensat memungkinkan kondensasi yang dibangun di bagian dalam AC Anda mengalir dengan benar sehingga unit Anda tidak akan berkarat atau terkena jamur. Kondensasi dapat membuat build-up yang dapat menyumbat saluran pembuangan. Jika Anda menemukan air menggenang di sekitar tungku saat AC berjalan, mungkin ada saluran kondensat yang tersumbat. Periksa secara teratur dan pastikan Anda membersihkan penyumbatan segera setelah Anda menemukannya atau hubungi profesional service AC Anda untuk meminta bantuan.

4) Tingkatkan Termostat Anda

Upgrade termostat Anda ke salah satu yang diprogram, atau memperhatikan suhu yang telah Anda tetapkan untuk mempromosikan umur panjang AC Anda dan membantu Anda menghemat tagihan. Atur suhu lebih tinggi ketika Anda tahu Anda tidak akan pulang untuk hari itu. Suhu yang lebih tinggi memberi AC Anda istirahat dari bekerja sangat keras untuk mendinginkan rumah Anda dan mengurangi stres pada mesin. Selain itu, Anda mendapatkan istirahat pada penggunaan energi Anda dan utilitas yang lebih rendah. Termostat yang dapat diprogram memungkinkan Anda untuk mengatur penyesuaian suhu terjadi secara otomatis, yang berarti Anda dapat mengaturnya dan melupakannya!

5) Jadwal Pemeliharaan Rutin

Menjaga di atas pemeliharaan rutin kebutuhan AC Anda dengan tenaga profesional dibidang AC Anda. Bahkan jika Anda secara teratur memeriksa unit AC Anda atau meminta seorang profesional memeriksa mesin dan memastikan bahwa semuanya berjalan lancar. Serahkan kepada para profesional untuk memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan, dan tidak akan ada problem yang terjadi pada AC Anda di masa  yang akan datang!

Jangan terjebak dalam suhu panas; Jaga AC Anda sehingga dapat terus merawat  ruangan Anda dan keluarga Anda tetap sejuk. Langkah-langkah sederhana seperti diatas dan inspeksi bulanan memastikan bahwa Anda tidak berakhir dengan munculnya masalah yang lebih besar. Selalu hubungi tenaga profesional dibidang AC untuk pemeliharaan rutin dan pertanyaan apa pun untuk memastikan bahwa AC Anda baik-baik saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel