11 Makanan Khas Sumatera Selatan yang Wajib Dicicipi

Makanan Khas Sumatera Selatan yang Wajib Dicicipi - Daerah Sumatera Selatan populer dengan kebudayaannya yang bermacam. Dengan keanekaragaman budayanya, Sumatera Selatan jadi wilayah yang banyak didatangi pelancong lokal atau luar negeri. Satu diantaranya yang menonjol ialah opsi makanan yang beragam macam. Kombinasi ciri khas Melayu, Tionghoa dan Lokal juga cita-rasa kulineran yang berada di Sumatera Selatan.

Makanan Khas Sumatera Selatan

Makanan Khas Sumatera selatan

Kuliner khas Sumatera Selatan juga terkenal dan mempunyai fans dari beragam wilayah. Tidaklah aneh jika banyak pendatang dari beragam kota selalu meluangkan diri untuk mencicip atau bawa pulang makanan ciri khas Sumatera Selatan sebagai oleh-olehan. Untuk kalian yang ingin liburan ke daerah Sumatera Selatan harus mencicip makanan ciri khas wilayah ini.

1. Pempek

Pempek sebagai camilan yang diproses dari masakan daging ikan dan tepung. Pempek dihidangkan dengan potongan ketimun, udang kering, dan kuah cuko. Olahan pempek sarat dengan macam, misalkan pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek keriting dan yang lain. Kalian tidak dibikin jemu dengan beragam jenis olahan pempek. Untuk kalian yang ingin liburan ke Sumatera Selatan, pempek makanan harus yang kalian harus coba.

2. Martabak Palembang

Martabak satu ini hampir serupa dengan martabak telur yang berada di wilayah lain. Namun, martabak Palembang mempunyai langkah penyuguhan yang lain. Martabak telur disiram dengan kuah kari yang kaya rempah dan beberapa potongan kentang. Cita-rasa martabak yang renyah dan kuah wewangian ciri khas rempah-rempahan ini akan membuat kalian suka. Martabak Palembang lumayan gampang dijumpai di wilayah Sumatera Selatan.

3. Mie Celor

Kalian yang suka jajan berbentuk mie, pasti jatuh hati sama Mie Celor. Struktur mie cukup tebal seperti udon lalu disiram dengan kaldu udang dan cicampur dengan sayur-sayuran fresh seperti toge dan daun bawang. Mie celor pas menjadi makanan makan siang untuk kalian yang bertandang ke Sumatera Selatan.

4. Laksan

Makanan satu ini pas jadi makanan pada pagi hari. Wujud laksan serupa dengan pempek lenjer dengan tebal 2 cm tapi mempunyai struktur yang lebih halus dan gampang di gigit. Laksan dihidangkan dengan kuah santan dan daun seledri. Laksan gampang dijumpai di pasar pagi sekitaran daerah Sumatera Selatan.

5. Tekwan

Tekwan adalah bakso ikan versus Sumatera Selatan. Perbedaannya, tekwan memakai kuah kaldu ikan bening. Tekwan dihidangkan dengan hasil olahan ikan yang serupa dengan pempek lalu ditambahkan bihun, jamur kuping, dan kuah kaldu ikan. Rasanya yang unik dengan taburan udang kering dan daun bawang menambahkan cita-rasa pada makanan ini.

6. Kue Lapan Jam

Kue yang sering ditemui pada hari raya ini termasuk cukuplah unik. Sama sesuai namanya, kue ciri khas Palembang ini memerlukan waktu delapan jam pada proses pembikinannya. Kue dikukus sepanjang delapan jam dan kemudian baru dapat dikonsumsi. Kue ini dengan bahan dasar 28 butir telur dan susu kental manis. Kalian haruslah sabar ya menanti sepanjang delapan jam untuk melahap kue manis ini.

7. Kemplang

Kemplang ialah kerupuk khas Sumatera Selatan yang harus kalian nikmat. Olahan ikan tenggiri dalam kemplang menambahkan cita-rasa yang unik saat melahapnya. Kemplang benar-benar terkenal dan umumnya jadi oleh-olehan ciri khas Sumatera Selatan. Kemplang memiliki dua jenis olahan yakni kemplang panggang dan kemplang goreng. Bila singgah ke Sumatera Selatan janganlah lupa bawa kemplang untuk oleh-olehan dan di makan dengan keluarga di rumah.

8. Es Kacang Merah

Cuaca yang panas di Sumatera Selatan membuat kalian ingin cari minuman dingin. Es kacang merah ciri khas Sumatera Selatan menjadi jalan keluar. Banyak penjual es kacang merah di jalanan atau toko penjual pempek. Es serut dan sirup dan topping yang bervariatif dalam es kacang merah ini bisa mamanjakkan lidah kalian.

9. Sambal Tempoyak

Tempoyak ialah sambal khas dari Sumatera Selatan. Tempoyak dibikin dari daging durian yang difermentasi. Pemrosesan sambal tempoyak dengan ditumis bersama kombinasi cabe dan bawang. Rasa durian peragian jadikan sambal tempoyak cocolan yang nikmat untuk temani nasi putih hangat.

10. Pindang Patin

Makan siang di Sumatera Selatan janganlah lupa nikmati sajian pindang patin. Kuah pindang patin yang khas dengan kombinasi rasa asam, manis, dan pedas tentu buat kalian langsung ngiler. Lauk pindang patin ini pas dipadankan dengan nasi putih hangat dan es teh manis. Janganlah sampai melewati kulineran satu ini, ya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sumatera Barat

11. Celimpungan

Makanan ini punya wujud yang bundar seperti pempek. Tetapi, celimpungan ini punyai adonan yang lain dengan pempek. Disamping itu, makanan ini dihidangkan dengan kuah yang dibuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu yang lain jadikan rasa celimpungan kaya wewangian rempah yang membahagiakan.

Makanan khas Sumatera Selatan sama dengan beberapa bahan makanan yang bau tajam. Dari ikan sampai durian jadi bahan olahan dasar di daerah Sumatera Selatan. Kombinasi cita-rasa dari beragam etnis membuat beberapa makanan ciri khas yang disukai banyak kelompok di Nusantara atau mancanegara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel