10 Makanan Khas Sumatera Barat yang Dijamin Lamak Bana

Makanan Khas Sumatera Barat yang Dijamin Lamak Bana - Salah satu sajian ciri khas Indonesia yang dipastikan sebagai makanan paling enak di dunia yakni rendang. Masakan dengan rasa rempah yang demikian kuat satu ini datang dari wilayah Sumatera Barat, Indonesia.

Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan Khas Sumatera Barat

Di samping rendang, rupanya makanan ciri khas Sumatera Barat demikian beberapa jenisnya. Ditanggung lamak bana atau begitu enak, berikut sejumlah daftarnya.

1. Rendang Paru

Seperti yang dijumpai oleh nyaris semuanya orang di Indonesia, jika rendang sebagai salah satunya masakan ciri khas dari wilayah Sumatera Barat.

Anda pasti telah terbiasa mendapati rendang daging di beberapa rumah makan Padang. Lantas, bagaimana dengan rendang paru? Pasti beberapa dari Anda belum coba makanan sedap satu itu.

Rendang paru memakai bumbu rendang secara umum, tetapi pemakaian santannya 1,5 semakin banyak jika dibanding dengan rendang biasa.

Selain itu bahan yang dipakai yakni paru paru sapi, hingga teksturnya sedikit keras dan berwarna lebih kecoklat-coklatan.

Menu satu ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin rasakan rendang dengan kesan berlainan.

2. Sate Padang

Siapa yang tidak mengenal dengan sate padang. Rasanya menu sate dengan menguasai rasa manis dan ada wewangian ciri khas pemanggangan ini, menjadi icon makanan ciri khas dari wilayah Padang Sumatera Barat.

Umumnya sate padang memakai daging dan lidah sapi sebagai bahan intinya, yang selanjutnya ditambahkan beragam bumbu.

Selain daging dan lidah sapi, banyak pula yang manfaatkan dalaman seperti paru, usus, atau jantung sebagai bahan pembikin sate itu.

Para pedagang yang menawarkan sate padang umumnya akan menyuguhkan menu ini plus tambahan potongan ketupat, yang tertutup oleh bumbu kuah. Tentu saja Anda bisa juga pilih nasi hangat, sebagai pengiring sate.

3. Sate Lokan

Makanan ciri khas Sumatera Barat selanjutnya yakni sate lokan. Jika sate padang dibuat berbahan daging sapi, karena itu berlainan dengan menu sate satu ini.

Sate lokan manfaatkan kerang hijau sebagai material dasar. Masakan ini umumnya benar-benar gampang diketemukan di wilayah pesisir, seperti Pesisir Selatan, Padang, dan Pariaman.

Pada sate lokan, kerang umumnya akan melalui proses perebusan lebih dulu baru selanjutnya ditusuk tusuk dan dibakar sampai kecoklat-coklatan.

Bahan bahan yang dipakai untuk membikin bumbu dari sate itu salah satunya tepung beras, jintan, kunyit, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, ketumbar, dan merica.

4. Nasi Kapau

Nasi kapau bisa disebut tidak berbeda jauh dengan nasi padang, yang demikian populer dan benar-benar gampang ditemui. Sebagai pembanding di antara nasi padang dengan menu kulineran ciri khas wilayah Bukittinggi ini, yakni pada langkah penyuguhannya.

Karena biasanya lauk pauk dari nasi kapau langsung akan dipampang di atas meja.Untuk lauknya sendiri, ada pula salah satunya sajian yang cukup berlainan dengan nasi padang dari sisi rasa.

Hidangan ini yakni gulai kapau, yang dibuat dari nangka, kol, dan kacang panjang. Gulai kapau ini mempunyai rasa sedikit asam dengan kuah warna kuning. Sementara untuk lauk lauk yang lain, tidak berbeda jauh sama yang ada pada nasi padang.

5. Ayam Pop

Ayam pop merupakan salah satunya makanan ciri khas Sumatera Barat yang tentu saja telah kerap kali Anda dengar, karena menjadi satu diantara Unggulan di beberapa restaurant Padang.

Bahan bakunya yakni ayam daerah, yang selanjutnya dibumbui seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, jeruk nipis, garam, dan tambahan air kelapa.

6. Gulai Paku

Sesuai dengan namanya, menu unik satu ini manfaatkan tumbuhan paku atau pakis sebagai bahan intinya. Dalam masalah ini, sebagai opsi yakni tanaman paku muda dengan tipe seperti bracken, semanggi, dan ostrich fern.

Biasanya menu gulai ini akan dihidangkan bersama plus tambahan ikan teri, ikan asin jambal, dan udang.

7. Gulai Gajebo

Kuliner ciri khas Sumatera Barat banyak terbagi dalam gulai, satu diantaranya yang juga sedap yakni gulai gajebo.

Hidangan satu ini memiliki kuah seperti gulai secara umum, dan memakai beragam potongan daging berlemak. Perbedaannya pada gajebo tidak memakai santan dalam pembikinan kuahnya.

8. Soto Padang

Soto padang menjadi satu diantara masakan ciri khas Sumbar yang demikian populer di seantero negeri. Soto sendiri memang salah satunya masakan dari Indonesia yang berada di beragam wilayah.

Perbedaan soto padang dengan soto lain, yakni daging sapi yang dipakai semula dimasak kering baru selanjutnya dipotong kecil kecil (biasa disebutkan dendeng).

9. Nasi Sala

Nasi sala ialah sajian yang dari wilayah Pariaman. Makanan ciri khas Sumatera Barat satu ini berbentuk nasi dengan lauk ikan, ingat jika Pariaman sendiri sebagai teritori pantai.

Tidak heran bila makanan uniknya pun tidak jauh jauh hasil dari laut. Umumnya satu porsi nasi sala akan dibungkung memakai daun pisang, berisi nasi ikan kembung dan sambal.

10. Dendeng Balado

Dendeng sebagai masakan berbentuk daging sapi, yang sudah dikeringkan. Semula daging sapi akan dipotong kecil kecil selanjutnya dikeringkan, lalu seterusnya dibumbui balado.

Baca Juga: 18 Makanan Khas Sumatera Utara

Karena telah dikeringkan, makanan satu ini termasuk cukuplah kuat dan bisa bertahan berhari hari. Oleh karenanya, sering beberapa pelancong menjadikan sebagai oleh-oleh.

Sebagai daratan yang mempunyai salah satunya makanan paling enak di dunia, tidaklah aneh bila Sumatera Barat memiliki beragam menu Unggulan sedap yang lain yang demikian ciri khas.

Sebenarnya selainnya beberapa menu masakan berat di atas, wilayah Sumbar simpan banyak cemilan ciri khas yang wajib buat Anda cicipi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel