18 Makanan Khas Sumatera Utara yang Paling Dicari

18 Makanan Khas Sumatera Utara yang Paling Dicari - Mencicipi sajian khas saat ada di Sumatera Utara jadi hal yang perlu dilaksanakan. Ditambah lagi, Medan sebagai ibukota provinsinya yang terhitung ke salah satunya kota besar di Indonesia dan sering didatangi oleh pelancong.

Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan Khas Sumatera Utara

Agar Anda tidak ketidaktahuan, berikut sejumlah makanan ciri khas Sumatera Utara yang terkenal akan kesedapannya.

1. Bika Ambon

Mungkin untuk orang pemula yang belum ketahui makanan satu ini, tentu menganggap datang dari Ambon. Walau sebenarnya realitanya, Bika Ambon sebagai salah satunya kulineran ciri khas Sumatera Utara.

Bika Ambon dibuat dari telur, gula, dan santan yang diaduk-aduk jadi satu. Kemudian, adonan itu difermentasi sepanjang tujuh jam dan digabung sama air nira.

2. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk sebagai kulineran ciri khas Sumatera Utara, lebih persisnya dari wilayah Tapanuli. Umumnya, warga sekitaran memakainya sebagai kombinasi dengan ikan aso aso (semacam ikan kembung yang sudah dikeringkan).

Meski bahan yang dipakai seperti sambal secara umum, tetapi ada Andaliman membuat mempunyai cita-rasa yang demikian ciri khas.

3. Dali Ni Horbo

Bisa disebutkan bila makanan ciri khas satu ini benar-benar unik. Bagaimana tidak, Dali Ni Horbo rupanya sebagai olahan susu kerbau yang diolah memakai air dengan temperatur sedang sampai menggumpal seperti keju.

Sebelum dihidangkan, umumnya sajian ini digabung sama air nanas atau air perasan daun pepaya buat hilangkan berbau amisnya.

4. Mie Gomak

Sesuai dengan namanya, makanan ciri khas Sumatera Utara ini memakai mie sebagai bahan intinya. Sering disebutkan dengan Mie Lidi atau Mie Besar oleh orang Batak.

Sementara penyebutan Mie Gomak, karena langkah pembikinannya yang digomak gomak atau dipegang dengan tangan. Cita-rasanya yang cukup unik jika Mie Gomak digabung dengan bumbu ciri khas dari tanah Batak.

5. Arsik

Sama halnya dengan Sambal Tuktuk, Arsik juga datang dari wilayah Tapanuli. Sebenarnya, Arsik dikenali sebagai olahan dari ikan mas bumbu kuning yang sisiknya tidak dibuang.

Bukan hanya ikan mas semata-mata, ada saatnya warga di tempat memakai ikan kembung, ikan kakap, atau daging. Bumbunya yang paling ciri khas, membuat cita-rasa arsik demikian sedap.

6. Anyang Pakis

Anyang Pakis jadi makanan ciri khas seterusnya yang dari Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Dalam pemrosesannya, sajian yang dibuat dari pakis ini juga digabung dengan kelapa sangrai dan bumbu seperti cabe merah, serai, bawang merah, kencur, dan daun jeruk.

Banyak yang menduga makanan ini serupa dengan urap dari Jawa, namun ada kelapa sangrai.

7. Sayur Renyah Tauco

Sayur Renyah Tauco ialah makanan berkuah yang dibuat dari santan lalu didalamnya ada udang dan daging sapi bumbu tauco.

Hal unik yang membuat sajian ini disukai beberapa orang, yaitu tauco yang dibikin secara peragian, hingga cita-rasa yang dibuat juga benar-benar mengagumkan, yang mana ada kombinasi di antara gurih dan pedas.

8. Manuk Napinadar

Makanan ciri khas Sumatera Utara namanya Manuk Napinadar ini sering disajikan dalam acara pesta tradisi tertentu.

Berasal dari olahan ayam daerah goreng atau panggang, makanan ini umumnya dihidangkan dengan bumbu dan sambalnya yang unik.

Sambal yang dipakai di sini memakai kombinasi Andaliman . Maka tidaklah aneh bila banyak tergila edan dengan makanan satu ini.

9. Naniura

Naniura dibuat dari dengke mas atau ikan mas yang diberi asam. Pemrosesan Naniura termasuk sangatlah unik, di mana langkah membuat tidak diolah, direbus, dimasak, atau sejenisnya.

Melainkan dihidangkan berbentuk mentahan selanjutnya diberi bumbu yang lumayan komplet. Walau demikian, ikan akan berasa lebih nikmat karena ada bumbu ajaib itu.

10. Lemang

Bisa disebutkan bila Lemang sebagai makanan yang dibikin oleh bangsa Melayu. Sebetulnya, Lemang dibikin dari beras ketan yang sudah digabung memakai santan. Lantas diolah dengan mediator bambu.

Namun, saat sebelum ditempatkan bambu, nasi ketan itu akan dibuntel daun pisang lebih dulu. Baru selanjutnya dibakar dengan status tegak ke baranya api.

11. Bihun Bebek

Meski bukan makanan ciri khas asal Sumatera Utara asli, tetapi Bihun Bebek sudah terkenal sebagai kulineran yang menjadi legenda. Saat melahapnya, Anda akan rasakan kombinasi rasa yang demikian kaya.

Di mana ada suwiran daging bebek berlimpah dan kuah yang sudah diberi bumbu uniknya. Ditambah lagi rasa bihunnya yang paling sedap dan tidak ada duanya.

12. Soto Udang

Jika umumnya soto diberi suwiran daging sapi atau ayam, tetapi berbeda kembali dengan makanan ciri khas Sumatera Utara ini. Yang mana memakai udang sebagai lauknya.

Meski kedengar cukup aneh, tetapi rupanya kombinasi di antara kuah soto dan udang berasa demikian mengagumkan. Belum juga ditambah lagi bumbu rempah yang membuat wewangian benar-benar kuat.

13. Kari

Sebetulnya, Kari bukan olahan asli dari Asia Tenggara tetapi Asia Selatan. Namun, sekarang sudah menyebar luas di Bumi Pertiwi. Karena sudah lama masuk Indonesia lebih persisnya di Sumatera Utara.

Bumbu yang awalannya dipakai pada Kari, makin lama diganti hingga membuat rasa yang unik . Maka tidaklah aneh bila banyak yang melahapnya saat ada di sini.

14. Kue Putu Bambu

Panganan tradisional yang sudah merakyat ini sering menjadi bintang beberapa orang. Ini karena Kue Putu Bambu dibuat dari tepung beras dan diberi isi berbentuk gula merah dengan wewangian pandan yang unik.

Saat menggigitnya, Anda akan rasakan gula merah keluar dan memulai masuk mulut. Rasanya yang demikian halus dan legit jadi kombinasi prima.

15. Bubur Pedas

Bubur Pedas sebagai salah satunya menu yang wajib ada disaat Bulan Ramadhan datang. Tidak berbeda jauh dengan bubur secara umum, bahan khusus makanan ciri khas Sumatera Utara ini juga beras yang diberi suwiran daging dan sayur.

Diberikan juga tambahan berbentuk rempah rempah yang lumayan banyak terhitung cabe, hingga membuat mempunyai rasa yang pedas tetapi halus di mulut.

Selain makanan tradisional, Anda juga dapat menemui beberapa sajian kuliner yang cukup kekinian. Tentu saja harga yang dibanderol untuk satu jatahnya juga termasuk dapat dijangkau, hingga tidak kuras kantong Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel