10 Makanan Khas Lombok NTB Yang Rasabta Paling OK

Makanan Khas Lombok NTB Yang Rasabta Paling OK - Pulau Lombok ialah pulau yang ada dalam wilayah administrasi daerah Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok ada di Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Selain itu pulau ini jadi tempat untuk kebudayaan suku Sasak.

Makanan Khas Lombok NTB

Makanan Khas Lombok NTB

Selain wisata pariwisata nya yang memikat buat didatangi, rupanya Pulau Lombok simpan beragam kekayaan kulineran yang pantas untuk ditelusuri, salah satunya yakni:

1. Ayam Taliwang

Kuliner ciri khas Pulau Lombok yang sudah populer di Indonesia ialah Ayam Taliwang. Datang dari Daerah Karang Taliwang, Kota Mataram, NTB, kulineran ini diberi nama sesuai tempat asal.

Ayam Taliwang jadi khusus karena daging ayam yang dipakai datang dari ayam daerah muda yang dibakar utuh.

Kemudian daging itu diberi bumbu dengan seperti sauce yang dengan bahan bermacam bumbu opsi, yang membuat rasanya demikian sedap. Ayam Taliwang biasa dihidangkan bersama dengan makanan ciri khas Lombok lain.

2. Ayam Rarang

Kemungkinan kuliner Ayam Rarang belum juga terlampau akrab dalam telinga kita. Walau sebenarnya olahan ayam ciri khas Lombok ini sebetulnya tidak kalah sedap dari ayam taliwang. Ayam Rarang ialah kulineran olahan ayam yang dihidangkan dengan lumeran bumbu pedas.

Nama kuliner ini diambil dari sebuah dusun di Kabupaten Lombok, NTB. Salah satunya yang membuat rasanya ciri khas ialah karena proses pemasakannya yakni dengan dibakar memakai tungku kayu bakar. Ayam Rarang mempunyai cita-rasa yang renyah sekalian pedas menggigit.

3. Kelaq Batih

Kelaq Batih ialah nama kuliner tradisional yang sejenis sayur dengan bahan dasar biji buncis dan daun singkong. Biji buncis yang dipakai didalamnya diputuskan dari yang telah berusia tua.

Kebalikannya, daun singkong atau upi kayu yang dipakai, ialah yang berusia muda. Kombinasi ini selanjutnya digabung bersama dengan bumbu rempah yang bermacam atau dengan bahasa Sasak disebutkan ragi beleq. Walau pembikinannya termasuk simpel, Kelaq Batih memeiliki cita-rasa yang sedap dan wewangian yang wangi.

4. Kelaq Sebie

Kuliner ciri khas Lombok yang lain yang sejenis sayur ialah Kelaq Sebie. Dengan bahan khusus cabe yang dipotong kecil-kecil, Kelaq Sebie biasa ditambah lagi ikan atau sayur lain.

Nama Kelaq Sebie sendiri dengan bahasa Sasak memiliki arti sayur cabe. Pembikinan kuliner ini termasuk gampang, yakni dengan mengolah semua bumbu dan masukkan bahan khusus, yaitu cabe rawit. Kemudian, selanjutnya dipertambah santan dan diolah sampai santan mengental.

5. Kelaq Lebui

Jelaq Lebui sebagai kulineran sayur yang terkenal di Lombok. Sajian ini kerap dikenali bernama Lebui Kelaq Pangkes atau Lebui Kelaq Sebie. Bahan dasarnya yakni berbentuk kacang-kacangan namanya lebui, memiliki bentuk seperti biji kedelai hitam.

Biji itu selanjutnya diolah bersama dengan kombinasi daging sapi ciri khas, potongan bawang merah, daun bawang, dan daun kemangi. Beberapa bahan yang dipakai ini membuat baunya berasa wangi, rasanya pedas, dan berwarna kehitaman.

6. Sate Bulayak

Kuliner sate unggulan warga Lombok ialah Sate Bulayak. Sate ini sebetulnya tidak demikian berlainan dengan sate umumnya. Bahan dasarnya berbentuk daging ayam, dalaman, dan daging sapi.

Kuliner ini jadi ciri khas karena ada ‘Bulayak' atau lontong yang dililit memakai daun aren atau enau. Ukuran Bulayan memang lebih kecil dibandingkan lontong biasa. Disamping itu, langkah melilitnya juga unik, yaitu dililit berupa spiral.

Bulayak mempunyai struktur yang halus dan cita-rasa renyah, benar-benar cocok dikonsumsi bersama dengan bumbu kacang pedas.

7. Sate Tanjung

Kuliner sate yang lain yang unik dari Lombok ialah Sate Tanjung. Sate dengan bahan dasar ikan ini mempunyai cita-rasa yang gurih dan pedas. Disamping itu, berlainan dari penyuguhan sate secara umum yang memakai sauce kacang, Sate Tanjung tidak memakai sauce apa saja.

Sesuai namanya, kuliner ini lebih banyak dipasarkan di sejauh jalan Dusun Tanjung, Lombok Utara, NTB. Selainnya rasanya yang sedap, sate ikan ini mempunyai struktur yang halus.

8. Sate Rembiga

Sate Rembiga ialah sate ciri khas Lombok yang dibuat dari daging sapi yang empuk dan diproses memakai resep legendaris. Sate Rembiga bahkan sebagai salah satunya ikan kuliner ciri khas Pulau Lombok.

Beritanya sate ini berasa sedap karena baluran bermacam rempah. Seperti kuliner ciri khas Lombok lain, nama Rembiga datang dari nama kelurahan di Selaparang, Mataram.

Dalam melahap Sate Rembiga umumnya akan ditemani dengan makanan seperti lontong, Bulayak, plecing, urap, sampai mie goreng.

9. Sate Pusut

Lombok memang kaya kuliner olahan satenya, salah satunya ialah Sate Pusut. Kuliner yang wajin ada saat perayaan hari besar ini dibuat dari daging sapi.

Kekhasan dari sate ini berada pada penyuguhannya, yakni dengan memakai tusukan bambu yang memiliki ukuran besar.

Baca Juga: 15 Kuliner Khas Papua yang sangat Unik

Antiknya kembali sate ini tidak selamanya dapat dikonsumsi setiap waktu serta jarang-jarang dipasarkan pada umumnya. Wewangian bumbu satenya yang unik akan makin menambahkan selera makan.

10. Sate Pencok

Sajian sate yang jangan ketinggalan saat bertandang ke Pulau Lombok ialah Sate Pencok. Bila biasanya sate dengan bahan dasar daging ayam, kambing, atau sapi karena itu Sate Pencok malah dengan bahan dasar nasi sagu. Walau sebelumnya sate ini dibikin dari kulit sapu, tetapi sekarang Sate Pencok malah banyak dibikin dari nasi sagu.

Ini karena harga lebih dapat dijangkau dibanding kulit sapi itu. Sate Pencok sudah jadi makanan tardisional setiap hari dan biasa dikonsumsi untuk menu makan pagi atau camilan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel