13 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Wajib Kamu Coba

13 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Wajib Kamu Coba - Sulawesi Tengah yang mempunyai Ibu Kota Palu, memiliki banyak makanan ciri khas yang rasanya tidak kalah sedap dari wilayah lain. Cita-rasanya sendiri populer dikuasai pedas dan asam, yang sanggup mengunggah hasrat siapapun.


Makanan Khas Sulawesi Tengah


Makanan Khas Sulawesi Tengah

Apabila Anda jalan jalan di situ, nikmati beberapa makanan ciri khas Sulawesi tengah berikut sambil kagum pada pemandangan alamnya.

1. Milu Siram


Milu siram atau umum dinamai binte biluhuta, mungkin kedengar kurang akrab untuk warga di luar pulau Sulawesi atau yang belum pernah bertAndang kesini.

Namun makanan ciri khas yang mempunyai material dasar jagung muda ini, benar-benar terkenal di wilayah aslinya. Bahkan juga beberapa pelancong yang bertandang kesini, benar-benar berkesan dengan rasa dari milu siram.

Sup jagung ini umumnya dihidangkan plus tambahan seperti udang atau ikan yang sudah diproses lebih dulu.

Selain itu biasanya milu siram terhidang dalam beberapa variasi rasa yang bisa disamakan dengan hasrat pengunjung, seperti asin, manis, sampai pedas . Maka semua kelompok dapat nikmati kulineran ciri khas satu ini.


2. Uta Dada


Jika Anda pesan menu uta dada di Sulawesi tengah, biasanya Anda dapat pilih ingin memakai ikan cakalang atau ayam daerah.

Namun pasti tidak seluruhnya tempat sediakan ke-2 variasi secara bersama sama. Walau demikian, ke-2 nya mempunyai bumbu yang serupa tepat dan dihidangkan bersama kuah santan dengan rasa agak pedas.

Uta dada sendiri memang memiliki makna yaitu kuah santan, tidaklah aneh bila kuah santan ini jadi bahan intinya. Yang membuat uta dada terkenal ialah wewangian uniknya.

Karena masakan satu ini sudah lewat proses pengasapan lebih dulu, saat sebelum siap dihidangkan. Ditanggung satu jatah saja akan berasa kurang, karena begitu sedapnya uta dada ini.

3. Uta Kelo


Jika disaksikan dari namanya, Anda kemungkinan menduga jika makanan ciri khas Sulawesi tengah satu ini sedikit serupa dengan uta dada.

Pemikiran itu tidak salah, karena uta kelo atau sayur daun kelor memakai santan sebagai salah satunya berbahan.

Untuk isinya Anda akan mendapati daun kelor, potongan ikan, dan pisang kepok.

Kuliner satu ini termasuk unik, karena sedikit menu makanan yang manfaatkan daun kelor sebagai bahan intinya.

Rasanya sendiri benar-benar renyah akibatnya karena santan yang ada, lantas ada juga kombinasi rasa pedas tetapi tidak demikian menusuk. Ini karena kombinasi cabe rawit yang ikut diproses bersama dengan beragam bahan yang lain.

4. Kaledo


Kaledo sebagai ringkasan dari kaki lembu donggala, walau sekarang ini beberapa penjual ada juga yang memakai kaki sapi biasa.

Keduanya masih sama sedapnya, karena diproses dengan direbus lama, hingga daging yang dibuat juga memiliki struktur yang demikian empuk dan halus dan lumer dalam mulut.

Sup kaki ini mempunyai ukuran tulang yang besar sekali, dagingnya tebal dan demikian banyak. Ditambah dalam tulangnya Anda akan mendapati sumsum yang demikian sedap.

Untuk kuahnya, dibuat dari kaldu sup murni tanpa tambahan santan hingga rasanya demikian fresh. Pas sekali dikonsumsi saat lagi hangat di musim hujan.

5. Kapurung


Makanan ciri khas Sulawesi tengah selanjutnya yakni kapurung. Kulineran satu ini sebagai sayur yang direbus.

Dengan bahan khusus yaitu cacahan jantung pisang selanjutnya ditambahkan beberapa sayur yang lain seperti pakis, kacang panjang, kangkung, dan bayam.

Anda dapat pilih 3 variasi rasa dari kapurung, dapat ikan, ayam, atau udang.

6. Palumara


Kuliner satu ini datang dari ibukota Sulawesi tengah, Palu, hingga bahan intinya memakai ikan ciri khas dari wilayah di tempat.

Palumara sendiri mempunyai cita-rasa pedas dan asam, di mana rasa pedas ini jadi background pemberian namanya. Karena orang yang mengkonsumsinya jadi kelihatan sedang geram karena mukanya memeras karena rasa pedas.

7. Onyop


Bisa disebut jika masakan satu ini sebagai papeda ciri khas dari Sulawesi tengah, karena terhidang berbentuk bubur sagu.

Umumnya bubur sagu ini akah dikasih tambahan ikan dan kuah asam, yang dibuat dari belimbing asam dan perasan jeruk lemon.

Yang membandingkannya dengan papeda ialah onyop cuman jadi makanan pengiring, bukan makanan dasar.

8. Sambal Ikan Roa


Sambal ikan roa menjadi satu diantara makanan ciri khas Sulawesi tengah yang jangan Anda terlewat.

Rasa nikmat dari olahan ikan roa yang digabung dengan cabe dan beberapa bumbu pendamping ini, demikian disukai oleh beberapa pelancong bahkan juga dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Labia Dange


Labia dange atau juga bisa dinamai sagu dange, ialah cemilan yang dibuat dari sagu.

Olahan sagu ini selanjutnya diolah memakai wajan yang tungku yang dari tanah liat, hingga rasanya demikian ciri khas.

Umumnya masyarakat di tempat konsumsi labia dange ini bersama olahan gula merah atau ikan.

10. Nasi Jagung


Nasi jagung ialah kulineran ciri khas dari suku Kaili, yang dipakai sebagai alternatif nasi saat hadapi musim paceklik.

Sehingga benar-benar pas untuk dikonsumsi bersama dengan lauk pauk yang sudah disebut awalnya, misalkan sayur daun kelor sebagai gabungan yang paling cocok.

11. Lalampa


Jika disaksikan secara sekilas lalu, kemungkinan Anda akan menduga makanan ciri khas Sulawesi tengah satu ini ialah lemper. Memiliki bentuk benar-benar sangat serupa, tetapi lalampa lebih ramping dan lonjong.

Lalampa ini dibuat dari beras ketan putih, santan, dan beberapa bumbu dan ikan cakalang sebagai isinya.

12. Tinutuan


Mendengar nama tinutuan mungkin demikian asing, bagaimana bila bubur manado ? Tentu Anda lebih akrab bernama itu.

Tinutuan ini ialah nama lain dari bubur manado, yang tidak berbeda jauh dari bubur secara umum.

Namun bubur satu ini memiliki isian sayur yang semakin banyak dan demikian berlimpah, hingga dipandang lebih sehat.

13. Kue Paranggi


Beralih dari makanan berat, waktunya masukkan cemilan dalam daftar kulineran ciri khas yang harus Anda cicip saat ada di Sulawesi tengah.


Kue paranggi adalah cemilan yang terpopuler di sini, di mana kue yang umum dinamai bolu gula merah ini memiliki rasa manis dan legit dan wujud seperti kue apem.

Daftar di atas wajib buat Anda coba saat ada di Sulawesi tengah. Rasanya yang khas serta unik tidak bisa Anda peroleh di wilayah lain.

Bahkan beberapa pelancong yang sempat bertandang kesini, selalu kangen dengan cita-rasa tinggi yang ditawari oleh masakan setempat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel