Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Online Marketplace

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Online Marketplace - Era digitalisasi membuat segala sesuatunya terasa lebih mudah dan cepat. Hal ini juga berlaku di dunia bisnis. Saat ini, semakin banyak orang yang membuka bisnis secara online - terlebih lagi setelah munculnya pandemi COVID-19.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Online Marketplace

Online marketplace menjadi salah satu pilihan yang paling banyak diambil oleh para pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan online marketplace memiliki banyak kelebihan. Walau demikian, online marketplace juga memiliki beberapa kekurangan. Mari kita simak detailnya.

Keuntungan Bisnis Menggunakan Online Marketplace

1. Jangkauan Lebih Besar

Online marketplace memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain menjangkau calon pembeli, Anda juga dapat menjangkau rekan bisnis.

Ada banyak supplier yang bisa memberikan keuntungan lebih untuk bisnis Anda. Dengan demikian, Anda juga memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan bisnis, baik dari segi pemasaran maupun penyediaan barang.

2. Memiliki Niche yang Jelas

Semakin banyaknya platform marketplace membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan. Apalagi sekarang sudah ada marketplace-marketplace yang bergerak khusus di bidang tertentu.

Anda bisa memilih marketplace yang sesuai niche bisnis yang Anda miliki. Jadi, Anda pastinya dapat menjangkau target pasar yang sesuai.

3. Fitur Online Marketplace yang Dapat Diandalkan

Salah satu alasan banyak orang lebih memilih berbelanja melalui marketplace adalah fiturnya yang lebih lengkap daripada di website belanja biasa.

Mulai dari user interface yang lebih mudah, fitur sortir, barang favorit, barang rekomendasi, dan lain sebagainya.

4. Tidak Memerlukan Modal yang Besar

Modal besar yang dibutuhkan untuk membuka toko fisik biasanya diperlukan untuk ruang penyimpanan barang, ruang display barang, biaya listrik, dan lain sebagainya. 

Karena hal tersebut tidak diperlukan dalam menjalankan toko online, maka dengan memanfaatkan marketplace, Anda tidak perlu modal besar.

5. Perkembangan Bisnis dapat Dipantau

Melalui marketplace, penggunanya (baik penjual maupun pembeli) dapat melihat langsung ketersediaan barang, harga, jenis, dan lain-lain.

Hal tersebut memungkinkan Anda untuk membandingkan harga, mengetahui jumlah barang yang laku, maupun review pembeli. Semua itu bisa dijadikan data untuk memantau perkembangan bisnis Anda.

Kerugian Bisnis Menggunakan Online Marketplace

1. Persaingan Ketat

Seiring dengan ditawarkannya bisnis mudah melalui marketplace, ada banyak sekali orang yang menggunakannya. Ini berarti Anda memiliki banyak kompetitor bisnis.

Bahkan mereka mungkin tidak hanya menjual barang yang sama, namun juga bisa barang dengan merek yang sama. Artinya, persaingan bisnis sangat ketat untuk memperoleh pelanggan.

2. Cukup Sulit Mendapat Kepercayaan Pelanggan di Awal

Berbeda dengan toko fisik ataupun website resmi, mendapatkan kepercayaan pelanggan bagi toko online di marketplace bisa cukup sulit.

Karena banyaknya kasus penipuan toko online, banyak juga orang tidak mudah melakukan pembelian di toko yang belum ada rating-nya.

Apalagi jika Anda mendapatkan pelanggan yang memberi review tidak baik, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

3. Mengikuti Kebijakan Online Marketplace

Satu lagi kerugian menggunakan marketplace adalah Anda wajib mengikuti kebijakan yang berlaku di dalamnya. Setiap platform marketplace pasti memiliki kebijakan masing-masing.

Pastikan Anda mempelajari kebijakan marketplace dengan baik sebelum memutuskan untuk bergabung, baik itu mengenai pajak penjualan, administrasi, retur, ataupun hal yang berhubungan dengan komunikasi dengan pelanggan.

Itulah keuntungan dan kerugian menjalankan bisnis online melalui marketplace. Temukanlah marketplace yang sesuai untuk bisnis Anda. Apabila bisnis Anda bergerak di bidang jasa, kunjungi Tokona dan pasang iklannya secara gratis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....