9 Makanan Khas Maluku Barat Daya Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Maluku Barat Daya Yang Wajib Kamu Coba - Maluku Barat Daya yang populer dengan wisata wisatanya yang mengagumkan memanjakan mata rupanya mempunyai kuliner yang hendak menganakemaskan lidah kalian. 

Makanan Khas Maluku Barat

Makanan Khas Maluku barat

Maka untuk kamu yang ingin berlibur ke wisata rekreasi di Maluku Barat Daya, Wisato akan memberi daftar makanan - makanan ciri khas Maluku Barat Daya yang harus hukumnya kalian coba.

1. Ikan Bakar Dabu - Dabu Mentah

Hidangan pertama kali yang masuk ke daftar ini tentu icon rekreasi kulineran dari Maluku Barat Daya yang jangan kalian terlewat, yakni Ikan Bakar Dabu - Dabu. Sajian ini seakan jadi sajian yang wajib kalian coba jika bertandang ke Maluku Barat Daya. Sajian yang punyai cita-rasa orisinal dan untuk ini tidak begitu susah untuk diproses.

Ikan yang telah dipilih awalnya langsung dibakar sesudah dibikin bersih dalam beberapa saat tanpa perlu diberi dengan bumbu - bumbu lainnya. Ikan yang dibakar cukup ditetesi dengan jeruk nipis seperlunya lalu ditambahkan sedikit taburan garam untuk hasilkan cita-rasa renyah dan sedikit asam.

Setelah itu kemudian baru diberi dengan bumbu dabu - dabu mentah dan dihidangkan di atas daun pisang, dan piringnya umumnya dibuat dari kayu yang dibuat sebegitu rupa supaya seperti bujur sangkar.

2. Papeda

Satu lagi makanan ciri khas yang jangan kalian terlewat, Papeda. Sama dengan propinsi lain seperti Papua, Maluku Barat Daya jgua jadikan sagu sebagai salah satunya makanan dasarnya jadi tidaklah aneh jika Papeda masuk ke daftar ini.

Olahan warna putih pekat ini terlihat menarik dan jika disaksikan sepintas sajian yang ini serupa dengan lem kertas. Tidaklah aneh karena teksturnya yang kental dan lekat jika kalian sentuh dengan tangan. Sajian yang ini memanglah tidak mempunyai rasa atau cemplang hingga banyak warga memakai sajian yang ini sebagai alternatif nasi.

3. Acar Kuning

Namanya saja Acar Kuning jelas sudah jika sajian yang ini dikuasai dengan warna kuning. Acar umumnya dibuat dengan beragam jenis potongan sayur ingin itu wortel atau ketimun. Tetapi tidak dengan acar yang ini. Acar yang ini, ketika acar yang umumnya memakai ketimun atau wortel acar yang ini memakai rebung sebagai bahan khusus.

Rebung yang telah dipersiapkan selanjutnya dipotong kotak - kotak kecil lalu digabung dengan bawang merah, nanas, kecipir muda, cabe merah dan bahan yang lain. Sesudah digabung dengan sayur yang lain sajian ini selanjutnya diberi bumbu yang dibuat dari "kunir". Kunir berikut yang selanjutnya membuat sajian ini mempunyai warna kuning menonjol. Kemudian sajian ini akan digabung dengan kenari yang telah dikupas awalnya hingga hasilkan cita-rasa yang unik saat dimakan.

4. Halua Kenari

Hidangan ini kali dapat disebut sajian sehat yang harus kalian coba saat sedang ada di Maluku Barat Daya. Sajian yang ini dibikin berbahan khusus kacang kenari yang selanjutnya dibuntel dengan gula merah awalnya telah dilebur. Nach karena gula merah inilah struktur makan ini jadi cukup lekat.

Hidangan ini umumnya dikonsumsi didampingi oleh kopi atau teh namun karena sajian ini sendiri telah manis sebaiknya jika minuman yang dibikin untuk temani supaya tidak begitu manis ya teman dekat Wisato.

5. Kue Bagia

Hidangan yang selanjutnya ialah sajian yang sangat menjadi legenda karena sangat terkenalnya kue yang ini. Kue yang diartikan ialah Kue Bagia, kue yang konon jangan sampai ketinggal untuk disajikan saat acara - acara tradisi tertentu sedang diadakan.

Tidak susah untuk mendapati cemilan yang ini sebagian besar lokasi yang jual oleh - oleh tentu dapat kalian dapatkan kue yang ini. Kue ini populer dengan rasanya yang renyah dan sudah pasti nikmat ditambah lagi wewangiannya yang unik.

6. Kohu - Kohu

Kalau dilihat sepintas sajian yang ini tidak berbeda jauh dengan Urap Sayur, makanan yang seringkali diketemukan di kelompok orang dari Pulau Jawa. Bagaimana tidak dari sisi penampilan sampai kompisis berbahan memanglah tidak berbeda jauh tapi ada satu perihal yang membandingkan ke-2 sajian ini. Jika Urap Sayur itu dibuat berbahan sayur - sayur jika Kohu - Kohu ada bahan tambahan, yakni ikan mentah. Ikan mentah yang dipakai bisa jadi ikan teri, ikan tongkol atau ikan pindang. Sajian yang ini memakai sayur mentah yang memanglah tidak diolah yang selanjutnya digabung dengan kelapa tua parut yang membuat lebih nikmat.

7. Gatang Kenari

Suka dengan kepiting?. Jika demikian sajian yang ini pas untuk kamu, Gatang Kenari namanya. Sajian ini sendiri memakai tipe kepiting yang cukup unik, yakni Kepiting Kenari sama ukuran jumbo. Kepiting ini cukup ini karena punyai kebiasan makan buah kelapa hingga kepiting ini mempunyai cita-rasa yang lain dibanding dengan kepiting laut atau kepiting air biasa.

8. Talam Sagu Bakar

Hidangan selanjutnya ialah cemilan sebagai oleh - oleh harus yakni Talam Sagu Bakar. Sajian ini dibikin berbahan dasar sagu yang digabung dengan kacang kenari, tepung beras dan kacang brenebon dan tak lupa gula merah. Sajian dengan cita-rasa unik, renyah dan manis ini ditanggung akan menganakemaskan lidah kalian.

9. Jagung Hasa

Masyarakat Maluku Barat Daya bukan hanya mengkomsumsi sagu sebagai makanan dasar mereka tapi ada beberapa yang mengkomsumsi jagung . Maka tidak aneh rasanya jika banyak sajian ciri khas yang memakai material dasar jagung dapat kalian dapatkan secara mudah.

Salah satunya ialah sajian bernama Jagung Hasa, sajian yang dibuat berbahan dasar jagung dipertambah dengan kacang merah dan potongan ketela pohon yang diperlengkapi dengan dengan santan.

Warga lokal sendiri umumnya jadikan sajian yang ini sebagai menu makan pagi jadi untuk kamu yang jemu dengan menu makan pagi pada umunnya kelihatannya sajian yang ini bisa saja opsi ya.

Nah, itu ia sajian ciri khas dari Maluku Barat Daya jadi untuk kamu yang kebenaran berada di sana atau secara detil ingin liburan ke situ janganlah lupa untuk mencicip sajian di atas. Ditanggung kalaian tidak kecewa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel