7 Museum Tertua Bersejarah yang Ada di Indonesia

Museum Tertua Bersejarah yang Ada di Indonesia - Museum menjadi satu diantara tempat monumental dengan beragam bermacam warisan yang memiliki kandungan banyak ilmu dan pengetahuan baru. Tak jarang perjalanan ke sebuah museum dapat memberi banyak faedah positif, terhitung buka wacana berkaitan riwayat negara, seni dan beberapa ilmu yang lain.

Museum Tertua Bersejarah yang Ada di Indonesia

Museum Tertua di Indonesia

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia juga banyak memiliki museum yang memberi banyak evaluasi riwayat. Bahkan juga mayoritas dari museum yang ada sudah berdiri, umurnya cukup tua.

Berbagai museum ini dapat dikenalkan ke anak-anak nih,

1. Museum Bahari

Jika menyelisik ke belakang, Museum Bahari ini awalnya dikenali sebagai gudang rempah yang sudah dibuat di tahun 1652. Di tahun 1977, pemerintahan DKI Jakarta merenovasi dan mengesahkannya jadi museum monumental.

Museum Bahari terhitung salah satunya lokasi yang simpan koleksi monumental. Koleksi yang dipampang terkait dengan riwayat kelautan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Sebagian koleksi dari Museum Bahari hangus dilahap api karena sempat terjadi kebakaran di tahun 2018.

Bisa disebut koleksi dalam Museum Bahari memang lumayan komplet, diantaranya peta, perahu sampai alat navigasi pada jaman dulu. Koleksi yang cukup populer dalam museum monumental ini yaitu perahu Jukung Karere dari Papua.

2. Museum Fatahillah

Museum Riwayat Jakarta atau dikenali sebagai Museum Fatahillah terhitung salah satunya tempat monumental. Museum yang simpan beberapa benda penuh riwayat ini disahkan semenjak tahun 1974.

Banyak orang yang tidak ketahui jika museum ini awalannya ialah Balai Kota. Bangunannya masih tetap kuat sesudah berdiri lumayan lama yaitu semenjak tahun 1707.

Jika mama satu keluarga sempat berkunjung Museum Fatahillah pasti menyaksikan beragam warisan, terhitung dari Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran.

Selain itu, Museum Fatahillah menunjukkan beragam perlengkapan dari jaman penjajahan yang menjadi membuat bertambah pengetahuan riwayat.

Saat berkunjung Museum Fatahillah, koleksi didalamnya akan terdiri pada beberapa ruang. Tiap ruang banyak memiliki nilai riwayat, seperti Ruangan Prasejarah Jakarta, Ruangan Jayakarta, Ruangan Tarumanegara sampai Ruangan Fatahillah.

3. Museum Wayang

Museum Wayang, terhitung salah satunya lokasi yang mengumpulkan banyak benda monumental dengan umur beberapa ratus tahun.

Museum yang berada di wilayah Jakarta Barat ini telah ada semenjak tahun 1640. Namun baru disahkan sebagai museum di tahun 1975 oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin.

Saat berkunjung Museum Wayang, pengunjung akan menyaksikan beragam koleksi wayang dan boneka yang cukup bermacam. Koleksinya bukan hanya datang dari Indonesia, diantaranya Malaysia, India, Vietnam sampai Prancis.

Museum Wayang mendatangkan koleksi lain, seperti gamelan, lukisan dan piring yang berharga riwayat.

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg menjadi satu diantara bangunan paling tua monumental yang berada di Indonesia.

Awalnya bangunan ini berbentuk benteng yang dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas keinginan dari Belanda semenjak tahun 1760. Arah dari pembangunan benteng itu karena ingin jaga keamanan keraton dan sekelilingnya.

Hanya saja, Belanda waktu itu mempunyai tujuan tertentu dibalik pembikinan benteng itu. Belanda usaha mengatur semua gerakan yang terjadi dalam keraton.

Pada tahun 1980, benteng diputuskan sebagai pusat info dan peningkatan budaya Nusantara. Pengunjung yang tiba ke Museum Benteng Vredeburg akan menyaksikan beragam interior monumental.

5. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia terhitung tempat monumental yang populer di wilayah Jakarta Pusat. Bangunan ini telah ada semenjak tahun 1778 yang awalannya dibangun untuk lakukan beragam riset.

Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan Museum Gajah karena ada patung gajah pada bagian depan.

Ada beragam benda monumental yang berada di Museum Nasional Indonesia, dimulai dari etnografi, perunggu, tekstil, keramik, relik riwayat sampai buku sangat jarang.

6. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti terhitung salah satunya bangunan monumental yang berada di Indonesia. Dapat disebut tempat ini sebagai cagar budaya warisan periode penjajahan Belanda yang telah ada sejak tahun 1795.

Museum ini mempunyai bermacam koleksi, seperti prasasti, batu nisan, pusara perunggu, marmer dan warisan monumental yang lain.

Saat bertandang ke Museum Taman Prasasti, ada pula warisan batu nisan yang dapat disaksikan. Beberapa batu nisan orang populer yang berada di museum ini ibarat Soe Hok Gie, Van Delden dan Olivia Mariamne Raffles.

7. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia berdiri semenjak tahun 1828 yang pernah dipakai sebagai bank punya Belanda.

Berbeda dari museum awalnya, bangunan dari Museum Bank Indonesia masih kelihatan kuat, terurus dan kekinian. Ada bermacam koleksi yang dapat disaksikan, diantaranya uang kertas, uang logam dan riwayat berkaitan Bank Indonesia.

Hadirnya museum ini diharap ada beberapa orang yang menambahkan wacana berkaitan peranan Bank Indonesia diperjalanan riwayat bangsa, terhitung menjelaskan background peraturan yang dapat diambil dari hari ke hari.

Demikian informasi berkenaan beberapa museum paling tua monumental yang berada di Indonesia. Orang-tua juga dapat semakin mengenali bermacam museum ini ke anak-anak, hingga mereka lebih mengenali sejarah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel