12 Tempat Wisata di Sumatera Selatan Favorite Wisatawan 2021

12 Tempat Wisata di Sumatera Selatan Favorite Wisatawan 2021 - Di Sumatera Selatan memiliki beberapa tempat unggulan yang dapat anda datangi Saat anda bertandang ke arah tempat ini. Bila anda seorang Pelancong dan sedang bertandang ke Sumatera Selatan kemungkinan beberapa tempat wista di Sumatera Selatan berikut menjadi rekomendasi buat anda supaya bisa nikmati berlibur anda.

Tempat Wisata di Sumatera Selatan

tempat wisata di sumatera selatan

1. Jembatan Ampera

Jembatan ini merupakan jembatan paling besar di Sumatera yang memotong Sungai Musi. Dari jembatan ini anda akan disajikan dengan panorama sungai musi yang paling memanjakan mata apa lagi bila anda bertandang saat malam hari karena itu panorama nya akan memanjakan mata.

2. Rumah limas

Rumah yang ada di salah satu mata uang negara kita ini sebagai salah satunya rumah sebagai keunikan dari Sumatera Selatan dengan sisi arsitektur yang berupa pentas dan dengan bahan kayu, bila anda bertandang ke Sumatera Selatan Tidak ada kelirunya bila anda bertandang ke rumah ini untuk memperoleh pengalaman baru.

3. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan wisata Punti Kayu berada lebih kurang 7 km dari pusat Kota Sumatra Selatan dan tempat ini sebagai rimba yang diproteksi dan diatur oleh Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Selatan pada tempat ini anda akan nikmati udara yang sejuk dan fresh yang masih jauh dari pencemaran.

4. Masjid Agung Palembang

Palembang yang terkenal dengan pempek nya memiliki tempat rekreasi yang paling memanjakan mata yakni Mushola Agung Palembang. Bila anda ingin berekreasi religius mushola yang ini harus Anda datangi selainnya arsitekturnya yang paling unik dan lumayan bagus masjid ini memiliki panorama yang paling memanjakan mata.

5. Goa Putri

Gua Putri berlokasi di Dusun Padang Kangen. Saat anda bertandang ke Goa ini anda akan disuguhi dengan panorama yang paling memanjakan mata bila anda pencinta alam karena itu tempat yang ini benar-benar referensi sekali untuk Anda datangi.

6. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari bisa anda menjadikan arah rekreasi Anda yang hendak bertandang ke Kab. Lahat. Air Terjun Bidadari ini mempunyai kekhasan dan keelokan yang hendak membuat pengunjungnya takjub dan tidak jemu nikmati rekreasi alam satu ini. Coba untuk berekreasi ke pedalaman di Sumatera Selatan, karena di sini banyak beberapa hal bagus yang bisa anda jumpai.

7. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna ini menawarkan rintangan arung jeram dengan tingkat kesusahan yang bervariatif. Sungai manna berada di Kecamatan Tanjungsakti, sekitaran 40 km dari kota Pagaralam.

Sungai ini cukup lebar di bagian awalannya, dan 15 Km selanjutnya lajur sungainya sempit, arusnya juga cukup deras dan bergelora, hingga cukup melawan untuk Anda yang menyukai olah raga ini.

Lajur sungai yang demikian jeram dengan dinding bebatuan cadas pada tepian sungai, ditambahkan arus yang membuat cengkungan dan arus memutar. Dari kiri kanan kelihatan beberapa tebing yang tawarkan panorama alam rimba hujan tropis.

8. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro ini merupakan sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Sungai Musi atau tapatnya sekitaran 6 KM dari Jembatan Ampera. Ada sebuah vihara yang umum didatangi oleh umat buddha ditengahnyanya.

Jika anda membahas riwayat karena itu anda pasti menyaksikan bila pulau ini mempunyai riwayat yang lumayan panjang. Bukan hanya riwayat pulau ini mempunyai dogma yang paling kuat.

9. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu sebagai candi warisan Hindu dari saluran Siwa yang populer pada website candi-candi nya. Candi ini berada di Dusun Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Muara Enim.

Hasil penggalian dari para arkeolog, komplek Candi ini sebagai komplek candi Hindu paling besar di luar Jawa. Dari penemuan itu diambil kesimpulan jika candi-candi ini ialah tiruan Candi Prambanan yang berada di Jawa tengah.

10. Gunung Dempo

Gunung Dempo adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian sampai 3,195 mtr., dan mempunyai teritori Rimba Dipterokarp, Bukit Rimba Montane dan Rimba Ericaceous atau yang disebutkan rimba gunung. Gunung ini berada pada tepian propinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Untuk dapat capai dusun paling dekat, Anda harus lebih dulu capai kota Pagar Alam, kurang lebih 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang banyak tersedia bis yang ke arah arah Pagar Alam, satu diantaranya bis Dharma Kreasi.

11. Taman Bukit Siguntang

Taman Bukit Seguntang atau terkadang disebutkan Bukit Siguntang ialah sebuah bukit kecil dengan tinggi 29—30 mtr. dari permukaan. Taman Bukit Siguntang berada sekitaran 3 km dari pinggiran utara Sungai Musi dan masuk ke daerah kota Palembang. Secara administratif website ini terhitung kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Objek wisata ini memiliki jarak sekitaran 4 km di samping barat daya pusat perkotaan Palembang, bisa diraih dengan memakai transportasi umum ke arah jalur Bukit Besar. Di sekitar lingkungan bukit ini diketemukan beberapa penemuan purbakala yang dihubungkan dengan kerajaan Sriwijaya yang berjaya sekitaran periode era keenam sampai ke-13 masehi.

Di puncak bukit ini ada banyak pusara yang dipercayai sebagai nenek moyang masyarakat Palembang. Oleh warga di tempat, kompleks ini dipandang sakral dan jadi tujuan ziarah. Sekarang Teritori ini jadi Taman Purbakala untuk jaga artefak-artefak yang mungkin belum tersingkap.

12. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan sebuah bangunan keraton yang pada era XVIII jadi pusat Kesultanan Palembang. Ide membangun Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah di tahun 1724-1758. Penerapan pembangunannya dituntaskan oleh penerusnya yakni Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah di tahun 1776-1803.

Sultan Mahmud Bahauddin ini ialah seorang figur kesultanan Palembang Darussalam yang realitas dan ringkas dalam perdagangan internasional. Beliau seorang agamawan yang jadikan Palembang sebagai pusat sastra agama di Nusantara. Mengidentifikasi peranannya sebagai sultan, dia berpindah dari Keraton Kuto Lamo ke Kuto Besak.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Utara

Belanda menyebut Kuto Besak sebagai nieuwe keraton alias keraton baru. Benteng ini mulai dibuat di tahun 1780 dengan arsitek yang tidak dikenali dengan tentu dan penerapan pemantauan tugas diserahkan ke seorang Tionghoa.

Semen perekat bata memakai batu kapur yang berada di wilayah pedalaman Sungai Ogan ditambah lagi putih telur. Saat yang dipakai untuk membuat Kuto Besak ini lebih kurang 17 tahun. Keraton ini dihuni dengan cara resmi di hari Senin di tanggal 21 Februari 1797.

Demikianlah 12 tempat wisata di Sumatera Selatan yang memikat buat Anda datangi ketika liburan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel