8 Tempat Wisata di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Sumatera Utara Ini Wajib Kamu Kunjungi - Dikenal sebagai salah satunya propinsi paling besar di Indonesia, Sumatera Utara berpotensi rekreasi yang jangan dianggap remeh. Kamu dapat mendapati bermacam daya tarik rekreasi, dimulai dari rekreasi alam, budaya, riwayat, sampai kulineran ciri khas. Semua hal itu pasti dapat kamu alami saat liburan di Sumatera Utara.

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Tak cuman tawarkan daya tarik yang menakjubkan, masing-masing tempat rekreasi berikut mempunyai cerita dan kekhasan yang memikat buat dijumpai. Bila kamu merencanakan berkunjung Sumatera Utara dalam kurun waktu dekat, silahkan baca referensi tempat rekreasi di Sumatera Utara berikut ini!

1. Salju Panas Tinggi Raja

Jika di Pulau Jawa kamu mengenali Kawah Putih Ciwidey, karena itu di Sumatera Utara ada rekreasi sama namanya Salju Panas Tinggi Raja. Kamu pasti bertanya berkenaan asal mula pemberian nama lokasi itu, kan? Kata "salju" diputuskan karena pada tempat ini ada sebuah kawah yang dikuasai warna putih seperti salju. Dan kata "panas", dipakai karena air warna biru kehijauan kawah bersuhu panas.

Untuk ke arah teritori rekreasi ini, kamu perlu berkendaraan sekitaran 3 jam dari pusat Kota Medan. Dari Medan, kamu akan melalui teritori Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, sampai Bangun Purba. Sesampai di lokasi Salju Panas Tinggi Raja, kamu tidak dikenai ongkos apa saja. Tetapi, kamu perlu bayar Rp5.000 bila bawa kendaraan individu.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Berada di dekat permukiman masyarakat Dusun Tongging, Kecamatan Merk, Karo, Air Terjun Sipiso-piso tawarkan daya tarik alam yang hendak membuat kamu berdecak takjub. Ada di ketinggian 800 mdpl, Air Terjun Sipiso-piso menjadi satu diantara air terjun paling tinggi di Indonesia dengan tinggi pancuran 120 mtr..

Lokasi air terjun ini cukup dapat dijangkau, kamu perlu tempuh 35 km perjalanan dari Kota Berastagi atau sekitaran 45 menit berkendaraan dari pusat Kota Medan. Lajur ke arah teritori rekreasi ini juga telah teratur rapi, hingga semua tipe kendaraan motor dapat melewatinya dengan aman. Sesampai di lokasi, kamu perlu mempersiapkan uang Rp5.000 sebagai ticket masuk rekreasi Air Terjun Sipiso-piso.

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Secara administratif, Taman Nasional Gunung Leuser ada di dua propinsi berlainan, yakni Aceh dan Sumatera Utara. Hal itu tidak mencengangkan, ingat luas tempat taman rekreasi ini capai 1.094.692 hektar. Tempat rekreasi ini sebagai teritori rimba yang simpan beragam cagar alam, seperti Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Kluet, Taman Rekreasi Gurah, dan ada banyak lagi.

Menariknya, taman nasional ini menjadi salah satu situs peninggalan dunia sama sesuai ketentuan UNESCO. Bila kamu berminat untuk bertandang, hadirlah di bulan Juni sampai Oktober. Di bulan itu, curahan hujan cukup rendah hingga bisa mempermudah kamu saat menelusuri taman nasional. Nanti, kamu akan dikenai ongkos ticket sejumlah Rp7.500 untuk pelancong lokal dan Rp225.000 untuk pelancong luar negeri.

4. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satunya pulau yang terpopuler di Sumatera Utara. Lokasinya yang ada pas di tengah-tengah Danau Toba jadi daya magnet tertentu untuk pelancong. Ada beberapa kegiatan hebat yang dapat kamu kerjakan di pulau vulkanik ini, dimulai dari bertualang di Goa Marlakkop, melihat atraksi tari Sigale-gale, berkeliling-keliling Museum Huta Bolon Simanindo, sampai nikmati kekhasan Batu Parsidangan.

Terdapat tiga lajur perairan Danau Toba yang dapat kamu tentukan untuk ke arah Pulau Samosir, yakni lewat Dermaga Ajibata ke Dermaga Tomok, Tigaras ke arah Simanindo, dan lewat Muara ke arah Nainggolan. Khusus jalur Muara- Nainggolan, cuman dapat kamu lewati pada hariSenin, Kamis, dan Sabtu. Biasanya, semua jalur memakai fasilitas feri dengan range harga ticket Rp90.000-Rp100.000.

5. Danau Toba

Sebagai danau paling besar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba menjadi satu diantara tempat wisata yang jangan kamu terlewat di Sumatera Utara. Ada beberapa hal yang dapat kamu kerjakan di sini, dimulai dari menyaksikan situs riwayat, berkunjung rumah tradisi Batak, sampai melingkari Dusun Tuktuk Siadong-adong.

Untuk menuju Danau Toba, kamu perlu tempuh 5 jam berkendaraan dari pusat Kota Medan. Ada juga beragam model transportasi yang dapat kamu tentukan, seperti kendaraan individu atau sewa, bis, maupunkereta api. Tidak perlu cemas kekurangan waktu untuk nikmati semua daya tarik Danau Toba, karena kamu dapat menginap di beberapa pemondokan yang ada disekitaran danau.

6. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Sejak disahkan pada 14 Mei 1999, Karunia International Wildlife Museum and Gallery jadi tempat rekreasi pembelajaran terkenal di Sumatera Utara. Museum ini simpan bermacam koleksi binatang liar yang diawetkan hasil dari pemburuan seluruh dunia. Walau demikian, semua hasil pemburuan itu telah melaluiconservation by utilization(standar pemburuan satwa liar dunia).

Terdapat lebih dari 2.000 jenis satwa yang dapat kamu dapatkan pada tempat ini. Satu diantaranya kelompokAfrican Big Five, yang terdiri dari 5 mamalia paling besar Afrika yakni gajah, badak putih, banteng, singa dan macan tutul. Berminat untuk mendatanginya? Kamu dapat ke arah Jalan Letjend S. Parman No 309, Medan untuk menyaksikan semua koleksi itu. Museum ini membuka tiap Selasa-Minggu jam 09:00-17:00.

7. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Bagi pencinta olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara ialah lokasi rekreasi yang penting kamu datangi. Masalahnya ke-2 pantai itu sudah dikukuhkan sebagaispot surfingterbaik di dunia. Seringkali, ke-2 pantai ini dipakai sebagai lokasi kejuaraansurfingtingkat nasional atau internasional, satu diantaranya ialah Nias Open.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Bali Paling Keren

Kondisi gulungan ombak yang panjang membuat aksisurfingsemakin melawan. Kabarnya, status pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia membuat keadaan ombak lumayan tinggi sampai capai 7- 10 mtr.. Biasanya, beberapa peselancar dari beragam negara bertandang sekitaran bulan April sampai September. Bila berminat untuk cobanya, kamu dapat ke arah Kabupaten Nias Selatan, persisnya 12 km dari Teluk Dalam.

8. Green Hill City

Alternatif wisata yang lain pantas kamu datangi saat di Sumatera Utara ialah Green Hill City. Sebetulnya, Green Hill City sebagai salah satunya teritori perumahan elite di Sibolangit, Deli Serdang. Tetapi, kamu dapat mendapati beragam sarana bermain dan selingan keluarga di teritori ini. Mulai dariroller coaster, kincir raksasa, sampai bioskop 4D ialah beberapa sarana yang dapat kamu coba.

Bila tertarik untuk cobanya, kamu perlu mempersiapkan uang sejumlah Rp10.000 per-orang sebagai ticket masuk atau Rp45.000 per-orang sebagai ticket terusan. Tidak perlu cemas akan kepanasan, pasalnya lokasi Green Hill City bersisihan dengan Gunung Sibayak yang membuat udara di sini cukup sejuk . Maka, nantikan apa lagi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel