16 Kuliner Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya

Kuliner Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya - Sulawesi adalah sebuah pulau yang berada tepat sebelah timur Indonesia, tepatnya yaitu terletak di antara pulau Kalimantan pada sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. 

Penduduk pulau Sulawesi homogen, rata-rata didominasi oleh suku Bugis-Makassar yang kebanyakan dari mereka adalah pedagang. 

Kuliner Khas Sulawesi

makanan khas sulawesi

Di pulau Sulawesi masih terdapat 6 buah provinsi, yakni provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo. 

Pulau Sulawesi termasuk pulau yg ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. 

Keindahan alam & laut pulau Sulawesi menjadi daya tarik tersendiri yang begitu indah dan memikat, sehingga menciptakan rasa ingin tahu dan berkunjung sekian banyak orang berbondong-bondong untuk menginjakan kakinya di pulau Sulawesi. 

Tak kalah menarik dan menggoda, yaitu Makanan Khas Sulawesi Barat, Makanan Khas Sulawesi Utara, Makanan Khas Sulawesi Tengah, Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang super lezat dan unik. 

Selain estetika pariwisatanya, pulau Sulawesi jua populer dengan suguhan kuliner yang khas dan beragam. 

Apabila kamu berencana buat berkunjung ke Sulawesi, jangan sampai melewatkan salah satu kuliner spesial yang ada di Sulawesi seperti yang sudah kami ulas berikut ini!.

Menu Makanan Khas Sulawesi

1. Panada 

Diantara kalian pastinya ada yang sudah tidak asing dengan kue Panada. Menu satu ini ternyata asli dari Sulawesi Utara lho. Kue ini pula diklaim mempunyai cita rasa kuliner ala Portugis karena bentuknya yang mirip sekali seperti pastel. 

Makanan khas Sulawesi ini memang serupa dengan makanan pastel, hanya saja adonannya yang berbeda. Isinya pun tidak sinkron, panada umumnya diisi dengan ikan cakalang bumbu manis. Pembuatan panada terdiri atas bahan dan isi, lalu digoreng dalam minyak hangat.  

Sulawesi Tenggara pula memiliki kuliner yang tak kalah enak dengan wilayah lainnya. Bahkan, daerah ini memiliki macam sajian unik & sulit ditemukan pada wilayah lainnya. 

Salah satu ciri spesial makanan khas Sulawesi Tenggara merupakan dari rempah yang sangat beraroma tajam, yang menggugah selera untuk mencicipinya.

2. Sinonggi 

Sinonggi merupakan hidangan spesial menurut suku Tolaki yang telah ada sejak dulu kala. Kuliner ini terbuat dari bahan saripati sagu yang sudah diolah hingga mencapai kekenyalan yang sangat baik. Di wilayah asalnya, Sinonggi disajikan bersama lauk & pula sayuran.

3. Coto Makassar 

Makanan spesial Sulawesi bernama coto adalah kuliner menggunakan bahan dasar berupa jeroan sapi yang dibuat menggunakan cara direbus agak lama. 

Sama halnya dengan soto, coto juga mempunyai kuah dengan warna cokelat bercampur menggunakan irisan daging sapi, bahkan ada tambahan lain misalnya jantung, babat, dan hati sapi mirip sekali dengan rawon. 

Untuk memberikan cita rasa yang enak, coto akan diberi bumbu dari rempah-rempah spesial Indonesia yang sudah diracik secara khusus. 

Untuk menyantapnya, orang orang asli Sulawesi khususnya Makassar akan menambahkan ketupat atau burasa sebagai teman makannya. 

Burasa sendiri adalah kuliner yang mirip lontong, namun bentuknya relatif pipih dengan bahan tambahan berupa santan & dimasak sambil dibungkus daun pisang yang ditali bagian luarnya. 

Sedangkan bahan untuk membuat coto merupakan meliputi jahe, serai, lengkuas, daun salam, kacang tanah, dan lainnya. Selain itu juga terdapat bumbu halusnya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jinten, merica, cabai, & tauco. 

Bagi kalian yang tertarik untuk menikmatinya, di Makassar ada beberapa tempat rumah makan seperti Coto Tol Nusantara dg.Oyo, Coto Bawakaraeng, Coto Gembira, dan Coto Nusantara. Untuk tempat selanjutnya terletak pada Jl. Nusantara, Pattunuang, Wajo, Makassar.

4. Sarabba 

Sarabba merupakan minuman khas suku Bugis yang banyak di jumpai di Makassar, jenis minuman ini menggunakan bahan-bahan alami seperti mencakup jahe, gula aren, merica bubuk, kuning telur, dan santan. 

Campuran tersebut akan menimbulkan minuman yang rasanya hangat pedas, sehingga sangat cocok diminum saat cuaca dingin. 

Warna yang didapatkan berkat percampuran bahan tadi merupakan cokelat, tetapi tidak terlalu pekat. 

Harga buat khas Makassar ini hanya 8 ribu sampai 10 ribu rupiah saja per satu gelasnya. Rasa minuman sarabba sangat khas dan dikatakan bisa menambah stamina dan mampu menghangatkan tubuh. Belum lagi penyakit seperti flu & masuk angin sanggup dengan segera ditangkal apabila kalian meminumnya. 

Bagi yang ingin menikmatinya, silahkan datang saja ke salahsatu tempat penjualan pada Jalan Sungai Cerekang, Makassar yang selalu ramai dikunjungi oleh penikmat minuman Sarabba ini.. 

Namun jika ingin menikmati sarabba pada tempat tinggal, beli saja bungkus saset sarabba agar mudah dibuat dimanapun kalian berada.

5. Sup Konro 

Sop konro merupakan sop dengan kuah yang berlemak berwarna kecokelatan dengan bahan dasar iga sapi yg direbus, sedangkan apabila memakai iga sapi yang dibakar maka namanya sop konro bakar. 

Yang menciptakan spesial sop konro adalah iga yang direbus wajibbenar-benar empuk supaya lebih mudah dinikmati. Selain iga, boleh jua buat menambah variasinya menggunakan memberi tambahan daging sapi dalam sop konro ini. 

Pembuatannya sup konro terbilang cukup sulit, selain cara perebusan yg sahih-sahih usang, bumbu yang digunakan pula melimpah layaknya masakan Makassar pada umumnya. 

Bagi yang ingin menikmati empuknya iga sapi atau segarnya kuah sup konro, eksklusif saja datang ke Jalan Daeng Tata, Makassar buat membeli seporsi sop konro Daeng Tata. 

Selain itu, ada pula tempat lain yg sama-sama populer & legendaris di Jalan Gunung Lompobattang menggunakan nama kedainya Sop Konro Karebosi, bahkan ada pula cabangnya di Jakarta. 

Makanan yang akan sangat sempurna jika dinikmati waktu kondisi dingin tersebut dijual mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu rupiah. 

Bisa juga disantap menggunakan nasi putih hangat atau dengan makanan spesial Sulawesi Selatan lainnya, seperti burasa misalnya.

6. Pallumara 

Pallumara sendiri adalah sup dengan hidangan berupa ikan segar yang biasa disantap waktu siang hari menggunakan nasi hangat sebagai temannya. 

Ditilik dari penamaannya yaitu pallu yang berarti masak dan mara yang mengandung arti pedas, pastinya sup ini memiliki rasa pedas. 

Walaupun seperti menggunakan sup ikan alias pindang, nyatanya pallumara memiliki nilai lebih dalam penggunaan rempah dan cara pemasakannya. 

Olahan makanan bahari ini sendiri sebenarnya bisa dibentuk menggunakan banyak sekali jenis ikan apa saja, tergantung pembuat & kreatifitasnya. 

Tetapi beberapa yg paling generik adalah pallumara juku bolu, yg menggunakan ikan bandeng berukuran besar . 

Tetapi karena duri menurut ikan bandeng yang banyak sebagai akibatnya merepotkan konsumen, maka munculah pallumara bandeng presto yang memakai ikan bandeng presto yang sejatinya merupakan makanan spesialSemarang. 

Lalu terdapat pallumara juku mairo dengan bahan dasar ikan teri yang sudah dihilangkan kepalanya. Terakhir terdapat pallumara kaloak yang memakai ikan tongkol yang terlebih dahulu dipotong-pangkas. 

 Bahan tambahan jenis pallumara ini adalah keluak. Selain itu, masih ada banyak jenis ikan lain yang mampu dipakai, mulai menurut bawal, gurame, cakalang, kerapu, kakap, dan ikan jenis lain.

7. Pallukacci 

Apabila pallumara berarti masakan pedas, berbeda halnya menggunakan pallukacci yang memiliki makna masakan asam dari istilah kacci (asam) dengan pallu (kuliner). 

Hampir sama menggunakan pallumara, pallukacci jua merupakan sup dengan warna kekuningan berbahan dasar ikan namun memiliki rasa asam. 

Ikan yg biasa digunakan merupakan tuna atau cakalang dan ikan bandeng, asam jawa, tomat, garam, kunyit serbuk, bawang merah, cabai rawit, dan gula. 

Masakan spesialSulawesi Selatan khususnya Makassar ini dimasak secara sederhana misalnya sup kebanyakan. Yakni menggunakan memasak ikan bersamaan dengan air asam beserta penyedap rasa & garam secukupnya. 

Lalu ada tambahan kunyit serbuk supaya warnanya menjadi kuning & dimasukkan pula tumisan bawang, irisan tomat, & cabai.

8. Jalangkote 

 Kuliner khas Makassar lain yg tidak kalah populer adalah jalangkote. Kue ini memiliki bentuk yg seperti dengan pastel, hanya saja kulitnya lebih tipis dan kering. 

 Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar gandum, telur, santan, mentega, garam, & bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis. Tak hanya kulit, isinya pun beda. Jalangkote umumnya hanya diisi dengan sayur-sayuran.

9. Es Pisang Ijo 

Selain kuliner primer, Makassar jua memiliki hidangan es yg populer yaitu Es Pisang Ijo. Sesuai namanya, sajian ini terdiri menurut pisang raja yang dibungkus menggunakan campuran tepung berwarna hijau. 

Makanan khas Makassar ini sangat terkenal pada luar kota Makassar. Kuliner ini jua sangat cocok disantap saat cuaca panas lantaran kumpulan rasa cantik & juga dingin menurut serutan esnya.lima. Pallu Butung 

Pallu Butung adalah makanan spesialSulawesi Selatan yang sering dijadikan hidangan berbuka puasa. Menu yg satu ini hampir seperti menggunakan pisang ijo, hanya saja bahan standar yg digunakan agak tidak selaras. 

Pallu Butung terbuat menurut campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili & garam yg kemudian sampai matang & kental. kemudian dimasukkan rabat-rabat pisang raja yg juga sudah masak lalu diaduk. 

Kuliner khas Makassar ini jua dapat dihidangkan hangat atau dingin dingin dengan menambah parutan es pada atasnya. Selain itu, Pallu Butung jua bisa ditambahkan sedikit sirup buat menambah warna & rasa cantik 

Sulawesi Utara merupakan salahsatu provinsi yg terkenal menggunakan kulinernya. Banyak sekali kuliner khas bunda kota Sulawesi Utara yg sangat terkenal di Indonesia. 

Salah satu karakteristik khas kuliner khas Sulawesi Utara adalah rasa yg sangat pedas. Nah, Moms yang senang pedas, yuk coba kuliner khas Sulawesi Utara berikut ini.

10. Cakalang Fufu 

Makanan khas Sulawesi Utara yg wajibdicoba merupakan Cakalang Fufu. Hidangan ini terbuat menurut ikan cakalang yg dibumbui lalu diasap & dijeput dengan kerangka bambu. Menu ini adalah masakan spesialMinahasa. 

Cakalang fufu dapat dikonsumsi tersendiri; dengan cara dipanaskan dan digoreng sementara waktu dalam minyak panas & pribadi dimakan dengan nasi & dabu-dabu (sambal Minahasa), atau sebagai bahan untuk mengolah sajian lainnya. 

Suwiran daging cakalang fufu bisa dibubuhi pada banyak sekali hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabe.

11. Dabu-dabu 

Sulawesi Utara juga memiliki sambal khas yang disajikan sebagai makanan utama, yaitu dabu-dabu. Kuliner dari Manado ini niscaya akan Moms temukan saat menyantap sajian spesialManado. 

Sambal dabu-dabu membuatnya sangat mudah lho Moms. Lantaran bahan yg dipakai dalam keadaan segar & hanya diris dan diaduk menjadi satu. Biasanya sambal satu ini sering dijadikan penyedap untuk makanan bahari khususnya ikan bakar.

12. Pangi 

Selain ikan, Sulawesi Utara juga mempunyai menu menggunakan bahan daun kluwak atau biasa dikenal menggunakan sayur pangi. Kuliner yg dimasak bersama rempang dan bahan lain ini acapkali menjadi hidangan harus acara krusial masyarakat Manado seperti pernikahan, ulang tahun, pembaptisan dan lainnya. 

Resep asli sayur Pangi dibentuk memakai adonan daging, lemak dan darah babi. Namun, belakangan ini sudah poly restoran Manado yang menyajikan kuliner ini dengan bahan standar ikan, daging sapi atau ayam.

13. Klappertaart 

Selain hidangan pedas, Sulawesi Utara juga mempunyai sajian cantik yg cocok buat makanan penutup lho Moms namanya Klappertaart. Kue spesialManado ini terbuat berdasarkan kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. 

Makanan khas Manado memiliki impak kental menurut Belanda, karena memang telah terdapat sejak masa itu. Saat ini terdapat banyak macam klappertaart sesuai dengan bahan dan cara membuatnya. 

Jika dipanggang & memakai roti, maka akan membentuk klappertaart dalam bentuk yang padat, sanggup dipotong layaknya kue taart dalam umumnya. 

Sementara, klapppertaart yg dipanggang akan membentuk tekstur yg lembut. Kue ini paling nikmat apabila disantap pada keadaan dingin jadi nir boleh dibiarkan terlalu lamapada luar pendingin.

14. Sate Gogos 

Masakan spesial Sulawesi lain yang sanggup sahabat coba adalah Sate Gogos. Berbeda menggunakan olahan sate di daerah lainnya yang memakai daging ayam atau sapi, Sate Gogos terbuat menurut olahan kerang yang ditusuk tusuk menggunakan bambu dan dibakar. 

Uniknya lagi, hidangan sate ini tidak disajikan menggunakan bumbu tambahan. Kamu hanya perlu menikmati sate yang telah dibumbui sebelum dimasak.

15. Kasoami 

Kasoami merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ubi dan disajikan sebagai makanan utama. Pembuatan menu ini jua terbilang cukup mudal Moms. Ubi hanya perlu direbus kemudian tersaji dengan banyak sekali hidangan, seperti sayur, ikan, dan lauk lainnya.

16. Karasi 

Karasi adalah makanan khas Sulawesi Tenggara yang mempunyai cita rasa spesialanggun. Menu ini terbuat berdasarkan jagung muda yg dicampur dengan gula merah cair. 

Tetapi, belakangan Karasi pula bisa disajikan dengan gula pasir yg dicampur tepung beras. Kuliner satu ini jua mempunyai bentuk yg unik. Karena dicetak menggunakan batok kelapa, sehingga berbentuk misalnya ketua yg berongga. 

Setelah dibentuk Karasi wajibdigoreng minyak panas sampai berubah rona kuning keemasan. Jika sudah matang, maka hidangan ini siap tersaji menjadi kudapan yang enak.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan dari 16 Kuliner Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya yang dapat kalian jadikan referensi berburu kuliner disaat berlibur di Pulau Sulawesi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan kecintaan kita pada menu kuliner nusantara. Sekian ulasan ini sampai jumpa lagi pada artikel menu kuliner yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel