5 Manfaat Makan Bunga Melati Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!

Manfaat Makan Bunga Melati Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui! – Keberadaan bunga melati sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Bahkan, bunga yang memiliki nama latin Jasminum sambac ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Manfaat Makan Bunga Melati Bagi Kesehatan


Manfaat Makan Bunga Melati

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat makan bunga melati, baca ulasan di bawah ini, ya. Isi bunga melati dalam bunga melati. Secara simbolis, bunga melati berarti kekudusan, kesederhanaan dan kekuatan. 

Bunga melati ditanam di beberapa negara seperti Afghanistan, Pakistan, Himalaya, Tajikistan, India, Nepal dan Cina Barat. Bunga melati juga tersebar luas di Spanyol, Prancis, Italia, Portugal dan Bosnia.  

Tidak banyak bunga melati. Hanya saja bunga melati memiliki zat antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri, menurut dr. Devia Irine Putri.  

Karena kandungannya, bunga melati sering digunakan sebagai bahan dasar obat alami atau produk kosmetik dan perawatan kulit.  

Untuk mengetahui manfaat makan bunga melati segar atau yang sudah diolah menjadi teh, baca penjelasannya di bawah ini.  

1. Pertahanan terhadap radikal bebas  


Menurut Dr. Devia, zat antioksidan dalam bunga melati, efektif dalam bertahan melawan radikal bebas dalam tubuh.  

Radikal bebas adalah partikel atau komponen yang menyebabkan peradangan atau penyakit dalam tubuh.  

Tidak hanya itu, Anda bisa makan bunga melati yang sudah diolah menjadi teh. Keseimbangan juga melalui konsumsi makanan sehat lainnya, agar kesehatan tubuh tetap terjaga.  

2. Membantu menjaga kesehatan jantung  


"Antioksidan dari bunga melati dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Anda bisa mengonsumsi bunga melati secara langsung atau menggunakannya sebagai teh. Seimbangkan juga dengan gaya hidup sehat lainnya agar kesehatan jantung tetap terjaga," kata dr. Devia.  

3. Menjaga kesehatan pencernaan 


Dikutip dari laman Indigo Herbs, kandungan antioksidan pada bunga melati dapat berinteraksi dengan baik dengan enzim dalam pencernaan.  

Akibatnya, pencernaan dapat bekerja lebih efektif untuk menyerap nutrisi dari makanan. Interaksi ini juga bekerja dengan baik untuk meningkatkan fungsi usus yang lebih sehat.  

Tidak hanya itu, bunga melati juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, sehingga bakteri jahat bisa hilang.  

4. Menjaga kesehatan kulit  


Manfaat ini tidak diperoleh melalui makanan, tetapi diterapkan pada kulit.  

Tidak hanya bau kulit, bunga melati juga dapat bertindak sebagai obat untuk mengatasi perasaan terbakar sinar matahari dan gatal dari panas berduri.  

5. Mengurangi stres  


Bunga melati ditemukan dalam bentuk aromaterapi dan minyak esensial. Karena bunga melati berguna untuk mengendurkan otot dan saraf tubuh untuk menghilangkan stres.  

Anda dapat memasang aromaterapi dengan bunga melati setiap malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.  

Pada dasarnya, tidak banyak penelitian yang mengatakan bahwa bunga melati dapat dikonsumsi dengan aman secara langsung. Dikhawatirkan makan bunga melati segar dapat menyebabkan keracunan.  

Karena masih bisa ada sisa-sisa pestisida, serangga, nektar atau jus bunga, yang berbahaya ketika mereka memasuki tubuh. Jika Anda ingin makan bunga melati segar, pastikan tanaman tidak mengandung pestisida.  

Anda juga bisa mendapatkan manfaat di atas dengan mengkonsumsi bunga melati yang telah diolah oleh pabrik dan memiliki informasi yang bisa dimakan langsung. Sejauh ini, bunga melati paling aman bila diolah menjadi teh. Namun demikian, Anda juga perlu memperhatikan kandungan kafein dalam teh itu sendiri.  

Kafein dalam kopi berbunga melati dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti sakit perut dan gangguan tidur. Oleh karena itu, batasi asupan berbunga melati. Untuk informasi kesehatan lebih lanjut, Anda bisa membaca konsulasi dengan Dokter kecantikan spesialis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel